HUBUNGI KAMI

Jual Paranet Murah
Paranet, Paranet Murah, Jual Paranet, Distributor Paranet, Produsen Paranet, Jaring Paranet, Jaring Hitam, Jaring Peneduh Tanaman, Jaring Peneduh Taman, Jaring Peneduh Kolam, Jaring Peneduh Kolam, Paranet 65%, Jaring Paranet 75%, Jaring Paranet 85%, Harga Paranet, Ukuran Paranet, Paranet Roll.

Hubungi Kami
• Phone: 031- 8830487
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Whatsapp
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Gunakan Cara Tanam Markisa Ini, Jika Ingin Untung!

 

Markisa merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan. Buah ini memiliki beberapa ciri unik yang membuatnya sering di olah menjadi beberapa olahan masakan yang lezat. Penanaman buah ini juga tergolong susah mudah, karena karakteristik lahan tanamnya yang seimbang antara panas dan dingin. mau tahu bagaimana cara budidaya? simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga:




Cara Menanam Markisa!


1. Benih Pohon Markisa.

Hal pertama kamu harus mencari benih tanamnya, mencari benih tanamnya ada dua cara termudah yakni dengan membuat benih sendiri ataupun kamu bisa membeli benih di toko pertanian. Jika ingin membuat benih sendiri, kamu bisa ambil biji markisa langsung dari buahnya, setelahnya bersihkan pulp yang menempel, serta cuci hingga bersih. Taruh biji  di atas wadah lalu keringkan di bawah sinar matahari selama sehari penuh. Setelahnya, simpan biji dalam wadah tertutup dan simpan di dalam suhu kamar kamu. Sedangkan jika kamu tidak ingin repot-repot membuat benih sendiri, sebaiknya kamu bisa membeli bibit pohon markisa yang siap tanam di toko pertanian di daerah kamu.


2. Siapkan Alat dan Bahannya.

Untuk menunjang kesuksesan budidaya buah markisa, kamu perlu beberapa alat dan bahan sebagai beriku ini :

  1. Pot kecil atau polybag
  2. Tanah gembur.
  3. Sekam arang padi.
  4. Pupuk organik ( kandang/kompos ).
  5. semprotan air.

Kami menyediakan alat perkebunan Polybag dengan harga yang terjangkau, chek Disini!

 

3. Semai Benih Menjadi Bibit Tanaman.

Ketika kamu sudah memilih dan membuat bibit sendiri, paham dulu dengan benar cara menyemai benih menjadi bibit markisa sebagai beriku ini :

  1. Campurkan media tanah, arang sekam padi, serta pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1. 
  2. Masukkan campuran tersebut ke dalam wadah pot ataupun polybag, jangan lupa untuk membuat satu lubang tanam. 
  3. Setelahnya berikan 2 sampai 3 benih ke dalam wadah, ratakan atas tanah, kemudian siram dengan air secukupnya.
  4. Simpan media semai yang sudah di isi benih markisa di dalam rumah serta usahakan tidak terkena sinar matahari secara langsung. 
  5. Siram benih tersebut 1 kali dalam sehari setiap sore harinya. 
  6. Terakhir, tunggu sampai bibit mulai tumbuh tunas serta daun kecil yang berjumlah delapan helai. Maka bibit sudah siap dipindahkan ke lahan tanam yang sesungguhnya.


4. Siapkan Lahan untuk Menanam Pohon Markisa.

Siapkan lahan tanam yang berukuran 25 x 25 cm untuk menanam bibit pohon markisa. Buatkan satu lubang di bagian tengahnya dengan kedalaman sekitar 30 cm, juga jangan lupa kamu tancapkan satu tiang bambu di dekat lubang sebagai media rambat bibit markisa kamu.

Ingin mencari alat dan bahan Green House? kamu bisa chek Disini! 

 

5. Pindahkan Bibit.

Sebelum akan memindahkan bibit markisa ke dalam lubang tanam, pastikan tambahkan campuran tanah gembur, arang sekam, serta pupuk kandang setinggi setengah lebih lubang tanam atau  20 cm. Lepas bibit dari wadah pot ataupun polybag serta usahakan jangan sampai ada bagian akarnya yang terputus, sehingga tidak membuahnya membusuk ataupun mati. Pindahkan bibit ke lubang tanam lalu ratakan bagian atas tanahnya dengan di tekan tekan perlahan. Jika sudah dipindahkan, berikan ikatan longgar antara bibit dengan tiang penyanggahnya yang dipasang di dekatnya. Lalu siram air secukupnya saja, serta bersihkan gulma ataupun tanaman liar yang ada di sekitar bibit.


6. Perawatan.

Perawatan bibit markisa sanggatlah mudah, kamu cukup siram setiap harinya ketika di pagi serta sore harinya, pastikan bersihkan gulma atau tanaman liar yang ada di sekitarnya. Untuk peremajaannya, pangkas batang tanaman yang keluar dari posisi jalur tiang rambatnya. Tanda pohon markisa tumbuh baik ialah tumbuh bunga ketika sudah berusia 4 bulan. Pemupukan  sendiri bisa dilakukan setiap 4 bulan sekali, paling baik ketika berada di antara bulan November serta Mei. Jangan lupa untuk membasmi hama penyakit dengan menggunakan insektisida dan fungisida dengan bahan organik.


7. Panen.

Setelah tumbuh bunga pada usia 4 bulan, di usia 5 bulan sudah mulai tumbuh buahnya. Buah tersebut akan matang pada usia tanam 9 bulan. Ciri-ciri buah markisa yang sudah siap akan dipanen ialah memiliki warna kulit buah kuning ataupun berwarna ungu tergantung dari varietas yang kamu tanam, tekstur buah sudah lunak empuk, serta sudah beraroma cukup kuat. Panen buah markisa yakni dengan cara mengguntingnya, agar menyisakan sedikit bagian tangkainya untuk masa peremajaan lagi.


Nah, di atas merupakan cara mudah membudidaya buah markisa dengan mudah. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gunakan Cara Tanam Markisa Ini, Jika Ingin Untung!"

Posting Komentar

LANGGANAN