HUBUNGI KAMI

Jual Paranet Murah
Paranet, Paranet Murah, Jual Paranet, Distributor Paranet, Produsen Paranet, Jaring Paranet, Jaring Hitam, Jaring Peneduh Tanaman, Jaring Peneduh Taman, Jaring Peneduh Kolam, Jaring Peneduh Kolam, Paranet 65%, Jaring Paranet 75%, Jaring Paranet 85%, Harga Paranet, Ukuran Paranet, Paranet Roll.

Hubungi Kami
• Phone: 031- 8830487
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Whatsapp
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Simpel Menanam Buah si Manis Legit! Manggis

 

Budidaya buah manggis tidaklah sesulit yang kamu bayangkan lho, kamu hanya cukup telaten serta teliti dalam proses tanamnya. nah kali ini kita akan memberikan tips bagaimana cara menanam buah manggis yang mudah.

Baca Juga:




1. Pemilihan Bibit.

Hal pertama jika ingin menanam manggis agar cepat berbuah ialah pemilihan bibit. Pemilihan bibit manggis bisa dari hasil sambung pucuk berumur 18 bulan. Panjang tunas minimal 15 cm serta telah memiliki minimal 5 pasang helai daun. Untuk mendapatkannya bibit cangkok, bisa memesan ke penjual tanaman yang terpercaya. Pastikan bibit manggis terbebas dari serangan hama penyakit,


2. Lahan Tanam.

Menanam buah manggis bisa menggunakan polybag, pot maupun media tanah langsung. Jika menanam menggunakan media tanah langsung, ada baiknya bersihkan lahan tanam dari gulma yang terdapat di sekitar lahan tanam. Buat lubang tanam dengan ukuran minimal 50 cm serta biarkan selama 2 minggu supaya racun dalam tanah bisa menguap. Tambahkan pula pupuk kandang atau kompos dengan tanah galian sebanyak 20 kg per lubang tanamnya. 1 minggu sebelum masa tanam, berikan pupuk NPK sebanyak 100 gram ke tiap lubang tanam. Jangan lupa memberikan jarak tanam, jarak ideal yakni 5 m x 5 m untuk bibit hasil sambung atau susuan. Kamu juga bisa memberikan naungan atap berupa polybag dengan jarak antar bibit tanam 2,5 x 2,5 m.

Kesulitan mencari polybag dengan harga yang murah? kamu bisa check Disini!

 

3. Penanaman.

Selanjutnya proses menanam buah manggis agar cepat berbuah. Menanam pohon manggis sebaiknya pada awal musim penghujan agar menghasilkan buah yang cukup lebat.

Dibawah ini cara menanam pohon manggis agar cepat berbuah:

  1. Lepaskan bibit manggis dari wadah polybag secara perlahan supaya akar tidak rusak atau terputus.
  2. Masukkan bibit manggis ke media lubang tanam.
  3. Tutup tanaman dengan tanah yang tercampur pupuk kandang atau kompos.
  4. Tekan tekan tanah secara perlahan supaya tidak ada rongga di sekitar akarnya.
  5. Selanjutnya lakukan penyiraman supaya tanah menyatu dengan baik bersama akar
  6. Terakhir berikan naungan atap menggunakan paranet sampai tanaman subur dan kuat.


4. Perawatan.

Perawatan merupakan salah satu tahapan yang perlu diperhatikan agar manggis cepat berbuah lebat. Hal ini meliputi penyiraman, pemangkasan, sampai penyiangan. Penyiraman pohon manggis dilakukan sehari 2 kali ketika awal pertumbuhan yang dilakukan pada musim kemarau. Jadi, lakukannya secara rutin dan terjadwal, ya!. Jika penyiraman terlambat, dapat mengganggu pertumbuhan tanaman manggis kamu. Untuk penyiangan pohon manggis sendiri, dilakukan dengan mencabut gulma serta tanaman pengganggu lain menggunakan tangan ataupun alat pertanian lainnya. 

Kami Menyediakan Paranet Lokal & Import dengan kualitas barang bagus, Yuk Klik Disini!

 

5. Pemupukan.

Pemupukan sangat berguna untuk pertumbuhan tanaman yang optimal. Dosis pupuk tergantung pada masa tanamnya, ketika masa itu bisa kamu berikan sekarung pupuk kandang, urea, SP-36, serta KCI. Berikan pupuk kandang pada setiap pagi hari sebelum matahari terbit atau sore harinya. Pupuk tersebut kamu masukkan ke dalam tanah hingga kedalaman 20 cm serta perlu kamu siram setelahnya. Pupuk tersebut dapat diberikan 2 kali setahun yakni saat sebelum dan sesudah musim penghujan.

Dosis pupuk tanaman yang di anjurkan manggis:

  1. Umur  1 sampai 2 : pupuk kandang 20kg, pupuk urea 50 gram, pupuk SP-36 25 gram, serta KCI 25 gram.
  2. Umur 2 sampai 4 : pupuk kandang 20kg, pupuk urea 100 gram, pupuk SP-36 50 gram, serta KCI 50 gram.
  3. Umur 4 sampai 6 : pupuk kandang 20kg, pupuk urea 200 gram, pupuk SP-36 100 gram, serta KCI 100 gram.
  4. Umur 6 sampai 8 : pupuk kandang 40kg, pupuk urea 400 gram, pupuk SP-36 800 gram, serta KCI 800 gram.
  5. Umur 9 sampai 10 : pupuk kandang 80kg, Pupuk urea 800 gram, pupuk SP-36 1.500 gram, serta KCI 1.500 gram.


6. Masa Panen.

Jika perawatan telaten serta teliti, kamu sudah bisa melihat hasil dari jerih payahmu. Buah manggis dapat dipanen ketika sudah berumur 104 hari sampai 110 hari, setelah masa bunga mekar. Ciri ciri dari buah manggis yang siap untuk di panen di antaranya memiliki kulit buah berwarna merah sedikit kecokelatan hingga merah keunguan. Saat memanennya usahakan menggunakan alat yang steril ketika memotong tangkai buahnya. setelah itu simpan di tempat yang sejuk dan kering. 

Semoga bermanfaat. Sekian, Terima kasih.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Simpel Menanam Buah si Manis Legit! Manggis "

Posting Komentar

LANGGANAN