HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji Dengan Mudah


Tanaman kamboja (plumeria) tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini dapat dibudidayakan dengan 2 cara, yang pertama dengan biji (generatif) dan menggunakan batang atau stek (vegetatif). Namun pembahasan kita kali ini tentang cara menanam bunga kamboja dari biji atau dengan cara generatif, cara ini dapat dilakukan dengan mudah melalui tahap penyemaian biji terlebih dahulu untuk menentukan biji yang baik untuk dibudidayakan.

Keunggulan Menanam Dengan Biji

budidaya kamboja dengan menggunakan biji adalah hal yang sudah biasa bagi para pecinta bunga, dikarenakan budidaya deng menggunakan cara generatig dapat membuat bonggol bunga lebih unggul dan besar. Keunikan ini menjadikan cara generatif adalah cara yang paling baik untuk mendapatkan bunga yang unik dan bernilai tinggi dipasaran. 

Sehingga cara tersebut dapat menghasilkan tanaman kamboja yang dapat dibuat bonsai, hal tersebut merupakan salah satu keunggulan menanam dengan biji dibandingkan cara stek yang cenderung menghasilkan bonggol datar dan membuat daya tarik berkurang. Namun penggunaan cara generatif pada budidaya bunga kamboja terbilang lebih lama daripada penggunaan cara vegetatif, namun cara ini dapat dibantu dengan penggunaan hormon perangsang pembungaan.

Proses Penyerbukan Bunga Kamboja

Sebelum mendapatkan biji dari bunga kamboja yang sehat dan tidak cacat, penyerbukan buatan harus dilakukan dengan tujuan agar tanaman lebih cepat berbuah dan mengeluarkan biji yang siap untuk ditanam sebagai bibit. Proses penyerbukan pada tanaman kamboja ini juga dapat dilakukan secara alami oleh tiupan angin yang dapat menerbangkan serbuk sari ke putik dan dengan bantuan serangga yang berpindah tempat membawa serbuk sari hingga ke kepala putik kamboja.

Namun penyerbukan secara alami tersebut tidaklah cukup efektif, oleh sebab itu banyak pembudidaya yang menggunakan cara buatan untuk memindahkan serbuk sari pada kepala putik. penyerbukan buatan ini dapat dilakukan menggunakan kuas kecil untuk menyapu halus serbuk sari dan menempelkannya diatas kepala putik, perlu diperhatikan agar saat melakukan penyerbukan buatan selalu berhati-hati. Untuk proses penyerbukan buatan ini pilihlah varietas yang paling unggul dan tidak mudah terserang penyakit, sehingga dapat menghasilkan tanaman kamboja yang bernilai tinggi.

Apabila proses penyerbukan atau perkawinan antara bunga kamboja telah dilakukan maka Anda dapat menyaksikan varietas baru yang muncul, dan dapat dilihat pada bentuk dan corak daun serta warna bunga yang dapat berubah dari varietas yang dikawinkan sebelumnya. Untuk dapat melihat perubahan pada tanaman memerlukan waktu hingga proses tumbuh kembang buah benar benar matang.

Untuk buah yang sudah masak dan dapat disemai memiliki ciri-ciri kulit yang mengering dan sedikit terbuka pada bagian atas polong, ketika dilihat biji yang terdapat didalam masih menyatu bersamaan bulu bulu halus yang merupakan alat terbangnya. Bersihkan biji kamboja dari bulu-bulu yang masih menempel dan lakukan proses penyemaian terlebih dahulu karena tidak semua biji memiliki kualitas unggul.


Proses Penyemaian Biji

Proses penyemaian dilakukan memisahkan biji bunga kamboja dengan pertumbuhan yang cepat dengan biji yang tumbuh dengan lama. Pertama siapkan wadah bersih dengan air untuk merendam biji, perendaman dilakukan kurang lebih selama 10 menit jika biji mengapung berarti tidak berisi dan tidak bisa digunakan.

Proses Penanaman Biji

Penggunaan media tanam untuk benih kamboja adalah cocopet dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1. Lalu masukkan cocopet dan sekam tersebut ke dalam pot, penggunaan cocopet juga dapat diganti dengan menggunakan serutan kayu yang lebih halus atau dapat juga menggunakan sekam bakar semua. Setelah pot terisi media tanam, masukkan benih ke dalam pot dengan jarak yang digunakan yaitu kurang lebih 1 cm. Pemberia benih dapat diberikann sebanyak 100 biji kamboja dalam satu pot.

Proses Penaburan Biji

Pada saat penaburan usahan biji tidak terbenam terlalu dalam pada media tanam kemudian lakukan penyiraman air bersih secara halus, lalu tutup benih kamboja pada media tanam dengan menggunakan plastik transparan dan letakkan pada tempat yang teduh tidak terkena sinar langsung. Kemudian siram kembali dengan air sedikit demi sedikit, lalu tunggu benih berkecambah kurang lebih selama satu minggu.

Perhatikan Tumbuh Kembang Bibit

Biji bunga yang ditanam akan tumbuh mulai tumbuh daun sejatinya dan batang yang kecil dengan struktur berbonggol sedangkan biji bunga yang ditabur akan mulai tumbuh daun sejati beberapa helai dan batang yang kecil dengan struktur yang berbonggol. Pelepasan plastik dapat dilakukan ketikan bibit telah mulai tumbuh daun namun tanaman tetap diletakkan pada tempat yang teduh dan penyiraman teteap dilakukan. Ketika telah berusia 2 bulan bibit sudah mempunyai daun sekitar 6-8 helai dan saat itu bibit sudah dapat dipindahkan ke dalam polybag yang berukuran kecil dengan komposisi media tanam pasir malang dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1.

Pemberian Pupuk


Pemberian pupuk pelu dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang yang sudah difermentasi dengan dosis yang diperlukan adalah ¼ saja. Apabila media tanam pasir tidak ada maka penggunaan batu bata juga dapat dilakukan dengan ditumbuk kasar sebelumnya dengan diameter 1-2 ml, namun jangan terlalu halus agar dapat menjaga sirkulasi udara. Sebelum media tanam dimasukkan, lapisi bagian bawah pot menggunakan sterofom terlebih dahulu lalu masukkan media tanam.

Pemasangan sterofom pada bagian bawah pot berfungsi agar air tidak tertahan pada bagian bawah yang dapat menyebabkan kebusukan akar pada tanaman. Jika sudah tanaman dapat dipindahkan pada ruang terbuka, namun jangan letakkan langsung dibawah sinar matahari. Penempatan tanaman pada sinar matahari berlangsung ketika tanaman telah berumur cukup dewasa maka pemindahan dapat dilakukan.

Sekian pembahasan tentang cara budidaya tanaman kamboja semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk budidaya tanaman kamboja dan jangan lupa share artikel ini agar semua orang dapat melihat informasi budidaya tanaman kamboja. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji Dengan Mudah"

Posting Komentar