HUBUNGI KAMI

Jual Paranet Murah
Paranet, Paranet Murah, Jual Paranet, Distributor Paranet, Produsen Paranet, Jaring Paranet, Jaring Hitam, Jaring Peneduh Tanaman, Jaring Peneduh Taman, Jaring Peneduh Kolam, Jaring Peneduh Kolam, Paranet 65%, Jaring Paranet 75%, Jaring Paranet 85%, Harga Paranet, Ukuran Paranet, Paranet Roll.

Hubungi Kami
• Phone: 031- 8830487
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Whatsapp
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengenal Pola Tanam Polikultur dan Jenisnya, Bikin Hasil Tanaman Melimpah & Berkembang Baik!

Petani

Pola tanam merupakan cara penenaman pada sebidang lahan dengan mengatur susunan tata letak dan urutan tanam dalam periode waktu yang ditentukan termasuk masa pengolahan tanah dan masa tidak ditanami selama periode tertentu. Sedangkan pola tanam polikultur merupakan teknik menanam yang dilakukan dengan cara menanam lebih dari satu tanaman pada satu lahan dalam waktu yang bersamaan/serentak.

Baca Juga:

Menggunakan metode tanam polikultur seharusnya bisa saling menguntungkan bagi tanaman itu sendiri. Jika tidak, tanaman tersebut akan mengalami gagal tumbuh dan saling merugikan satu sama lain. Oleh sebab itu, pola tanam yang digunakan sangat mempengaruhi sistem budidaya sebuah tanaman. Penggunaan pola tanam polikultur bertujuan supaya bisa memanfaatkan lahan dengan optimal, serta menghindari resiko gagal panen.

Ada banyak sekali jenis pola tanam polikultur yang biasa digunakan oleh para petani. Berikut adalah beberapa jenis pola tanam polikultur yang harus kamu tau.

1. Tanaman Campuran

Mixed cropping atau yang biasa dikenal pola tanam tanaman campuran adalah cara menanam yang dilakukan dengan cara menanam lebih dari satu tanaman pada satu lahan secara bersamaan. Pola tanam yang satu ini diterapkan tanpa diberi jarak, dan tanpa dipasang larik. Seperti contohnya, tanaman kubis dan tomat yang ditanam dalam satu bidang lahan yang sama.

Pola tanam ini pastinya sangat menguntungkan bagi tanaman kubis dan tomat karena bisa mengendalikan hama dan penyakit seperti ngengat trip yang biasa menyerang tanaman kubis.

2. Tanaman Pendamping

Pola tanaman pendaming dilakukan dengan cara menanam lebih dari satu tanaman pada satu lahan dengan tanaman lain yang bertujuan agar tanaman bisa saling melengkapi unsur hara serta kebutuhan fisik pada tanaman itu sendiri.

3. Tanaman Sisipan

Pola tanam yang satu ini merupakan jenis pola tanam polikultur yang memiliki pola menyisipkan beberapa jenis tanaman dan tanaman pokok. Pada umumnya, pola tanaman sisipan dipakai untuk mengidentifikasi lahan agar mampu menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai ekonomis tinggi, serta bisa meningkatkan pendapatan para petani.

4. Tanaman Bergiliran

Pola tanam ini menggabungkan dua jenis tanaman atau lebih untuk ditanam secara bergiliran. Cara kerjanya yakni dengan memanen tanaman yang pertama, lalu dilanjutkan dengan menanam jenis tanaman lain di bidang lahan yang sama.

5. Penanaman Lorong

Jenis pola tanam yang satu ini termasuk jenis pola yang paling sering digunakan untuk menanam jenis tanaman yang memiliki umur pendek sepertu wortel dan selada. Pola ini diterpkan pada sebuah pohon kayu yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tumbuh. Tujuannya agar pendapatan para petani bisa meningkat dengan memanfaatkan lorong barisan pohon sebagai pola tanam.

6. Tumpang Sari

Tumpang sari dilakukan dengan cara menanam lebih dari satu tanaman pada satu lahan dan melakukannya di waktu yang bersamaan dengan baris tanaman yang teratur dan tertata rapi.

Pola tanam ini merupakan jenis pola yang bisa memberikan keuntungan dari memanfaatkan lahan kosong. Pola tanam ini juga punya keunggulan lain seperti, bisa mengurangi erosi pada tanah, bisa meningkatkan luas lahan karena lebih efektif dan menggunakan cahaya, air, serta unsur hara. Tak hanya itu, tumpang sari juga dipercaya bisa mengurangi risiko gagal panen.

7. Rotasi Tanaman

Hampir sama seperti pola tanam bergilir lainnya. Pergiliran tanaman atau rotasi tanaman dilakukan dengan tujuan agar tanaman terhindar dari penyebaran penyakit dan hama.

Penggunaan tanaman beda jenis ini bisa memutus siklus hidup hama yang bersarang di tanaman. Penggunaan pola tanam ini juga bisa membuat hama kehilangan tempat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Pola Tanam Polikultur dan Jenisnya, Bikin Hasil Tanaman Melimpah & Berkembang Baik!"

Posting Komentar