HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mudahnya Menanam Bayam Cabut di Polybag atau Pot! Dapat Dilakukan di Rumah

Tumbuhan bayam (Amaranthus) adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika tropik hingga sekarang tersebar di seluruh dunia. Tumbuhan ini biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau yang merupakan sumber zat besi yang sangat penting bagi tubuh. Penanaman bayam dapat dilakukan di polybag dengan sangat mudah, tidak memerlukan peralatan yang rumit serta proses perawatan mudah.

Pada daerah perkotaan yang umunya lahan sangat sempit cara menanam bayam menggunakan polybag sanfat cocok dilakukan, karena bisa menjadi alternatif untuk menanam bayam ataupun sayuran lainnya. Sayuran hijau yang kaya akan kandungan zat besi ini sangat baik di komsumsi oleh semua kalangan terutama oleh ibu hamil. Tumbuhan bayam mempunyai jenis atau varietas yang sangat bervariasi, salah satunya adalah bayam cabut yang ciri-cirinya mempunyai batang berwarna merah atau dapat juga berwarna hijau keputihan dengan bunga pada ketiak batang bayam. Jenis bayam cabut yang berwarna merah lebih sering disebut bayam merah sedangkan bayam yang berwaran keputihan disebut bayam putih. 

Berikut alat dan bahan yang diperlukan untuk menanam bayam dengan media polybag.

  • Biji atau benih bayam
  • Media tanam tanah
  • Pupuk kandang
  • Polybag atau pot
  • Pestisida alami
  • Sekop
  • Air

Syarat Tanaman Bayam

Pada saat penanaman peletakan tempat bayam sangat penting diperhatikan, hindari tempat yang memiliki angin yang kencang agar tanaman tidak roboh. Tempat dengan curah hujan 1.500 mm/tahun sangat bagus untuk pertumbuhan bayam, namun jika tempat anda memiliki curah hujan lebih maka bayam dapat dipindahkan pada saat hujan berlebih. Tanaman bayam memerlukan cahaya yang cukup dengan suhu udara berkisar antara 16-20 derajat Celcius dengan kelembaban antara 40-60 % dan pH tanah 6-7 pH.

Cara Memilih Bibit Bayam Unggul

  • Benih berasal dari varietas unggul
  • Benih terhindar dari hama dan penyakit
  • Benih dapat berkecambah diatas 80%

Baca Juga:

Cara Persemaian Bayam Cabut

Penyemaian dapat dilakukan dengan media polybag dengan atap dari plastik atau jerami jika penyemaian dilakukan diluar ruang, agar benih terjaga dari angin dan intensitas cahaya yang berlabih. Lalu sebar benih bayam ke dalam polybag dan beri tanah sedikit, penyiraman dapat dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari hingga media tanam lembab. Jika usia bibit terlah mencapai umur 2 minggu maka bibit dapat dipindahkan ke polybag atau pot yang memiliki ukuran lebih besar, lalu siram kembali hingga media tanam lembab.

Langkah Langkah Menanam Bayam

  1. Benih bayam dapat diperoleh di toko pertanian atau juga bisa menggunakan cara stek dengan menanam langsung batang bayam.
  2. Media tanam bayam berupa campuran antara tanah dan pupuk kandang, dengan cara mencampur hingga rata kemudian diayak hingga mendapatkan tekstur media tanam yang sangat halus.
  3. Setelah media tanam siap masukkan ke dalam polybag, dan berikan pecahan genteng pada bagian dasar polybag agar tanah di dalamnya tidak akan mudah keluar saat penyiraman dilakukan.
  4. Penanaman dengan menggunakan batang diperlukan polybag dengan ukuran sedang agar bagian akar batang bayam dapat terkubur lebih dalam.
  5. Penanaman menggunakan biji dapat dilakukan dengan polybag berukuran kecil namun benih harus disemai terlebih dahulu dengan jumlah 2-3 benih pada setiap polybag, jika benih sudah tumbuh dapat dipindahkan pada polybag berukuran lebih besar.
  6. Tumbuhan bayam yang sudah besar dapat dipindahkan pada tempat yang memiliki intensitas cahaya yang cukup dan penyiraman diperlukan untuk menjaga media tanam tetap lembab.
  7. Pada saat pemindahan bibit bayam dari polybag berukuran kecil ke polybag atau pot besar harus berhati-hati, agar tidak merusak akar tanaman.

Cara Memelihara Bayam

Pemupukan

Pemupukan dilakukan untuk menjaga kandungan media tanam sekaligus membuat bayam tumbuh optimal, pemupukan dapat diberikan dengan menggunakan pupuk kandang dengan frekuensi seminggu sekali. Pemupukan dapat dilakukan dengan menyebar langsung pupuk ke atas media tanam atau memasukkan pupuk ke lubang media tanah, lalu siram dengan air secukupnya hingga media tanam terlihat lembab. Pemberian pupuk dapat terus dilakukan meskipun tanaman tumbuh subur hal ini bertujuan agar menghasilkan tanaman yang baik.

Perempalan

Perempalan dapat dilakukan jika pertumbuhan pada sayur bayam terlalu subur, perempalan dilakukan untuk memperkuat dan membuat tanaman menjadi tetap tegak. Jika diperlukan pemasangan ajir juga dapat dilakukan.

Penyiraman

Penyiraman dilakukan secara rutin dengan intensif sebanyak 2 kali dalam sehari terlebih pada saat musim kemarau, penyiraman dapat dilakukan pada saat pagi dan sore hari.

Pemanenan

Pemanenan dapat dilakukan ketika bayam berumur 25-35 hari dengan cara mencabut bayam kemudian bersihkan dari tanah yang menempel. Pemanenan bayam juga bergantung pada perawatan dan pemeliharaan tanaman, jika perawatan tidak teratur maka bayam dapat tumbuh lebih lama.

Sekian pembahasan tentang cara menanam bayam cabut semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk menanam bayam cabut dan jangan lupa share artikel ini agar semua orang dapat melihat informasi cara menanam bayam cabut. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudahnya Menanam Bayam Cabut di Polybag atau Pot! Dapat Dilakukan di Rumah"

Posting Komentar