HUBUNGI KAMI

Jual Paranet Murah
Paranet, Paranet Murah, Jual Paranet, Distributor Paranet, Produsen Paranet, Jaring Paranet, Jaring Hitam, Jaring Peneduh Tanaman, Jaring Peneduh Taman, Jaring Peneduh Kolam, Jaring Peneduh Kolam, Paranet 65%, Jaring Paranet 75%, Jaring Paranet 85%, Harga Paranet, Ukuran Paranet, Paranet Roll.

Hubungi Kami
• Phone: 031- 8830487
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Whatsapp
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Buah Rambutan yang Ramah Lingkungan, Yuk Simak!



Tertarik membudidayakan tanaman buah Rambutan ini di halaman rumah kamu?. perawatannya tergolong mudah dilakukan, cukup dengan pengaturan drainase pengairan dan pemupukan yang telaten agar pohon rambutan akan tumbuh dengan maksimal. Yuk simak ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga:




Di bawah ini cara mudah budidaya tanaman buah rambutan: 


1. Pemilihan Bibit.

Pilih bibit rambutan asal binjai. Karena, bibit rambutan varietas binjai jenis ini lebih cepat berbuah dan lebat dibandingkan dengan varietas lainnya. Pilih bibit dari hasil okulasi, karena berkemungkinan tanaman sudah dapat berbuah kurang dari setahun. Selain cepat berbuah, buah rambutan varietas binjai juga memiliki rasa yang manis dan legit.


2. Pemilihan Media Tanam.

Media tanam untuk penanaman dalam pot memiliki banyak variasnyai. Komposisi media tanam untuk tanaman rambutan di dalam pot ialah tanah gembur, pupuk kandang ataupun pupuk kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1.


3. Penanaman Bibit.

Penanaman rambutan dalam pot perlu teknik budi daya yang benar agar menghasikan buah buah yang berkualitas. Di bawah ini adalah tahapan melakukan penanaman tanaman rambutan dalam media tanam pot.

  1. Pertama siapkan bibit. Bibit berasal dari hasil okulasi yang telah berumur 8 bulan dengan tinggi bibit sekitar 60 – 75 cm.
  2. Siapkan media pot berdiameter 40 cm dengan bagian dasarnya yang suda dilubangi kecil-kecil.
  3. Masukkan pecahan batu bata ke dasar pot hingga mencapai 10 cm. lalu lapisi atasnya dengan humus atau daun-daun kering.
  4. Masukkan media tanam ke dalam pot hingga mendekati bibir potnya, lalu buat lubang pada tanaman di tengah-tengah pot.
  5. Keluarkan bibit bersama media tanamnya dari wadah polybag dengan disobek, lalu pangkas sedikit akar dan cabang yang tampak panjang.
  6. Masukkan bibit ke lubang, lalu timbun dengan media tanam serta tekan pelan-pelan pada bagian pangkal bibitnya.
  7. Siram tanaman sampai cukup basah.
  8. Letakkan di tempat yang teduh.


4. Perawatan Rambutan.

Lakukan pemupukan secara telaten hingga tanaman berumur 2 tahun setelah masa tanam. Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang serta pupuk NPK sebanyak 25 gram per pot. Setelah berumur sekitar 3 tahun lakukan hal yang sama, dengan diberikan pupuk NPK sebanyak 100 gram per pot, dengan cara membenamkan pupuknya sedalam 10 cm lalu siram hingga cukup basah atau lembab. Untuk membentuk kanopi tanaman agar tetap pendek, maka perlu dilakukan pemangkasan dahan. Pemangkasan dilakukan sesaat tanaman telah berumur kurang dari 1 tahun. Selain itu lakukan pemberian pestisida pada tanaman yang yang terserang hama dan lakukan dengan bahan organik.


5. Masa Panen Buah Rambutan.

Rambutan yang siap panen akan berwarna merah dan ada juga yang berwarna kuning yaitu jenis rambutan aceh kuning. Buah rambutan biasanya dipanen saat  buah sudah masak di pohon karena jika di petik sebelum matang tidak akan matang setelah pemetikan.


Semoga bermanfaat. Sekian, Terima Kasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Buah Rambutan yang Ramah Lingkungan, Yuk Simak!"

Posting Komentar

LANGGANAN