HUBUNGI KAMI

Jual Paranet Murah
Paranet, Paranet Murah, Jual Paranet, Distributor Paranet, Produsen Paranet, Jaring Paranet, Jaring Hitam, Jaring Peneduh Tanaman, Jaring Peneduh Taman, Jaring Peneduh Kolam, Jaring Peneduh Kolam, Paranet 65%, Jaring Paranet 75%, Jaring Paranet 85%, Harga Paranet, Ukuran Paranet, Paranet Roll.

Hubungi Kami
• Phone: 031- 8830487
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Whatsapp
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Punya Keinginan Menanam Leci? Kamu Klik Disini


Buah leci yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, serat pangan, magnesium, kalium serta flavonoid yang diduga sebagai senyawa antioksidan bagi tubuh. Karena kaya akan nutrisinya membuat buah yang satu ini sering di gunakan sebagai olahan masakan maupun minuman yang menyehatkan. Nah, sebelum di olah kamu perlu tau cara budidayanya! berikut ini cara menanam buah leci.

Baca Juga:




1. Persiapan Lahan Tanam.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah membuat lahan tanam untuk budidaya leci. Lahan tanam haruslah diolah terlebih dahulu. Tanah lahan tanah harus digemburkan dengan cara di bajak maupun di cangkul dengan kisaran kedalaman 30 cm. Selanjutnya perlu membuat lubang tanam dengan diameter ukuran sekitar 60 x 60 x 60 cm. Pastikan tanah galian pada bagian bawah serta bagian atas-nya, harulah dipisahkan.

Lubang tanamnya, dapat kamu diamkan selama sekitar 2 minggu supaya gas beracun menguap dari tanah serta tanah dapat menyesuaikan perubahan baru. Selanjutnya, tanah galian pada bagian bawahnya dapat dikembalikan ke lubang tanam. Pastikan tanah galian pada bagian atasnya dicampurkan dengan pupuk kandang maupun pupuk organik sebelum lahan dikembalikan ke lubang tanam-nya. 


2. Persiapan Bibit Buah Leci.

Buah leci dari teknik tanam biji baik haruslah sudah berumur sekitar 1 - 1,5 tahun, biji dari asal buah haruslah memiliki pertumbuhan yang sehat serta normal. Sebelum menanam dari biji haruslah dilakukan dengan cara beradaptasi benih haruslah maju di lokasi sekitar lahan tamanan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan setempatnya sekitar 1 bulan sebelum waktu masa tanam.

Kebutuhan ukuran dari benih leci tergantung pada hasil penanamannya. Bibit leci harus di tanam dengan jarak sekitar 14 x 14 m atau 12 x 12 m, apabila tanahnya seluas 1 hektar, serta dibutuhkannya 50 - 70 batang bibit leci siap tanam.

Ingin memulai budidaya buah leci, coba kamu klik Disini! kami meyediakan alat pertanian yang murah..

 

3. Menanam Bibit Buah Leci.

Ketika bibit buah leci hasil dari penyemaian sudah mencapai ketinggian 50 cm, maka sudah bisa kamu pindahkan. Untuk memindahkan bibit kedalam lubang tanamnya, maka perlu adanya penyiraman terlebih dahulu supaya memudahkan proses melepas bibit dari polybag semaian. Untuk merobek polybag, bisa kamu gunakan alat bantu seperti menggunakan pisau, kemudian pisahkan bibit beserta tanah semaiannya. Kemudian masukkan bibit ke dalam lubang tanam yang sudah kamu sediakan sebelumnya, kemudian tutup kembali dengan menggunakan sisa tanah campuran pupuk yang telah ada. Lalu lakukan penyiraman setelah bibit selesai ditanam-kan.


4. Perawatan Buah Leci.

Penyiraman.

Penyiraman pada tanaman leci ini dapat dilakukan secara teratur sebanyak 1 hingga 2 kali dalam sehari, yakni ketika di pagi serta sore harinya, jika tidak musim kemarau kamu perlu sering sering menyiramnya hingga tanah lembab, jika memasuki musim hujan kamu cukup memastikan tanah tidak kering. Ketika bibit tanaman memasuki usia dewasa perlu dilakukannya pengurangan dalam penyiramannya secara bertahap, namun ada kalanya penyiraman dilakukan dengan melihat dan memperhatikan pertumbuhan bibit tanaman.

Penyulaman.

Penyulaman, terbaik yakni ketika berada pada musim hujan, agar menanam leci lebih cepat serta dapat menyesuaikan diri dengan salah satu tanaman yang hendak ditanam di muka serta untuk bisa menjaga tanaman supaya tidak mengering.

Penyulaman sendiri dapat dilakukan dengan cara membongkar bibit leci tanaman yang sudah abnormal ataupun mati, kemudian kamu perlu mengantinya dengan bibit leci yang sudah cukup sehat. 

Instalasi Mulsa.

Mulsa bertujuan sebagi menjaga stabilitas kelembaban pada tanah, menekan tumbuhnya gulma, serta mengurangi penguapan pada air dari tanah dan dapat menyuburkan tanah di bagian akar tanaman leci. Mulsa umumnya digunakan bersamaan pada jerami padi serta jerami. Pemasangan mulsa dilakukan sebelum mulai masa tanam. Menginstal mulsa yang baik yakni dengan menyusun jerami ataupun rumput kering menjadi bentuk tikar setebal 3 - 5 cm.

Penyiangan.

Penyiangan dilakukan untuk menghilangkan gulma serta tanaman liar lainnya. Penyiangan pertama biasanya dilakukan ketika bibit sudah ti tanam selama 2 minggu, pada saat yang sama dapat melonggarkan sistem tanah. Penyiangan kedua biasanya dilakukan sekitar 1 - 2 bulan dengan disesuaikan dari melihat pertumbuhan leci. Penyiangan bukan hanya membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar batang akan tetapi juga menambah pemupukan di lubang tanam yang akan digunakan.

Pemupukan.

Pemupukan diperlukan dalam budidaya Leci, untuk memastikan tumbuh kembannya serta hasil dari produksi buah leci tersebut. Jenis - jenis pupuk yang perlu digunakan harulah menggunakan pupuk organik. Pupuk organik ini dapat berupa kotoran hewan ternak, sisa tanaman sudah diproduksi khusus. Jika menggunkan pupuk anorganik atau pupuk buatan parbik  harus menggunkan pupuk itu saja ( pupuk tunggal ), misalnya menggunkan UREA, TSP, KCl,  saja , dengan perbandingan tingkat majemuk pupuk NPK ( 15-15-15 ).


5. Masa Panen Buah Leci. 

Masa Panen buah leci pada kisaran 4 - 5 tahun setelah masa penanaman. Namun bibit buah leci yang sudah banyak dikembangkan waktu ini, dapat menghasilkan buah pada kisara umur 3 tahun seperti varietas buah Leci lainnya.

Pemanenan buah leci dapat dilakukan dengan cara memotong bagian tanglai buahnya, buah leci yang matang akan terasa lebih lunak ketika dipencet, supaya yakin ketika melakukan pemanenan sebaiknya kamu ambil beberapa sampel buah untuk dites kematangan-nya.


Semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Punya Keinginan Menanam Leci? Kamu Klik Disini"

Posting Komentar

LANGGANAN