HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Paranet Untuk Melindungi Bibit Tanaman dari Hujan

Dalam kegiatan membudidayakan tanaman pasti diawali dengan tahap pembibitan. Pembibitan adalah kegiatan menanam benih berupa biji atau bagian tanaman lainnya untuk mendapatkan tanaman awal dengan umur dan ketinggian tertentu hingga siap untuk di tanam di lahan atau disebut dengan tahap penyemaian. Tahap pembibitan juga bermanfaat agar tanaman dapat beradaptasi terlebih dahulu dengan kondisi lingkungan terutama kondisi tanah. Selain itu, tanaman akan memiliki akar yang cukup untuk tumbuh dan menyerap nutrisi dari tanah.

Namun di lapangan tahap pembibitan tanaman ini seringkali mengalami kendala, terutama kendala cuaca. Contohnya ketika musim hujan. Air hujan dapat merusak bibit tanaman. Akar bibit yang masih kecil dan belum mampu mencekram tanah dengan kuat tidak akan mampu menahan arus hujan. Hujan dengan tekanan tinggi jatuh akan menimpa lahan dan tanaman. Hujan akan mengikis sebagian tanah di permukaan hingga kedalaman tertentu, sehingga bibit tanaman dapat keluar dari tanah dan akhirnya tumbang bahkan bisa tersapu air hujan. Tentunya hal ini tidak Anda inginkan. Berapa banyak kerugian yang akan Anda tanggung jika bibit tanaman Anda rusak?. Solusi dari masalah ini adalah dengan menghalau datangnya hujan dan mengurangi tekanan jatuhnya hujan ke lahan atau tanaman, yakni dengan menggunakan penghalang. Paranet adalah solusinya.

Paranet adalah sebuah perangkat semacam jaring yang pada awalnya diperuntukan hanya untuk pertanian. Paranet awalnya difungsikan untuk mengahalau sebagian besar sinar matahari yang dating ke lahan atau tanaman dan sebagian lagi sinar tersebut diloloskannya. Namun paranet juga dapat digunakan untuk menghalau dan mengurangi tekanan air hujan yang dapat merusak bibit tanaman. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
1. Siapkan bambu atau kayu selebar 4-5 sentimeter dan panjang 1 meter dengan jumlah sesuai kebutuhan.

2. Kemudian tancapkan kayu atau bambu tersebut mengelilingi area yang ditanami bibit tanaman. Jarak antar kayu atau bambu sekitar 1 meter.

3. Lalu pasang paranet di bagian atas lahan. Permukaan paranet menghadap ke lahan. Jarak antar pucuk tanaman bibit ke paranet tergantung jenis tanaman. Jika bibit adalah tanaman kayu, maka jarak pucuk ke paranet biasanya antara 20-30 cm saja. Namun jika yang ditanaman adalah bibit tanaman sayur, maka ketinggian paranet ke lahan sekitar 80-100 cm. Jarak pada tanaman kayu lebih dekat karena bibit kayu memiliki akar lebih kuat dan batang lebih tinggi sampai siap di tanam.

4. Pada kayu atau bambu yang telah ditancapkan tadi, disetiap kayu atau bambu paranet di ikat dengan tali plastik atau tali rapia. Penggunaan tali plastik agar tidak merusak paranet dan memudahkan kita dalam melepasnya.

5. Jika Anda juga ingin sekaligus menghalau hewan-hewan penggangu seperti ayam, kucing, dan anjing Anda bisa menggunakan paranet di sekelilingnya. Namun perlu diberi jarak kosong antara paranet atap dengan paranet samping untuk memaksimalkan aerasi udara bebas dan memudahkan pengontrolan.

Nah mudah bukan membuat pelindung bibit tanaman Anda dari hujan. Untuk ukuran paranet anda dapat menggunakan sesuai kebutuhan. Karena semakin besar ukuran paranet maka paranet akan semakin rapat dan semakin kuat. Namun Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan bibit tanaman akan sinar matahari. Mungkin Anda bisa menggunakan paranet dengan kerapatan 75-80%. Dengan menggunakan paranet, selain membantu menahan air hujan juga membantu mengurangi sinar matahari.

Pada tahap pembibitan atau di awal-awal tanaman tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari. Anda bisa menggunakan paranet berbahan plastik. Karena selain lebih tahan cuaca juga lebih mudah dibersihkan. Soal bajet Anda tidak perlu khawatir. Harga paranet relatif terjangkau dan dapat bertahan lama sampai 3 tahun. Bahkan untuk beberapa paranet impor, bisa bertahan hingga 5 tahun, namun harganya sedikit lebih mahal tentunya. Begitulah bahasan paranet untuk melindungi bibit tanaman dari hujan, semoga bermanfaat.
# Jangan lewatkan baca juga Pabrik Paranet, Jual Paranet Jaring Peneduh Tanaman Merk Surya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Paranet Untuk Melindungi Bibit Tanaman dari Hujan"

Posting Komentar