HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Mudah Budidaya Tanaman Kangkung Cocok Untuk Pemula

Cara Budidaya Tanaman Kangkung

Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan.

Kangkung adalah sayur yang banyak disukai warga Indonesia, terutamanya vegetarian. Tanaman yang ini dapat tumbuh dengan gampang di tanah Indonesia. Langkah penanamannya juga lebih gampang dibanding tipe - tipe sayur umumnya. Karena itu, bila anda ialah pemula dalam soal budidaya tanaman, budidaya tanaman kangkung menjadi jalan keluar yang tepat.

Walau langkah menanam tanaman kangkung ini gampang, cuman sedikit saja orang yang ketahui mengenai langkah membudidayakannya. Bila anda pun adalah salah seseorang yang belum tahu mengenai bagaimanakah cara budidaya kangkung yang betul, tak perlu cemas, di bawah ini kami beritahu triknya.

Siapkan Benih Kangkung

Seperti saat ingin bercocok tanam pada umumnya. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menanam kangkung adalah menyiapkan bijinya terlebih dahulu. Pilih bibit tanaman yang memiliki kualitas unggul dan tentunya bebas dari hama dan gulma, serta penyakit.

Untuk mendapatkan bibit kangkung anda bisa datang ke warung pertanian dan berkonsultasi dengan mereka mengenai bibit kangkung terbaik. Dalam proses persemaian sendiri ada 2 cara yaitu bibit dan stek.

Siapkan Lahan

Lahan yang Anda persiapkan untuk menanam kangkung juga harus bebas dari hama dan gulma. Setelah memilih tanah mana yang cocok, gemburkan tanah tersebut dan buatlah gundukan tanah selebar 1 meter dengan panjang yang bisa Anda sesuaikan sendiri dengan luas tanah yang Anda miliki. Jangan lupa beri bedengan selebar 40 cm.

BACA JUGA:

7 Tumbuhan Indonesia yang Terancam Punah

Mau Tanaman Cepat Tumbuh & Subur? Lakukan 5 Tips Berkebun Ini

Tanaman Zodia Asal Papua Ini, Ampuh Usir Nyamuk Seperti Autan

Intinya, untuk bisa membudidayakan tanaman kangkung dengan baik, Anda harus mengendurkan tanah terlebih dahulu dan menyesuaikan bentuk lahan agar menyerupai bedengan.

Beri Pupuk

Setelah lahan siap dan telah dikendurkan, langkah selanjutnya adalah memberikan pupuk yang cukup untuk lahan yang Anda miliki. Gunakan pupuk kandang dan biarkan selama 3-5 hari. Jika kandungan asam di dalam kandang terlalu tinggi, cukup beri kapur dolomit untuk menetralkan pH. Jika ingin hasil maksimal, takaran standarnya adalah 1 ember kecil untuk tiap kantong pupuk.

Proses Penanaman

Jika ingin hasil yang maksimal, maka sebaiknya jangan menanam kangkung sembarangan. Ada cara tertentu untuk menanam kangkung dengan benar. Begini caranya

1. Buat lubang di bedengan sedalam 5 cm dengan jarak antar lubang 12-20 cm

2. Di setiap lubang masukkan 3-5 biji kangkung. Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

3. Tutupi bibit yang sudah dimasukkan tadi dan tutupi dengan tanah tipis yang sudah dicampur pupuk NPK dan pupuk kandang.

4. Saat menanam benih, gunakan teknik zigzag.

Proses Penyulaman

Menyulam adalah hal terpenting dalam proses penanaman kangkung, dan ini pasti tidak boleh dilewatkan. Diakui, tumbuhan - tumbuhan kangkung itu tidak tumbuh sempurna. Setelah itu gantilah dengan yang baru, agar hasilnya seragam. Tanaman kangkung yang tidak tumbuh dengan baik dapat menjadi parasit bagi kangkung lainnya.

Merawat Tanaman Kangkang

Saat membudidayakan tanaman kangkung, anda harus rajin membersihkan gulma pada tanaman tersebut karena dapat mengganggu pertumbuhan kangkung. Selain membersihkan gulma, jangan lupa berikan nutrisi tambahan yaitu pupuk urea sebanyak 15 gram per meter. Lakukan proses ini mulai 10 hari penyemaian.

Panen

Proses ke arah panen tanaman kangkung termasuk cepat. Umumnya kangkung siap dipanen saat telah capai umur 30 hari semenjak benih ditanamkan. Langkah memetikya sangat gampang yakni tinggal cabut saja kangkung sampai ke akarnya. Bila mengambil membuat tangan anda sakit, anda bisa juga memakai pisau dan potong saja pangkal batangnya.

Mengumpulkan hasil panen itu di lokasi yang lembab agar tidak layu. Anda bisa juga memendam akarnya agar hasil panen dapat bertahan semakin lama.

Seperti itu langkah budidaya tanaman kangkung, lumayan gampang dan sederhana kan? Apa anda berminat untuk cobanya? Mudah-mudahan artikel ini berguna untuk anda, khususnya untuk beberapa petani atau pebisnis agrobisnis dan yang lain yang memerlukan info sama. Selamat mempraktikkan dan mudah-mudahan sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Budidaya Tanaman Kangkung Cocok Untuk Pemula"

Posting Komentar

LANGGANAN