HUBUNGI KAMI

Jual Paranet Murah
Paranet, Paranet Murah, Jual Paranet, Distributor Paranet, Produsen Paranet, Jaring Paranet, Jaring Hitam, Jaring Peneduh Tanaman, Jaring Peneduh Taman, Jaring Peneduh Kolam, Jaring Peneduh Kolam, Paranet 65%, Jaring Paranet 75%, Jaring Paranet 85%, Harga Paranet, Ukuran Paranet, Paranet Roll.

Hubungi Kami
• Phone: 031- 8830487
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Whatsapp
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Membasmi Gulma dengan Bahan Alami, Mudah Dibuat dan Diaplikasikan!

Gulma

Gulma adalah tanaman liar atau rerumputan yang tumbuh dangan sendirinya disekitar tanaman. Gulma dapat menyebabkan kerugian karena bisa menyerap unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Sehingga tanaman yang ditumbuhi gulma akan susah tumbuh dan mudah terserang hama dan penyakit. Oleh sebab itu, gulma harus segera diberi penanganan agar tidak tumbuh dan mengganggu tanaman.

Membasmi gulma dengan cara mencabutnya satu persatu sangatlah melelahkan. Tak sedikit orang yang membasmi gulma dengan cara menggunakan herbisida dengan bahan kimia. Namun, cara ini kurang direkomendasikan karena bisa memberikan dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan. 

Baca Juga:

Solusinya, Anda bisa menggunakan ramuan alami untuk membasmi gulma. Ramuan tersebut sangat mudah dibuat dan diaplikasikan ke gulma sehingga Anda tak perlu repot-repot lagi mencabutnya satu persatu. Penasaran dengan caranya? yuk simak dibawah.

1. Garam
Garam

Garam bisa dijadikan sebagai herbisida alami yang efektif dan aman untuk digunakan. Namun, tidak semua garam berefektif untuk membunuh gulma. 

Cara penggunaannya cukup mudah, cukup taburkan garam ke area yang ditumbuhi oleh rumput liar. Selain itu, Anda juga bisa mencampurnya dengan air dengan perbandingan 1:2, 2:1, dan 3:1 yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan tanah. 

Namun, hati-hati saat penaburan atau penyemprotan garam, usahakan jangan sampai mengenai tanaman karena bisa membunuh atau mempengaruhi kesehatan tanaman dengan mudah.

Garam yang bagus untuk membasmi gulma ialah garam meja beryodium atau nonyodium. Garam tersebut berfungsi untuk menyerap kandungan air pada rumput liar sehingga gulma akan mati secara perlahan karena kekeringan.

2. Air Panas
Air Mendidih

Tak perlu repot-repot keluar rumah lagi untuk membeli bahan, Anda bisa membasmi gulma menggunakan air panas saja. Untuk caranya, cukup rebus air putih hingga mendidih, setelah itu tuangkan di atas rumput liar. Cara ini cukup efektif untuk membunuh gulma dan menghambat pertumbuhan gulma. 

Hati-hati saat menuangkan air panas ke gulma, jangan sampai air panas mengenai tanaman kesayangan Anda. Sebab, air panas bisa merusak ataupun membunuh tanaman dengan mudah.

3. Cuka
Cuka

Cuka merupakan salah satu bahan dapur yang terkenal bermanfaat untuk membersihkan area rumah. Tak hanya itu, cuka juga bisa membasmi gulma yang tumbuh disekitar tanaman. Kandungan aetic acid yang ada pada cuka bisa mematikan gulma atau rumput liar secara perlahan.

Agar lebih efektif campur cuka dengan air sabun dan masukkan ke dalam wadah semprotan. Jika sudah, semprotkan campuran cuka dengan sabun cuci piring tersebut ke gulma atau rumput liar yang tumbuh. Pastikan saat penyemprotan tidak mengenai tanaman Anda.

4. Baking Soda
Baking soda

Jika Anda mempunyai baking soda dirumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk membasmi gulma yang tumbuh disekitar tanaman. Baking soda bisa mengubah keasaman tanah dari pH normal tanah menjadi pH basa, sehingga gulma yang tumbuh akan mati.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, cukup campurkan baking soda dengan air secukupnya. Jika sudah, baking soda siap untuk disiramkan ke gulma.

5. Air Kelapa dan Ragi Tape

Ada banyak jenis rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman. Salah satu yang menjengkelkan dan sulit dibasmi adalah rumput alang-alang.

Namun, rumput alang-alang bisa diatasi dengan menggunakan campuran air kelapa dan ragi tape.

Berikut cara membuatnya:

  • Siapkan bahan-bahan pembuatan berupa 2 liter air kelapa, deterjen 60 gr, ragi tape 25 butir, pupuk urea 1,5 kg, garam 1/4.
  • Campurkan semua bahan tersebut hingga merata.
  • Ramuan pembasmi gulma siap digunakan dengan cara menyemprotkan atau menyiramnya pada gulma.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membasmi Gulma dengan Bahan Alami, Mudah Dibuat dan Diaplikasikan!"

Posting Komentar