HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

8 Fakta Menarik Buah Durian, Diberi Julukan Raja Buah dari Asia Tenggara

Buah Durian

Buah durian merupakan salah satu buah tropis yang punya rasa dan aroma khas yang disukai banyak orang. Namun, tak sedikit orang yang justru membencinya karena aromanya yang sangat kuat. 

Baca Juga:

Dibalik kulitnya aromanya yang menyengat dan kulit yang berduri, buah durian memiliki beberapa fakta yang cukup menarik untuk disimak. Penasaran apa saja? simak ulasan dibawah.

1. Bijinya Bisa Dikonsumsi

Banyak dari kalian pasti belum tau bahwa biji buah durian tidak bermanfaat. Padahal penilitian International Journal of Pharmacological and Pharmaceutical Sciences menunjukkan bahwa biji durian mengandung nutrisi yang tak kalah dari daging buahnya.

Biji durian mempunyai beragam manfaat seperti mengatasi masalah pencernaan, menjadi sumber energi, menyehatkan tulang dan gigi, hingga menguatkan otot. Namun, sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda sudah merebusnya terlebih dahulu, jangan sampai memakannya mentah-mentah.

2. Diberi Julukan King Of Fruits

Buah durian memiliki ukuran dan bobot buah diatas rata-rata. Bahkan berat buah durian saat ditimbang bisa mencapai 7 pound. Selain itu, buah durian juga mempunyai aroma kuat yang bisa membuat orang yang tidak menyukai baunya akan merasa pusing dan mual.

Karena keistimewaan tersebut orang-orang di Asia Tenggara memberi julukan buah durian dengan sebutan king of fruits atau raja buah.

3. Dilarang di Tempat Umum

Karena baunya yang sangat kuat, durian dilarang untuk dibawa di beberapa tempat umum seperti transportasi umum, hotel, dan pesawat terbang. Bahkan, pada transportasi umum di negara-negara seperti Jepang, Hongkong, dan Thailand sudah banyak yang menerapkan larangan untuk membawa durian.

4. Pohonnya Berumur Panjang

Pohon durian sangat cocok dengan iklim tropis di Asia Tenggara. Pada tahun pertama pohon durian membutuhkan kondisi yang teduh. Di tahun-tahun selanjutnya, pohon ini membutuhakn banyak kelembaban dan suhu hangat untuk bisa tumbuh dengan baik.

Pada umumnya pohon durian akan berbuah di tahun ke 5 setelah ditanam. Namun, banyak orang beramsumsi bahwa pohon durian akan mulai berbuah saat berumur belasan hingga puluhan taun setelah ditanam. Pohon durian bisa bertahan hidup hingga berumur 150 tahun.

5. Menambah Berat Badan

Salah satu fakta buruk dari durian yakni membuat tubuh lebih gemuk. Hal tersebut bisa terjadi karena setiap satu kilogram buah durian mengandung sekitar 1.350kalori. Mengonsumsi satu kilo buah durian saja, artinya Anda sudah memenuhi sekitar 68% kebutuhan kalori harian bagi orang dewasa. 

6. Asal Bau Menyengat Buah Durian

Bau khas yang dimiliki buah durian berasal dari 44 senyawa yang terkandung didalamnya. Senyawa aktif tersebut mempunyai peran untuk mengeluarkan bau seperti karamel, telur busuk, buah, belerang, sup, madu, bawang putih panggang, hingga kotoran. Tak heran jika beberapa hotel atau transportasi umum melarang untuk membawa durian.

7. Warna Lain Buah Durian

Buah durian biasanya berwarna kuning atau putih pucat saja, namun tahukah Anda bahwa ternyata buah durian punya warna lain? Buah durian ada juga yang berwarna oranye hingga kemerahan. Jenis buah tersebut tumbuh di Indonesia. Anda bisa menemukan buah durian dengan warna tersebut di Banyuwangi, Jawa Timur, sedangkan untuk durian oranye, berasal dari Kabupaten Kampar, Riau.

8. Bisa Menyebabkan Kematian

Buah durian mempunyai kulit berduri tajam disekitar buahnya. Buah ini tumbuh di pohon yang bisa tumbuh 24 hingga 40 meter. Bukan karena dikonsumsi, buah durian yang jatuh dari pohon bisa mencederai atau bahkan membunuh orang yang kebetulan terkena jatuhan dari buah durian. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Fakta Menarik Buah Durian, Diberi Julukan Raja Buah dari Asia Tenggara"

Posting Komentar

LANGGANAN