HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tak Hanya untuk Kesehatan Porang Juga Punya Manfaat Lainnya, Apa Saja?

Tanaman porang

Porang atau iles-iles merupakan tanaman umbi yang satu spesies dalam Amorphophallus Muelleri Blume. Tanaman ini bisa tumbuh secara liar di wilayah tropis dan sub tropis. Walaupun begitu, tanaman porang saat ini sudah mulai dikenal dan banyak petani yang mengkomersilkan pertumbuhan porang di Indonesia. 

Tanaman porang sudah dikenal lama mempunyai banyak manfaat untuk bahan pangan dan bahan industri berkat kandungan glucomannan, karbohidrat dan berbagai mineral. Oleh sebab itu, komoditas pertanian yang satu ini sudah mulai dilirik dan dikembangkan secara luas.

Baca Juga:

Porang mempunyai banyak kandungan yang dapat menyehatkan tubuh. Selain untuk kesehatan, porang juga digunakan untuk bahan baku pembuatan tepung, kosmetik, lem dan jelly. Maka dari itu, akhir-akhir ini porang menjadi komoditas pertanian andalan.

Lalu apa saja manfaat dari porang? Yuk simak ulasan dibawah agar tau.

1. Menjernihkan air

Bagi Anda yang air dirumahnya kotor, Anda bisa mencoba porang sebagai penjernih air. Zat yang ada pada porang bernama Glukomanan bisa menjernihkan air dan keloid dari bir, gula, minyak, serta serat. Kandungan tersebut membuat air menjadi lebih jernih

2. Bahan pembuatan obat

Manfaat porang lainnya yakni untuk bahan pembuatan obat. Kandungan KGM yang ada pada tanaman porang berguna untuk bahan pembentukan dan perekat kapsul obat-obatan yang biasa Anda konsumsi. 

3. Bahan makanan jepang

Selain itu, tanaman porang juga bisa diolah menjadi aneka olahan makanan jepang, seperti konnyaku atau mi shirataki. Kandungan tanaman porang membuatnya sering diolah menjadi tepung konjac yang membuat porang banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan jepang. Oleh sebab itu, negara jepang menjadi salah satu negara yang gemar mengimpor tanaman porang.

4. Isolator listrik

Kandungan Glukommanan yang ada pada tanaman porang dalam bentuk gel bisa menjadi pengganti gel silikon. Gel silikon biasanya dimanfaatkan untuk mencegah penghataran listrik dan panas dirumah. Namun, hati-hati dalam pemakaian agar tidak tersetrum oleh aliran listrik.

5. Lem ramah lingkungan

Tanaman yang mempunyai kandungan konjac seperti tanaman porang bisa menjadi pilihan yang tepat dalam pembuatan lem. Lem yang dihasilkan dari umbi porang mempunyai daya rekat yang kuat dan bau yang tidak terlalu menyengat. Selain itu, lem dari umbi porang juga lebih ramah lingkungan.

6. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Olahan tepung dari umbi porang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena Kandungan glukomannan. Tak hanya itu, serat yang ada pada porang juga sangat baik untuk dijadikan sebagai alternatif diet.

Namun, jangan asal dalam mengonsumsi porang, ada baiknya Anda konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan karena tidak cocok dengan kandungan porang.

7. Membuat bahan waterproof

Jika dicampur dengan gliserin atau natrium hidroksida, glukomanan yang ada pada tanaman porang sangat cocok untuk dijadikan sebagai cat waterproof penahan rembesan air dari derasnya hujan atau dinding yang lembab. 

Itu dia beberapa manfaat dari tanaman umbi porang di berbagai macam bidang. Semoga artikel yang saya sampaikan kali ini bisa memberikan banyak manfaat dan menambah pengetahuan bagi banyak orang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak Hanya untuk Kesehatan Porang Juga Punya Manfaat Lainnya, Apa Saja?"

Posting Komentar

LANGGANAN