HUBUNGI KAMI

Jual Paranet Murah
Paranet, Paranet Murah, Jual Paranet, Distributor Paranet, Produsen Paranet, Jaring Paranet, Jaring Hitam, Jaring Peneduh Tanaman, Jaring Peneduh Taman, Jaring Peneduh Kolam, Jaring Peneduh Kolam, Paranet 65%, Jaring Paranet 75%, Jaring Paranet 85%, Harga Paranet, Ukuran Paranet, Paranet Roll.

Hubungi Kami
• Phone: 031- 8830487
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Whatsapp
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Paranet Solusi Praktis Kakaban Peternakan Ikan Lele Anda

Anda seorang peternak ikan lele? Bila iya tentu anda sudah sangat paham dengan episode-episode perkembangbiakan ikan lele. Salah satu episode dari perkembangbiakan ikan lele adalah proses pemijahan. Pemijahan adalah proses pembuahan telur oleh sperma. Setelah proses pemijahan tersebut biasanya induk ikan lele akan mengeluarkan telurnya. Ketika telur-telur tersebut dikeluarkan oleh induknya dibutuhkan medium sebagai tempat meletakan bakal calon ikan lele yang disebut dengan kakaban.

Pada umumnya peternak ikan lele akan menggunakan kakaban yang berbahan dasar ijuk. Sayangnya saat ini ketersediaan kakaban yang terbuat dari ijuk sangatlah langka. Ketidaktersediaan ijuk dengan kualitas baiklah yang menyebabkan kelangkaan kakaban yang terbuat dari ijuk. Hal inilah yang melatar belakangi para peternak ikan lele beralih ke kakaban yang terbuat dari paranet.

Paranet adalah sebuah jaring yang terbuat dari plastik atau nylon. Paranet  atau shading net merupakan jaring peneduh atau penghalang sinar matahari dari tanaman. Dahulu paranet hanya digunakan dibidang pertanian saja, namun seiring dengan perkembangan zaman paranet banyak juga digunakan dibidang-bidang lain selain pertanian. Seperti saat ini paranet banyak digunakan dibidang peternakan, khususnya dikalangan peternak ikan lele. Para peternak ikan lele menggunakan paranet sebagai kakaban telur ikan. Kakaban dari paranet dipilih para peternak karena paranet lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan ijuk.

Selain itu harga paranet juga tergolong lebih murah bila dibandingkan dengan ijuk, karena kakaban yang terbuat dari paranet akan lebih awet dibandingkan dengan kakaban yang terbuat dari ijuk. Kakaban dari paranet juga dapat dipakai berulang-ulang, sedangkan kakaban dari ijuk hanya dapat dipakai satu kali saja karena ujuk akan mudah membusuk setelah terendam air jadi tidak dapat dipakai berulang-ulang. Kakaban dari paranet juga mudah dibersihkan, setelah telur-telur ikan lele menetas anda dapat mengangkat kakaban yang terbuat dari paranet untuk dibersihkan dengan cara dicuci menggunakan sabun.

Setelah anda mengetahui keunggulan atau kelebihan kakaban dari paranet, kini saatnya anda membuat kakaban menggunakan paranet. Cara pembuatan kakaban menggunakan paranet sangatlah sederhana, anda hanya perlu menyiapkan kayu atau bambu sebagai kerangkanya dan paranet sebagai alas dari kakaban.
Berikut cara pembuatan kakaban dengan paranet:
1. Buatlah kerangka kakaban berbentuk persegi empat dari kayu atau bambu. Sesuaikan panjang kerangka kakaban dengan panjang kolam, untuk lebar dibuat sekitar 30-40 cm, bila ingin anda lebihkan juga tidak apa-apa. Sesuaikanlah ukuran kerangka kakaban dengan kebutuhan anda.

2. Potong paranet sesuai dengan ukuran kerangka kakaban dan berikan tambahan kurang lebih sekitar 10 cm pada setiap sisi paranet.

3. Pasang paranet mengikuti pola dari kerangka kakaban. Untuk menghindari luka pada induk ikan lele gunakan tali rafia atau tali plastik yang lainnya dalam pemasangan paranet pada kerangka. Mengapa harus tali plaastik bukan paku? Karena apabila pemasangan paranet menggunakan paku, dikhawatirkan akan terdapat sisa ujung-ujung paku yang tajam akan meyebabkan luka gesek pada tubuh induk ikan lele.

4. Berikan pemberat di seiap ujung kakaban agar kakaban dari paranet tidak terapung. Pemberat disini dapat berupa batu seperti batu bata maupun batu kali.

5. Usahakan kakaban dari paranet tidak terapung dan tidak tenggelam, jadi sebaiknya posisi kakaban dari paranet adalah melayang. Ketika kakaban dari paranet terapung maka induk ikan lele akan susah menaruh telurnya didalam kakaban, sementara itu ketika kakaban berada dalam posisi tenggelam akan mengancam kehidupan ikan-ikan lele yang baru saja menetas, karena kakaban yang bersentuhan langsung dengan lantai kolam dapat menyebabkan ikan-ikan lele yang baru menetas terjepit dan mati.

Bagaimana? Mudah bukan membuat kakaban dengan paranet, jadi tunggu apa lagi beralihlah pada penggunaan kakaban dengan paranet dari sekarang. Cara pembuatanya yang mudah dan kualitasnya yang terjamin serta harganya yang terjangkau akan membuat bisnis ternak ikan lele anda semakin maju.
Baca juga Paranet Sebagai Tutup Kolam Ikan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Paranet Solusi Praktis Kakaban Peternakan Ikan Lele Anda"

Posting Komentar