HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Manfaat dan Keunikan Bunga Teratai yang Jarang di Ketahui


Bunga teratai (Nymphaea) merupakan genus tanaman air yang berasal dari suku Nymphaeaceae dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan waterlily namun di Indonesia teratai sering digunakan untuk menyebut bunga lotus (genus Nelumbo). Kebanyakan orang mengira bahwa bunga lotus itu sama seperti teratai. Padahal lotus bunganya tumbuh di atas permukaan air tidak mengapung serta daun berbentuk lingkaran & kelopak bersemu warna merah. Sedangkan teratai berwarna putih hingga kuning serta bunga dan daunnya mengapung diatas air.

Bunga teratai biasanya dapat dijumpai pada areal perairan yang tenang dan arus tidak terlalu kuat. Tumbuh dari tangkai dan rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar air yang tenang, daun berbentuk bundar atau oval di tengahnya terdapat tangkai dan daun teratai tidak mengandung lilin dengan ukuran bunga berkisar antara 5-10 cm. Bunga tanaman teratai terdapat pada tangkai yang berasal dari perpanjangan dari rimpangnya. Teratai memiliki jenis setidaknya kurang lebih 50 spesies dan seluruh spesies tersebut tumbuh di wilayah tropis hingga subtropis di seluruh dunia.

Pada awalnya teratai berasal dari Mesir pada sepanjang pinggiran sungai nil, namun kebanyakan orang mengira teratai berasal dari negara-negara asia walaupun teratai sangat identik dengan negara Jepang, Korea dan beberapa negara di Asia lainnya. Bunga teratai juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan maupun untuk tanaman hias, seperti bisa dijadikan tanaman di kebun karena memiliki bunga yang sangat indah dan bunga teratai dapat digunakan sebagai pengobatan herbal untuk berbagai macam penyakit.

Berikut beberapa manfaat bunga teratai:
 
- Membantu mengatasi bengkak dan iritasi
- Membantu mengobati batuk darah
- Membantu mengobati disentri
- Membantu mengobati panas dalam
- Membantu menghilangkan insomnia
- Membantu menormalkan tekanan darah
- Membantu mengobati mimisan
- Membantu menghilangkan stress
- Membantu mengatasi muntah dan diare
- Membantu pembentukan sel darah merah
- Membantu agar gigi tetap kuat
- Membantu proses diet
- Memelihara kesehatan mata
Dll.

Keunikan bunga teratai
 
Tanaman teratai memiliki keunikan karena jika tanaman ini berada dalam air yang berlumpur dan kotor, maka teratai akan memiliki warna bunga yang lebih cemerlang. Berarti jika bunga memiliki warna merah akan lebih merah, jika merah muda, warnanya akan lebih terang, dan jika putih akan lebih putih. 
Hal unik lain dari tanaman teratai adalah jika pada waktu pagi hari tanaman teratai akan memunculkan bunganya di permukaan air lalu bermekaran dan jika sudah memasuki sore hari bunga teratai kembali kuncup lalu tenggelam kembali ke dalam air.


Sejarah bunga teratai

Teratai merupakan simbol bunga suci alam agama Buddha hal tersebut dapat terlihat dari patung atau ornamen yang terdapat dalam agama Buddha yang terdapat jelas unsur ukiran teratai. Walaupun teratai dapat dengan mudah dijumpai di daerah tropis dengan kondisi air yang relatif tenang, tapi awalnya teratai berasal dari Mesir pada pinggiran sungai nil.

Bukti peninggalan kuno yang dapat ditemukan adalah pada makam Ramses II yang pada masa itu teratai sudah dipergunakan sebagai perangkat dalam upacara tradisional masyarakat Mesir kuno. Teratai juga mulai tersebar dan dibawa ke Assyria (kerajaan Asyur) di daerah Mesopotamia (Irak) kemudian teratai juga dibawa ke daerah Yunani untuk digunakan sebagai persembahan bagi dewi Nymphs (nama seorang dewi perempuan cantik) dan sejak saat itu teratai mendapat julukan Nymphaea dalam bahasa latin.

Mangkuk pada zaman Mesir kuno

Salah satu mangkuk yang ditemukan pada zaman tersebut yang memiliki corak dan desain bunga teratai ditemukan berasal dari Mesir pada sekitar abad ke-3 sebelum masehi. Mangkuk dengan corak bunga teratai tersebut dijajakan ke daerah Mediterania timur khususnya ke pulau-pulau Anatolia dan Aegean (Asia Kecil sebagaian sekarang Turki).

Lewat pengaruh agama Buddha yang awalnya berasal dari India sejak zaman Dinasti Qin (221-206 SM) teratai akhirnya mulai menyebar ke daerah Tiongkok. Pada zaman Dinasti Tang (618-907 M) teratai mulai menyebar ke daerah Tiongkok dan pengaruh ajaran Buddha semakin berkembang dan terkenal. Namun sebelum ada ajaran Buddha yang berkembang di tiongkok teratai sudah menjadi bagian dari masyarakat Tiongkok.

Jenis-jenis teratai yang berasal dari Mesir ini diantaranya adalah Nympheaea Lotus dan Nympheaea Caerulea. Varietas tersebut merupakan jenis yang hanya memiliki umur satu hari saja, Nympheaea Caerulea mekar pada pagi hari dan tenggelam ke dasar air pada malam harinya sedangkan Nympheaea Lotus akan mekar malam hari dan kembali kuncup pada pagi hari.

Jenis bunga teratai

Teratai memiliki sekitar 50 varietas dengan penyebaran di seluruh dunia dan dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Berikut beberapa jenis teratai:

- Teratai Nymphaea Caerulea


Teratai ini memiliki nama lain lotus biru, lotus Mesir biru, blue waterlily atau bunga biru yang suci merupakan jenis teratai yang berwarna biru sedikit keunguan dan memiliki benang sari kuning yang lumayan banyak. Memiliki ukuran bunga sekitar 10 hingga 15 cm. Jenis teratai Caerulea tergolong unik karena pada saat pagi hari bunganya akan mekar dan muncul ke permukaan air lalu kuncup dan tenggelam pada sore harinya.

- Teratai Nymphaea Heudelotii


Heudelotii merupakan jenis teratai yang memiliki bunga berwarna ungu muda dengan campuran warna kuning pada bagian tengah bunganya. Mempunyai batang yang cukup panjang sehingga bunganya tidak bersentuhan langsung dengan permukaan air sedangkan daunnya berwarna hijau pucat sedikit kecoklatan dengan ukuran relatif kecil.

- Teratai Victoria Amazonica


Victoria Amazonica adalah jenis bunga teratai yang paling dikenal karena memiliki ukuran sangat besar bisa dilihat dari ukuran daunnya yang dapat mencapai hingga 3 meter. Teratai jenis ini dapat tumbuh di perairan dalam hingga 8 meter. Jenis ini berasal dari sungai Amazon yang merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia ini memang dikenal sebagai tempat tinggal bagi berbagai jenis mahluk hidup yang masih terjaga dengan ukuran besar mulai dari flora hingga fauna.

- Teratai Nymphaea calliantha Conard


Teratai jenis ini memiliki warna ungu, merah dan biru yang berasal dari Afrika. Teratai jenis ini jika mekar bunganya bisa memiliki ukuran sekitar 15 cm.

- Teratai Nymphaea colorata


Nymphaea colorata merupakan verietas teratai yang ditemukan pada awal abad ke-19 oleh seorang bernama A.Peter dikawasan Afrika Timur. Jenis ini memiliki warna biru tua bercampur dengan ungu bunganya memiliki kelopak yang berjumlah sekitar 13 hingga 15 buah.

- Teratai Nymphaea Gigantea Violacea


Teratai jenis ini memiliki warna putih bercampur dengan warna ungu pada ujung kelopak bunga dengan diameter daun cukup besar yang dapat mencapai 75 cm. Varietas ini berasal dari Papua New Guinea dan Australia yang termasuk dalam jenis teratai yang hidup di wilayah tropis dan subtropis.

Sekian pembahasan tentang manfaat dan jenis teratai semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk lebih mengenal manfaat dan jenis teratai dan jangan lupa share artikel ini agar semua orang dapat melihat informasi manfaat dan jenis teratai. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat dan Keunikan Bunga Teratai yang Jarang di Ketahui"

Posting Komentar