HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

5 Usaha dalam Tingkatkan Hasil Pertanian, Petani Wajib Tau !

Petani

Seperti yang sudah kita tau, Indonesia merupakan negara yang dikenal sebagai negara agraris atau negara pertanian. Banyak masyarakat Indonesia yang bergantung pada profesi agraris, baik petani, peternak, ataupun argoindustri yang memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekeliling meraka, baik tanaman ataupun hewan.

Bagi para petani, keberhasilan usaha peningkatan produksi pertanian dipengaruhi oleh banyak faktor. Namun dari banyaknya faktor yang ada, ada salah satu faktor yang sangat berpengaruh yakni sumber daya manusia. 

Selain sumber daya manusia, ada beberapa faktor yang menopang faktor tersebut seperti, penyiapan lahan, penerapan tata cara budidaya yang benar, cara panen yang tepat dan cara mengolah pasca panen yang baik dan benar. Tentu dibarengi dengan teknologi yang berpengaruh secara langsung untuk tingkatkan produktivitas hasil pertanian.

Baca Juga:

Minimnya informasi mengenai cara efektif tingkatkan hasil produktivitas pertanian, keterbatasan sumber daya manusia, ,merupakan faktor terjadinya kegagalan pada peningkatan produktivitas pertanian.

Ada setidaknya 5 Usaha dalam Tingkatkan hasil pertanian antara lain:

1. Intensifikasi pertanian

Intensifikasi pertanian merupakan bagaimana petani mengolah lahan pertanian dengan sebaik-baiknya. Di Jawa dan Bali intensifikasi pertanian banyak dilakukan masyarakat yang mempunyai lahan pertanian yang sempit. Mulanya intensifikasi pertanian dilakukan dengan program Panca Usaha Tani, yang kemudian diteruskan dengan sapta usaha tani. 

Berikut adalah beberapa sapta usaha tani yang ada dalam bidang pertanian antara lain:

  • Pengolah tanah yang baik.
  • Memberikan pengairan atau irigasi secara teratur.
  • Memilih bibit unggulan.
  • Melakukan pemupukan.
  • Memberantas hama dan penyakit yang ada pada tanaman.
  • Mengolah hasil pertanian dengan baik dan benar.

2. Ekstensifikasi pertanian

Ekstensifikasi pertanian merupakan salah satu upaya dalam tingkatkan hasil pertanian dengan cara memperluas lahan pertanian baru yang belum dimanfaatkan seperti, membuka hutan, semak belukar, daerah sekitar rawa-rawa dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, ektensifikasi dilakukan dengan membuka persawahan pasang surut.

Usaha ekstensifikasi pertanian banyak dilakukan di beberapa daerah yang jarang penduduk seperti luar jawa, khususnya di daerah tujuan transmigrasi, seperti Sumatera, Kalimantan, dan Irian jaya.

3. Diversifikasi pertanian

Jenis usaha ini merupakan jenis usaha yang menghindari ketergantungan pada salah satu hasil pertanian. Diversifikasi pertanian dapat dilakukan dengan dua cara yakni:

Cara pertama yakni memperbanyak jenis kegiatan pertanian, para petani dapat memperbanyak jenis kegiatan seperti selain menjadi petani, seorang petani juga beternak ayam dan beternak ikan

Cara kedua yakni memperbanyak jenis tanaman pada suatu lahan, sehingga para petani tidak bergantung pada satu jenis tanaman saja. Misalnya pada suatu lahan ditanam jagung, selain jagung ditanam juga padi ladang pada satu lahan.

4. Mekanisasi pertanian

Usaha ini merupakan usaha untuk tingkatkan hasil pertanian menggunakan mesin-mesin canggih pertanian. Mekanisasi pertanian biasanya dilakukan di luar pulau Jawa yang mempunyai lahan pertanian yang luas. Pada program mekanisasi, tenaga manusia dan hewan tak lagi menjadi tenaga utama dalam bertani.

5. Rehabilitasi pertanian

Rehabilitasi sendiri merupakan perbaikan lahan pertanian yang awalnya tidak produktif dan sudah tidak berproduksi lagi. Cara ini dilakukan dengan mengganti tanaman yang sudah tidak produktif menjadi tanaman yang lebih produktif dari sebelumnya. 

Cukup sekian artikel mengenai 5 usaha untuk tingkatkan hasil pertanian. Semoga artikel kali ini bisa memberikan manfaat kepada banyak orang.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Usaha dalam Tingkatkan Hasil Pertanian, Petani Wajib Tau !"

Posting Komentar

LANGGANAN