HUBUNGI KAMI

Jual Paranet Murah
Paranet, Paranet Murah, Jual Paranet, Distributor Paranet, Produsen Paranet, Jaring Paranet, Jaring Hitam, Jaring Peneduh Tanaman, Jaring Peneduh Taman, Jaring Peneduh Kolam, Jaring Peneduh Kolam, Paranet 65%, Jaring Paranet 75%, Jaring Paranet 85%, Harga Paranet, Ukuran Paranet, Paranet Roll.

Hubungi Kami
• Phone: 031- 8830487
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Whatsapp
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Manfaat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Bidang Pertanian, Mengagumkan!

Contoh teknologi pertanian

Ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK sangat berpengaruh di kehidupan sehari-seharri. Dampaknya sangat bermanfaat di berbagai macam sektor, salah satunya pertanian. Tentunya hal ini sangat berpengaruh bagi negara agraris yang perekonomiannya bergantung pada sektor pertanian.

Baca Juga:

Dengan adanya ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil pertanian, serta mempermudah pengelolaan untuk hasil kerja yang optimal. Lalu apa saja contoh-contoh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian? untuk lebih jelasnya yuk simak dibawah.

1. Penemuan Bibit Unggul

Salah satu manfaat IPTEK dalam bidang pertanian yang paling menonjol ialah penemuan bibit unggul. Bibit unggul merupakan benih tanaman yang mempunyai sifat lebih unggul atau dominan dibandingkan benih tanaman biasa. Bibit unggul di dapat dari hasil rekayasa genetika, contohnya pada tanaman transgenik.

Bibit unggul tersebut memiliki banyak keunggulan seperti, lebih tahan terhadap hama dan penyakit, bisa tumbuh dan berproduksi lebih cepat, buah yang dihasilkan lebih banyak dan manis, serta lebih tahan terhadap kondisi cuaca. Pastinya hal ini sangat menguntungkan bagi para petani untuk meminalisir terjadinya gagal panen.

2. Pekerjaan Menjadi Lebih Efisien

IPTEK yang semakin berkembang membuat temuan-temuan baru seperti alat pertanian, alat pembibitan, alat penyemprot, mesin pemotong, sensor pertanian, alat transportasi hasil pertanian, dan berbagai alat pertanian moder lainnya. Alat-alat tersebut tentunya akan membuat petani lebih mudah. Sehingga pekerjaan akan lebih hemat waktu dan sedikit tenaga.

3. Produk Pertanian Lebih Berkualitas

IPTEK berperan penting dalam menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Misalnya, buah atau sayur terbebas dari penyakit, berdaging banyak, serta rasanya lebih enak. Tak hanya itu, IPTEK juga membantu penyimpanan hasil pertanian agar lebih tahan lama.

4. Membuat Lahan Menjadi Lebih Subur

IPTEK telah menciptakan produk seperti pupuk yang bisa menyuburkan lahan pertanian. Bahkan, tanah yang asalnya tidak suburpun bisa ditanami. Perkembangan IPTEK menghasilkan berbagai macam produk pupuk yang lebih efisien dan lebih sedikit dampak negatifnya bagi lingkungan.

5. Mencegah Gagal Panen

Selain pupuk, berkat IPTEK ditemukannya pestisida yang bisa membantu petani untuk melindungi tanaman dari berbagai macam hama dan penyakit yang bisa membuat gagal panen.

6. Memudahkan Irigasi Lahan

IPTEK juga berperan penting dalam memudahkan lahan irigasi pertanian. Irigasi merupakan mengairi tanaman dengan membawa air melalui pipa, saluran, ataupun sarana buatan manusia. Dengan adanya IPTEK para petani akan lebih mudah mengairi lahan mereka tanpa bergantung pada cuaca juga iklim.

Air tidak hanya dibutuhkan tanaman, namun juga pada sektor lain seperti pertanian dan perikanan. Dengan adanya IPTEK akan memudahkan membangun pertanian dan perikanan di daerah yang jauh dari sumber air.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Bidang Pertanian, Mengagumkan!"

Posting Komentar

LANGGANAN