HUBUNGI KAMI

Jual Paranet Murah
Paranet, Paranet Murah, Jual Paranet, Distributor Paranet, Produsen Paranet, Jaring Paranet, Jaring Hitam, Jaring Peneduh Tanaman, Jaring Peneduh Taman, Jaring Peneduh Kolam, Jaring Peneduh Kolam, Paranet 65%, Jaring Paranet 75%, Jaring Paranet 85%, Harga Paranet, Ukuran Paranet, Paranet Roll.

Hubungi Kami
• Phone: 031- 8830487
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Whatsapp
• Email: limcorporation2009@gmail.com

4 Faktor Penting yang Harus Anda Perhatikan Saat Melakukan Pembibitan Tanaman

Pembibitan

Pembibitan adalah salah satu faktor terpenting agar tanaman bisa tumbuh dan berbuah. Melakukan pembibitan bukanlah hal yang mudah bagi pemula, pembibitan biji (benih) yang dilakukan dengan cara yang salah akan menimbulkan banyak kegagalan tumbuh alias bibit tidak bisa tumbuh. Begitupun sebaliknya, jika Anda melakukan pembibitan dengan cara yang benar maka bibit yang tumbuh akan tumbuh lebih subur.

Baca Juga:

Oleh sebab itu, proses pembibitan tanaman harus dilakukan secara baik dari penanaman bibit mulai dari bentuk biji hingga menjadi tanaman bayi yang sudah muncul tunas akar dan beberapa daun kecil menjadi kecambah. Keberhasilan proses pembibitan tanaman didominasi oleh faktor lingkungan, sekitar 70% keberhasilan dalam melaksanakan pembibitan tanaman yakni dari faktor lingkungan.

1. Menyiapkan Media Tanam

Dalam menyiapkan media tanam Anda bisa menggunakan tanah atau kain lembab. Nantinya tanah atau kain lembab tersebut akan dijadikan tempat tumbuh biji (perkecambahan biji). Kedua media ini paling sering digunakan petani untuk menyemai bibit/benih. Biasanya kedua media tersebut digunakan untuk menyemai beberapa jenis tanaman seperti cabai, tomat, sawi, semangka, melon, kangkung, selada, melon, dan lain sebagainya.

Media tanah harus dicampur dengan pupuk organik dengan perbandingan tanah dan pupuk organik 3:1. Campur media tanah dengan pupuk organik, bisa berupa kompos/kotoran ternak yang sudah matang. Setelah itu, media tanam siap untuk diaplikasikan dengan menyebar biji/benih di atas media yang sudah jadi tersebut.

Bagi Anda yang ingin tau lebih lanjut mengenai Media Tanam dan harganya, Anda bisa hubungi admin kami pada hari dan jam kerja 08.00-16.00 WIB melalui: 

(SMS/CALL/WA).Phone: 0812.3258.4950 / 0877.0282.1277 / 0852.3392.5564

Telp: 031-8830487

Perhatikan kelembaban media dengan air agar proses perkecambahan biji bisa berjalan lebih cepat.

2. Memperhatikan Kesehatan Tanaman Induk

Selain media tanam, memperhatikan kesehatan tanaman induk juga salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Pastikan Anda memilih tanaman induk yang sehat, serta terbebas dari hama dan penyakit. Ciri tanaman induk yang sehat bisa Anda lihat dari bentuk batang yang kokoh serta mempunyai daun yang segar dan berkilau tanpa adanya bercak pada daun.

Tak hanya itu, Anda juga harus memilih tanaman induk yang sudah dewasa. Tanaman induk yang sudah cukup umur ditandai dengan adanya bunga dan sudah menghasilkan anakan, baik dari biji ataupun dari tunasnya. Tanaman yang sudah dewasa pada umumnya sudah siap untuk dipijahkan dan diambil peranakannya.

3. Perawatan Media dan Bibit

Perawatan media dan bibit juga harus diberi perlakuan. Perawatan mencakup penyiraman jika lahan kering. Apabila pembenihan dilakukan dengan menggunakan kain, pastikan bahwa kain tetap lembab dan tercukupi kandungan airnya. Kain yang lembab akan mempercepat perkecambahan biji. Cara aplikasi penyemain biji menggunakan kain ada dengan melembabkan kain dengan air, kemudian letakkan biji di permukaan kain dan tunggu beberapa hari hingga muncul tunas. Setelah bibit memunculkan kecambah artinya bibit sudah siap untuk dipindahkan ke lahan terbuka.

4. Penempatan Bibit

Saat melakukan penyemaian benih/biji sebaiknya tempatkan pada tempat yang suhunya dibawah 30 derajat celcius. Penempatan biji yang disemai juga harus ditempatkan pada tempat yang banyak cahaya atau di tempat gelap. Apabila penyemaian dilakukan di tempat terang maka bibit batang yang dihasilkan akan berfisik cukup gemuk, daun lebih hijau, dan pertumbuhan lebih lambat.

Namun, apabila dilakukan di tempat yang gelap maka tanaman yang dihasilkan cenderung mempunyai batang tinggi dengan daun pucat, namun pertumbuhannya lebih cepat. Untuk hasil yang optimal, sebaiknya tempatkan benih ke tempat yang terbuka agar mendapatkan cahaya matahari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Faktor Penting yang Harus Anda Perhatikan Saat Melakukan Pembibitan Tanaman"

Posting Komentar