HUBUNGI KAMI

Jual Paranet Murah
Paranet, Paranet Murah, Jual Paranet, Distributor Paranet, Produsen Paranet, Jaring Paranet, Jaring Hitam, Jaring Peneduh Tanaman, Jaring Peneduh Taman, Jaring Peneduh Kolam, Jaring Peneduh Kolam, Paranet 65%, Jaring Paranet 75%, Jaring Paranet 85%, Harga Paranet, Ukuran Paranet, Paranet Roll.

Hubungi Kami
• Phone: 031- 8830487
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Whatsapp
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ingin Budidaya Tanaman di Kota Menggunakan Pot? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tanaman Bisa Berbuah

Tanaman dalam Pot Berbuah

Memulai budidaya tanaman di perkotaan tidaklah mudah. Sebab, keterbatasan lahan membuat proses berkebun harus disiasati. Dikarenakan lahan yang terbatas untuk menananam tanaman, banyak orang menggunakan pot sebagai wadah media tanam. Yang menjadi permasalahan ialah, tanaman akan mengalami kesulitas dalam menghasilkan buah dikarenakan kapasitas tanam yang terbatas.

Baca Juga:

Tak jarang tanaman yang diharapkan berbuah lebat justru tak kunjung berbuah dan hanya daunnya saja yang lebat. Namun jangan khawatir, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengikuti 5 langkah dibawah. Yuk simak!

1. Mengontrol Jumlah Air
Mengontrol pemberian air

Meskipun menanam tanaman dilakukan di dalam pot, bukan berarti pemberian air dilakukan secara berlebihan. Bagi beberapa tanaman buah seperti tanaman buah jambu air dan mangga, sebaiknya penyiraman hanya dilakukan kurang lebih 2 kali dalam seminggu saat baru ditanam.

Sebab, penyiraman yang berlebihan akan menghambat rangsangan tanaman dalam menghasilkan bunga, justru akan membuat daunnya saja yang lebat. Selain itu, di awal penanaman, jangan biarkan tanaman terpapar sinar matahari. Tujuannya agar tanaman bisa lebih cepat dalam melakukan proses fotosintesis.

Jadi penyiraman disesuaikan saja, jika dimusim panas maka Anda bisa menambahkan pemberian air ke tanaman. Sedangkan di musim hujan, kurangi pemberian air ke tanaman.

2. Beri Luka pada Tanaman

Jika tanaman buah yang Anda tanam daunnya sudah lebat, maka buatlah tanaman tersebut menjadi stres. Tanaman yang mengalami stres akan lebih mudah dalam menumbuhkan bunganya. Bunga pada tanaman buah mempunyai peran dalam menghasilkan buah.

Untuk cara merangsang pertumbuhan bunga yakni dengan membuat goresan pada batang dan singkirkan dari pangkas daun-daun yang sudah tua serta kering, sisakan bagian daun yang muda saja.

3. Lakukan Pemberian Pupuk

Lakukan pemberian pupuk pada tanaman untuk membuat tanaman menjadi tumbuh subur dan menghasilkan tunas baru. Sesuaikan kebutuhan pupuk dengan jenis tanaman yang Anda tanam. Biasanya pemberian pupuk hanya dilakukan cukup sebulan sekali.

4. Memperhatikan Intensitas Cahaya Matahari

Beberapa tanaman mungkin toleran terhadap sinar matahari yang cukup terik dan membutuhkan sinar matahari dalam pertumbuhannya. Contohnya tanaman mangga, sirsak, dan kelengkeng. Namun, beberapa tanaman seperti tanaman jeruk, apel, ceri, dan belimbing memerlukan intensitas cahaya matahari sedang, sebab jika terkena cahaya matahari yang terlalu terik, daun tanaman tersebut akan layu.

Jadi, saat cahaya matahari terik, pindahkan tanaman yang membutuhkan intensitas cahaya matahari yang sedang ke tempat yang lebih sejuk.

5. Bersihkan Area Tanam

Bersihkan segera daun-daun yang berjatuhan di sekitar area tanam sebelum membusuk, sebab daun yang membusuk bisa mengundang bakteri dan jamur yang berisiko menularkan tanaman. Lakukan juga pemangkasan setidaknya sebulan sekali agar tanaman tidak menjadi rimbun dengan tua yang membuat pertumbuhan bunga dan buah sulit tumbuh.

Selain itu, Anda juga harus memberi penanganan pada hama atau penyakit yang menyerang tanaman agar tanaman bisa tumbuh dengan sehat.

Cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel kali ini bisa memberikan pengetahuan dan manfaat kepada banyak orang. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Budidaya Tanaman di Kota Menggunakan Pot? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tanaman Bisa Berbuah"

Posting Komentar

LANGGANAN