HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Kualitas Air Kolam Buruk? Inilah 5 Tanaman yang Bisa Perbaiki Kualitas Air Kolam

Kolam ikan

Air merupakan media wajib yang menentukan kelangsungan hidup ikan. Oleh sebab itu, memperhatikan kualitas air sangatlah wajib agar ikan bisa tumbuh dan hidup dengan baik. Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas air, dari pemupukan hingga menumbuhkan plankton untuk dijadikan pakan alami ikan. 

Baca Juga:

Berbagai jenis tanaman dipercaya bisa memberikan pengaruh nyata terhadap kualitas air dengan tujuan untuk budidaya ikan. Lalu apa saja tanaman yang bisa tingkatkan kualitas air? Berikut ulasannya.

1. Pisang
Batang Pisang

Hampir seluruh pohon pisang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Bahkan, tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia ini mempunyai harga yang fantastis diluar negeri. Salah satu bagian pisang yakni bonggol dan batang pisang bisa meningkatkan kualitas air. Hal tersebut bisa terjadi karena getah dari bonggol pisang bisa menurunkan pH air.

Cara penggunaannya yakni dengan mencacah bonggol dan batang pisang kecil-kecil hingga berukuran 1-2 cm. 30 Kg cacahan tersebut bisa digunakan untuk kolam berukuran 24 meter persegi.

2. Eceng gondok
Eceng gondok

Tanaman eceng gondok sudah sangat sering dimanfaatkan para pembudidaya ikan untuk memperbaiki kualitas air. Tanaman eceng gondok bisa menyerap kotoran atau racun pada kolam yang disebabkan oleh penumpukan pakan dan feses yang ada di dasar kolam. Sehingga air kolam akan menjadi lebih bersih.

Eceng gondok juga bisa menjadi pemijahan ikan hias maupun ikan air tawar. Tak hanya itu, eceng gondok juga bermanfaat untuk menaungi kolam dari sinar matahari dan hujan, sehingga suhu air kolam akan relatif lebih stabil.

Cara penggunaannya cukup mudah, Anda cukup menanam eceng gondok langsung pada kolam. Jangan terlalu banyak, Anda cukup memberi eceng gondok sepertiga kolam saja, sebab tanaman eceng gondok sangat mudah tumbuh dan memenuhi kolam. Jika eceng gondok sudah terlalu padat sesegera mungkin pindahkan ketempat lain.

3. Padi
Jerami Padi

Seluruh bagian tanaman padi bisa dijadikan bahan untuk meningkatkan kualitas air. Jerami yang membusuk nantninya akan menjadi pakan alami untuk ikan serta sebagai media penumbuhan plankton.

Jemur jerami sebanyak 5 kg selama kurang lebih 5 hari hingga jerami benar-benar kering, kemudian ikat dalam jumlah kecil-kecil lalu masukkan ke dalam kolam, tepatnya di daerah pojok kolam. Setelah semingu jerami akan membusuk dan jasad renik akan menjadi pakan alami.

4. Lempesan
Lempesan

Batang dan daun pada tanaman lempesan bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas air pada kolam. Daunnya mengandung saponin, flavonoid, polifenol, serta minyak atsiri. Beberapa kandungan tersebut penting untuk meningkatkan kualitas air kulit batang. Pemberian lempesan pada kolam berguna agar kolam ikan ditumbuhi plankton yang dibutuhkan oleh ikan.

Caranya potong lempesan sebanyak 30 kg untuk kolam berukuran 50m2. Setelah itu, jemur selama kurang lebih 6 jam hingga lempesan layu. Selanjutnya, masukkan batang lempesan di kolam hingga 3 hari. Nantinya batang akan hancur dibagian kayu yang keras. Jika kolam menjadi kehijau-hijauan tandanya kolam pemberian lempesan telah berhasil.

5. Ketapang
Daun Ketapang

Daun pada tanaman ketapang biasanya dimanfaatkan untuk ikan cupang. Daunnya bersifat astingen sebagai penetral pH kolam sebelum ikan dimasukkan. Selain itu, ketapang juga bisa menurunkan pH air yang berlebih.

Caranya jemur daun ketapang selama kurang lebih 6 jam sampai layu. Setelah itu masukkan ke dalam kolam selama 2-3 hari. Jika sudah, maka kolam siap untuk digunakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kualitas Air Kolam Buruk? Inilah 5 Tanaman yang Bisa Perbaiki Kualitas Air Kolam"

Posting Komentar

LANGGANAN