HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Menanam Pepaya California dengan Mudah! Coba Sendiri di Rumah


Tanaman pepaya California dengan naman latin (Carica papaya L.) merupakan buah lokal asli Indoneisa, pepaya California ini merupakan varietas hasil pemuliaan yang dilakukan oleh tim PKHT atau Pusat Kajian Hortikultura Tropika dari IPB yang dinamai dengan Callina. Namun banyak orang mengira pepaya California merupakan buah pepaya hasil impor dari Amerika, memang jika dilihat dari nama buah ini terlihat seperti buah impor namun nama California populer di kalangan pedagang agar membuat buah ini terdengan seperti buah impor.

Tanaman pepaya California ini merupakan varietas unggul karena memiliki buah yang lebat dan waktu panen yang relatif cepat. Seiring meningkatnya permintaan pepaya California dipasaran membuat banyak orang membudidayakan di Indonesia dan menjadi varietas pepaya yang banyak difavoritkan oleh masyarakat Indonesia. Pepaya varietas ini memiliki buah berwarna kuning, kulit buah berwarna hijau yang tebalyang mulus dan rasa yang manis. Tidak mengehrankan lagi pepaya California menjadi salah satu primadona pilihan yang banyak diminati di pasaran.
Prospek Keuntungan Budidaya Pepaya California

Tanaman pepaya california merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh sehingga memiliki resiko kegagalan yang relatif kecil. Waktu pemanenan yang tergolong cepat berkisar umur 8-9 bulan setelah masa tanam, dengan pamanenan yang dapat dilakukan hingga 4 kali dalam waktu sebulan. Dalam pemanenannya pepaya California mampu menghasilkan hingga 12 ton per hektar bahkan bisa lebih, dengan frekuensi sekali panen dalam jangka waktu satu bulan mencapai 2 hingga 3 ton sehingga dalam sebulan bisa mencapai 12 ton bahkan lebih. Berikut persyaratan tumbuh pepaya California.

Syarat Tumbuh Pepaya California


Tanaman pepaya California dapat tumbuh dengan optimal di daerah dataran rendah hingga dataran sedang dengan ketinggian 0-700 mdpl, Dengan lahan tanah yang subur dan sedikit berpasir. Perlu di perhatikan suhu pada lahan sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan pepaya California, sehingga suhu yang cocok untuk pertumbuhan tanaman berkisar 25-30 derajat Celcius dengan curah hujan 1.000-2.000 mm per tahunnya. Untuk kelembaban udara, tanaman pepaya California cocok dengan kelembaban berkisar 40 % dengan tingkat keasaman tanah sekitar 6-7 pH. Berikut tahapan menanam pepaya California.

Pembibitan atau Penyemaian
 
Pemilihan biji sangat penting dilakukan untuk mendapat bibit yang unggul dan tahan terhadap hama,  pemilihan biji dilakukan dengan memilih biji dari buah pepaya California yang telah matang di pohon, sehat dan bebas dari hama. Berikut merupakan langkah penyemaian pepaya California.

  • Perendaman dilakukan terhadap biji pepaya California di dalam air dengan kurun waktu semalam, sehingga esoknya mendapat biji yang tenggelam dan buang biji yang mengambang.
  • Biji pepaya California yang telah didapa kemudian diperam dengan menggunakan kertas koran atau kain basah selama sekitar satu minggu, dengan selalu menjaga kelembaban koran atau kain yang digunakan.
  • Setelah satu minggu diperam biji pepaya California yang menjadi benih tersebut telah dapat disemai pada polybag.
  • Penyemaian dapat dilakukan pada polybag atau pot, dengan media tanam campuran tanah halus dan kompos atu pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.
  • Setelah media tanam siap digunakan, masukkan benih ke dalam tanah dan tutupi dengan tanah lalu sirami dengan air secukupnya. Bibit dapat diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari hingga berumur 1-1,5 bulan, kemudian bibit pepaya California siap ditanam pada lahan yang lebih besar.


Persiapan Lahan Tanam

Penyiapan lahan tanam dilakukan dengan menggemburkan tanah melalui proses dibajak atau dicangkul untuk menetralkan unsur hara dalam tanah dan membersihkan lahan dari rumput liar atau gulma. Pembuatan bedengan dilakukan agar tidak ada genangan air di sekitar tanaman, pembuatan lubang tanam dengan ukuran sekitar 50 cm dengan jarak per lubang sekitar 2,5x2,5 meter. Kemudian lubang dapat diberi campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos, namun jangan sampai menutupi seluruh permukaan lubang tanam dan siram dengan air secukupnya sampai tanah terlihat lembab. 

Penanaman

Bibit pepaya California dapat secara langsung di tanam pada lubang yag telah dibuat, dengan jumlah satu bibit untuk setiap lubang tanam. Penanaman dapat dilakukan pada sore hari, karena sore merupakan waktu yang paling bagus untuk menanam bibit pepaya California agar tidak mengganggu proses fotosintesis tanaman.

Pemeliharaan Dan Perawatan

- Penyiraman

Penyiraman sangat penting untuk tanaman pepaya California, namun penyiraman jangan dilakukan secara berlebih sampai membuat genangan air di sekitar media tanam. Hal tersebut dapat berpengaruh pada tanaman karena batang pohon bisa menjadi mudah busuk jika terlalu banyak mendapatkan penyiraman dan hal ini juga mempengaruhi buah tanaman. Oleh karena itu penyiraman tanaman pepaya Calidornia dilakukan secara rutin sampai tanah terlihat lembab namun jangan sampai berlebihan.

- Pemupukan

Pemupukan dilakukan secara rutin untuk menjaga kesuburan tanah sekaligus tanaman pepaya California. Pemupukan pada minggu pertama setelah masa tanam dengan menggunakan pupuk kandang sebanyak 40 kg untuk setiap tanaman. Pemupukan pada minggu kedua setelah masa tanam dengan pupuk NPK 200 gram untuk setiap pohonnya. Pemukukan selanjutnya diberikan setiap 3 bulan sekali dengan 40 kg pupuk kandang dan 500 gram NPK untuk setiap pohonnya. Ketika tanaman pepaya California mulai berbuah penambahan pupuk KCL dapat dilakukan.

- Pemangkasan

Pemangkasan dapat dilakuka pada tunas atau dahan yang kering atau mati agar pertumbuhan tanaman dapat lebih optimal. Proses ini dapat disesuaikan dengan kondisi tanaman pepaya California.

Pemanenan

Pemanenan dapat mulai dilakukan pada saat tanaman pepaya California berumur sekitar 8-9 bulan setelah masa tanam, dengan ciri-ciri buah yang sudah masak kulit buah mulai menguning dengan cara memotong tangkai buah dan simpan pada tempat yang memiliki jerami agar buah tidak terbentur. Pemanenan buah pepaya California dapat dilakuak 4 kali sebulan dengan hasil setiap panen berkisar 2-3 ton per hektar bahkan bisa lebih.

Sekian pembahasan tentang cara budidaya pepaya California semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk budidaya pepaya California dan jangan lupa share artikel ini agar semua orang dapat melihat informasi budidaya pepaya California. Terima Kasih


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Pepaya California dengan Mudah! Coba Sendiri di Rumah"

Posting Komentar