HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Mudah Buat ZPT Alami dari Bawang Merah Beserta Penggunaannya Pada Tanaman

Pertanian atau dalam budidaya pemberian pupuk dan media tanam yang baik diperlukan untuk pertumbuhan tanaman, namun pemberian hormon perangsang pertumbuhan juga sangat diperlukan oleh tanaman. Tanaman pada umumnya memiliki hormon pertumbuhan alami namun dalam jumlah yang terbatas atau sedikit, maka pemberian hormon tambahan atau ZPT dilakukan agar tanaman dapat memproduksi hormon secara optimal.

Hormon dan ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) merupakan dua hal berbeda yang harus diketahui. Hormon dihasilkan dari tumbuhan ataupun dari hewan itu sendiri secara alami (alamiah), sementara ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) adalah Zat yang dihasilkan atau didapat secara buatan (sintetis) dengan campur tangan manusia ataupun melalui rekayasa dan biasanya ZPT ini berhubungan dengan kimia namun juga dapat dibuat dengan bahan organik.

Dalam budidaya, pemberian ZPT dilakukan untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Meskipun zat ini mudah didapatkan, namun pembuatan ZPT dapat dilakukan sediri dirumah dan akan menghemat biaya dalam budidaya yang dilakukan. 

Hormon Auksin dan Giberilin Pada Bawang Merah Sebagai ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) 

Hormon Auksin dan Giberilin memiliki peran untuk merangsang pembesaran sel untuk pertumbuhan aksis longitudinal dan sintesis DNA kromosom pada tanaman dan memiliki fungsi untuk merangsang pembentukan akar, dengan contoh pada stek dan cangkok. Bibit tanaman yang dipindahkan secara langsung dengan cara pencabutan tentu saja akan mengalami pergerakan akar, dan untuk memicu tumbuhnya kembali akar baru diperlukan hormon Auksin. Hormon Auksin dan Giberilin berperan dalam mengontrol pertumbuhan pada seluruh bagian tumbuhan, juga termasuk merangsang proses perkecambahan biji.

Cara Membuat Zat Perangsang Alami (ZPT) Dari Ekstrak Bawang Merah

  1. Gunakan 10 sampai 15 siung bawang merah dan blender sampai halus.
  2. Tambahkan 1 liter air bersih dan aduk hingga larutan merata.
  3. Larutan dapat disaring agar terpisah dari ampasnya dan ZPT buatan sendiri siap digunakan.

Cara Menggunakan Ekstrak Bawang Merah 

  • Untuk Stek Batang

Buat larutan dengan campuran 200cc ekstrak bawang merah dan air bersih sebanyak 1 liter. Bagian batang yang akan distek harus direndam terlebih dahulu selama 3-5 jam, kemudian tiriskan batang dan siap digunakan. Cara pengolesan langsung ekstrak bawang merah juga bisa dilakukan pada bagian tumbuhnya akar.

  • Untuk Cangkok

Buat larutan dengan campuran 200cc ekstrak bawang merah dan air bersih sebanyak 1 liter, lalu oleskan larutan bawang merah pada bagian batang tanaman yang akan dicangkok. Setelah ekstrak bawang merah dioleskan, lalu bagian tanaman yang telah dicangkok harus dibungkus dengan sabut kelapa atau media tanam lainnya.

  • Untuk Penyemaian Benih

Buat larutan dengan campuran 100cc ekstrak bawang merah dan 1 liter air hangat, Lalu rendam benih yang ingin ditanam pada larutan yang telah dibuat selama 3-5 jam dan benih dapat ditiriskan kemudian ditanam.

  • Untuk Pembibitan

Buat larutan dengan campuran 100cc ekstrak bawang merah dan 100 liter air bersih, lalu rendam bibit tanaman selama 10 menit dan bibit dapat dipindah pada media tanam.

Sekian pembahasan tentang cara membuat ZPT dari ekstrak bawang merah semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk membuat ZPT dari ekstrak bawang merah dan jangan lupa share artikel ini agar semua orang dapat melihat informasi cara membuat ZPT dari ekstrak bawang merah. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Buat ZPT Alami dari Bawang Merah Beserta Penggunaannya Pada Tanaman"

Posting Komentar

LANGGANAN