HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengenal Manfaat dan 4 Macam Jenis Tanaman Cincau, Yuk Simak!!

Tanaman Cincau

Tanaman cincau merupakan tanaman yang biasa digunakan sebagai bahan pangan dalam pembuatan minuman segar atau jeli bernilai ekonomis tinggi. Nama cincau berasal dari kata Hokkian sienchau (xiancao) yang dilafalkan Tionghoa di Asia Tenggara. Namun, beberapa daerah cincau memiliki penamaan yang berbeda, seperti Camcao, juju, tarawulu, kepleng, camcauh, dan tahulu.

Baca Juga:

Daun dari tanaman cincau sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Biasanya digunakan untuk mengobati diare hingga obat gatal-gatal. Selain itu, banyak khasiat lainnya yang dimiliki cincau antara lain:

  • Menyembuhkan panas dalam
  • Menurunkan panas atau demam
  • Mengatasi gangguan pencernaan
  • Bisa Membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen atau zat penyebab kanker
  • Mengobati malaria
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mengatasi hipertensi
  • Menjaga kesehatan mata
  • Senyawa isokandrodendrin mencegah sel tumor
  • Mempunyai kandungan klorofil sebagai zat antioksidan, anti peradangan, dan anti kanker
  • Mencegah dari berbagai macam penyakit seperti mellitus, jantung dan stroke

Seperti yang kita tau, bahwa tanaman cincau mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Terdapat berbagai macam jenis tanaman cincau yang punyai nilai ekonomis tinggi contohnya cincau hitam dan hijau. Beberapa cincau mempunyai warna pekat dan ada juga yang tembus pandang. Perbedaan tersebut tergantung dari beberapa jenis pohon cincau yang digunakan dalam pembuatan cincau.

Setelah membahas mengenai manfaat cincau, selanjutnya saya akan membahas mengenai beberapa tanaman cincau yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan cincau. Simak yuk !

1. Cincau Hijau

Jenis pohon cincau yang pertama yakni cincau hijau, cincau hijau atau dengan nama ilmiah Cyclea Barbata, merupakan pohon cincau yang mempunyai daun berbentuk hati dengan warna hijau tua pada permukaan daun yang berbulu. Batangnya mempunyai diameter sekitar 1 cm, kulitnya kasar dan berduri.

2. Cincau Hitam

Mesona Palutris atau yang biasa dikenal dengan sebutan cincau hitam merupakan biasa jenis cincau tumbuh di Indonesia. Cincau jenis ini mempunyai pohon dengan batang yang ramping dan kecil yang tumbuh menjalar. Namun, ada juga beberapa jenis cincau yang berbeda terutama pada batangnya yang tumbuh tegak dengan daun berbentuk lonjong berujung runcing bergerigi. Tanaman ini biasanya tumbuh di ketinggian 75 hingga 2300 mdpl. 

Cincau hitam biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan cincau setelah melewati proses pengeringan. Cincau hitam dipercaya banyak orang sebagai pengobatan diabetes, kanker, diare dan daun cincau juga mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

3. Cincau Perdu

Jenis tanaman cincau selanjutnya yakni cincau perdu. Cincau perdu mempunyai daun berwarna hijau yang bentuknya lonjong dengan ujung daun runcing. Mempunyai tangkai yang berbulu. Kulitnya berwarna abu-abu bersisik dan bunganya berwarna ungu serta berkelopak lima. Cincau yang dihasilkan dari cincau perdu mempunyai warna hijau tua.

4. Cincau Minyak

Stephania Hernadifolia atau cincau minyak merupakan tanaman yang mempunyai daun berwarna hijau berbentuk seperti telur dengan ujung yang runcing. Bunga dari cincau minyak berwarna kehijauan yang tersusun dalam sebuah tandan. Akar pohon jenis ini mempunyai sifat asringen yang dimanfaatkan sebagai pengobatan diare dan disentri. Tak hanya itu, cincau minyak juga berkhasiat untuk mengobati gatal-gatal.

Cukup sekian bahasan mengenai manfaat dari cincau dan jenis-jenisnya. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan bagi kalian semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mengenal Manfaat dan 4 Macam Jenis Tanaman Cincau, Yuk Simak!!"

Posting Komentar

LANGGANAN