HUBUNGI KAMI

Jual Paranet Murah
Paranet, Paranet Murah, Jual Paranet, Distributor Paranet, Produsen Paranet, Jaring Paranet, Jaring Hitam, Jaring Peneduh Tanaman, Jaring Peneduh Taman, Jaring Peneduh Kolam, Jaring Peneduh Kolam, Paranet 65%, Jaring Paranet 75%, Jaring Paranet 85%, Harga Paranet, Ukuran Paranet, Paranet Roll.

Hubungi Kami
• Phone: 031- 8830487
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Whatsapp
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Wow, Metode Cepat Berbuah Pohon Nangka Kamu!

 

Nangka  merupakan buah yang disebut dengan Jackfruit. Jackfruit ialah sejenis pohon buah yang masuk dalam suku Moraceaes. Pohon nangka memiliki ketinggian yang bisa mencapai 20 m - 30 m. Buah ini sangat di sukai oleh masyarakat indonesia karena sering di komsumsi serta di olah menjadi beberapa masakan yang lezat lho. kali ini saya menerangkan cara membudidaya pohon nangka simpel dan praktis.

Baca Juga:




1. Syarat Tumbuh.

Hal pertama buah nangka dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian hingga 1300 mdpls, namun akan tumbuh dengan baik ada ketinggian sekitar 1 hingga 800 mdpls. Daerah untuk budidaya nangka memiliki harus memiliki curah hujan sekitar 1500-2500 mm/tahun, memiliki kelembapan udara sekitar 16-35,5°C, memiliki kelembaban serta mendapatkan pancaran sinar matahari secara penuh. Pohon nangka juga dapat tumbuh di berbagai jenis tanah lho, tapi pohon nangka lebih menyukai jenis tanah aluvials, tanah liat berlempung ataupun tanah liat yang berpasir dalam, serta memiliki irigasi yang baik dan bagus. Kandungan pH tanah yang baik untuk menanam nangka sekitar 6 hingga 7.


2. Persiapan Bibit serta Penyemaian Bibit. 

Bibit nangka dapat diperoleh dari biji ataupun dengan teknik okulasi. Jika kamu ingin menanam buah nangka mulai dari biji maka harus memilih biji yang tua serta yang matang kemudian di bersihkan dengan air, lalu dijemur di bawah matahari sekitar 2 jam lebih. Setelah di jemur, rendam kembali biji nagka dengan air hangat sekitar 2 hari penuh, lalu lakukan penyemaian. Sebelum itu siapkan dahulu tempat persemaian yakni berupa polybag yang di isi dengan media tanam berupa campuran tanah serta pupuk kandang. Jika tempat semai sudah siap, penyemaian dapat dilakukan. Benamkan biji benih nangka 1 biji pada 1 polybag. Lakukan penyiraman secara rutin sekali sehari pada sore hari saja. Jika bibit sudah memiliki tinggi sekitar 50-70 cm serta memiliki diameter batang sekitar 1,5 cm, bibit nangka dapat di pindahkan pada lahan tanam yang lebih luas lagi.


3. Lahan Tanam.

Ketika kamu hendak melakukan budidaya tanaman nangka memerlukan lahan tanam yang luas, karena pohon nangka memerlukan ruang tumbuh yang lebar, serta dapat membentuk batang pohon yang rindang. Usahakan lahan tanam untuk menanam nangka jauh dari bangunan lainnya, karena di takutkan akan merusak bangunan akibat akar pohon nangka tersebut. Ketika hendak menanam buatlah lubang tanam pada lahan tanam dengan ukuran sekitar 60x69 cm dengan kedalaman lubang sekitar 45-60 cm, serta beri jarak antar lubang sekitar 6-7m . Setelah lubang selesai, isi lubang dengan pupuk kandang atau kompos hingga setengah bagian pada lahan tanah yang dilubang. Diamkan selama sekitar 3 minggu sebelum kamu tanam.


4. Menanam Bibit Nangka.

Setelah Bibit dan lubang tanam siap, lakukan penanaman. Sobek dahulu polybag tanam dengan hati-hati agar media tanamnya tidak hancur, Setelah itu masukan bibit perlahan kedalam lubang tanam, timbun kembali bibit dengan tanah hasil galian lubang kemudian padatkan . Setelah penanaman selesai maka lakukan penyiraman pada bibit. Penanaman baik dilakukan di awal musim hujan.


5. Perawatan Tanaman Nangka.

Penyiangan :

Lakukan penyiangan terhadap gulma ataupun tanaman pengganggu lainnya disekitar tanaman nangka kamu agar nutrisi pada tanah yang dibutuhkan oleh nangka tidak direbut oleh gulma atau tanaman pengganggu lainya.

Pemupukan Susulan :

Lakukan pemupukan susulan dengan pupuk kandang ataupun kompos setelah tanaman sudah berumur sekitar 6 bulan.

Pembasmian hama :

Jika tanaman kamu terserang hama, lakukan pembasmian hama tersebut dengan insektisida sesuai dosis yang dianjurkan serta jika ada dahan yang sudah terkena segera lah potong lalu bakar menjauh dari pohon.


6. Pemanenan Nangka.

Pohon nangka yang ditanam dari biji, maka akan berbuah setelah berumur sekitar 5-7 tahun. Jika nangka ditanam mulai dari bibit okulasi maka nangka akan mulai berbuah setelah berumur sekitar 2-5 tahun setelah masa tanam. Pemanenan bisa dilakukan saat nangka masih muda ataupun sudah tua. Semakin tua buah pohon nangka semakin nikmat pula rasa buahnya.


Nah, di atas merupakan tata cara menanam buah nangka dengan media tanam yang luas. Pastikan sebelum kamu membudidaya tumbuhan nangka kamu sudah banyak menyimpan referensi budidaya untuk menunjang keberhasilan pohon nangka kamu. Sekian, Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wow, Metode Cepat Berbuah Pohon Nangka Kamu!"

Posting Komentar

LANGGANAN