HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Kupas Tuntas Soal Hortikultura, Ternyata Ini Jenis-jenisnya!


Hortikultura mungkin masih menjadi istilah yang asing bagi sebagian besar orang. Namun, ketika mereka diberitahu bahwa merawat beragam jenis tanaman hias, menanam tanaman tomat dalam arti kebun, serta memotong rumput ialah kegiatan hortikultura, istilah itu tiba-tiba menjadi lebih jelas. Hortikultura termasuk produksi serta penggunaan tanaman guna makanan, kenyamanan, serta keindahan.

Baca Juga :
- Tips Jitu Penyadapan Pohon Karet yang Benar
- Mengenal Saffron, Rempah dengan Segudang Manfaat

Produksi serta konsumsi buah serta sayuran berkualitas tinggi memungkinkan kita mempertahankan pola makan harian yang sehat serta seimbang. Bunga serta tanaman hias berkontribusi pada keindahan lingkungan di sekitar kita. Hortikultura memengaruhi kehidupan kita setiap hari dengan menyediakan buah serta sayuran yang bergizi, menawarkan keindahan visual, serta lain-lain.

Jika di atas sudah dijelaskan tentang klasifikasi serta pengertian tanaman hortikurtura, barangkali apa saja contoh tanaman hortikultura perlu diketahui. Beberapa contoh tanaman hortikultura antara lain :

Tanaman Buah : durian, jeruk, rambutan, mangga, semangka, strawberry, sawo, dll
Tanaman Sayuran : bayam, kol, tomat, sawi, kacang-kacangan, dll
Tanaman Hias : mawar, anggrek, calathea, lidah buaya, bonsai, dll
Tanaman Obat : kumis kucing, kunyit, jahe, cabe jawa, dll

Contoh di atas barulah sedikit dari banyaknya tanaman hortikultura yang ada. Anda dapat menambahkannya sendiri selama itu masih sesuai dengan ciri-ciri di atas maka dapat juga dikategorikan sebagai tanaman hortikultura.

Cara Budidaya

>Persiapan Lahan

Persiapan lahan merupakan tahap awal yang penting guna menanam hortikultura. Bagaimana persiapan lahan diperlukan bakal tergantung pada:

Jenis tanaman yang bakal dibudidayakan, ukuran tanaman, serta umur panennya
Teknik budidaya yang bakal dilakukan. Apakah menggunakan sistem organik, hidroponik ataukah konvensional
Luas lahan yang bakal digunakan

>Pembibitan

Pembibitan ini dilakukan guna mendapatkan tanaman yang nantinya bakal dibudidayakan. Ini juga dapat disebut sebagai proses perbanyakan tanaman. Cara memperbanyak tanaman dapat dilakukan dengan dua cara yakni generatif (menggunakan biji) serta vegetatif yang menggunakan bantuan tangan manusia.

Di lingkup vegetatif sendiri masih dibagi ke dalam beberapa teknik yaitu : cangkok, stek batang, runduk, stek daun, okulasi serta sambung pucuk (enten). Namun yang menjadi favorit biasanya cangkok serta stek batang karena cara yang digunakan tergolong tidak terlalu susah.

Jika cangkok, jenis tumbuhan yang dapat digunakan ialah tanaman berkayu, sedangkan stek batang biasanya digunakan ketika menemui jenis batang yang usianya sudah cukup tua serta dapat dilakukan stek.

Mana yang bakal digunakan? Lakukan sesuai dengan karakteristik masing-masing jenis tanaman. Karena berbeda jenis tanaman yang dibudidayakan maka kebutuhannya juga bakal berbeda-beda.


>Penanaman

Bibit tanaman yang sudah dipersiapkan, apabila sudah cukup umur, dapat di tanam di lahan. Penanaman bakal sangat baik jika dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam. Pemilihan waktu tersebut dilakukan dengan pertimbangan guna mengurangi tingkat kerusakan bibit akibat panasnya sinar matahari.

>Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman dilakukan dengan melakukan pemupukan, penyiangan, serta pencegahan terhadap serangan hama serta penyakit tanaman. Tentu saja bagaimana cara melakukannya bakal tergantung dari jenis tanaman yang diusahakan.

>Pemanenan

Ini ialah masa yang ditunggu-tunggu oleh setiap petani ketika menanam tanaman. Panen dilakukan dengan mengambil daun, buah, batang atau akar tanaman sesuai dengan jenis tanaman yang dibudidayakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kupas Tuntas Soal Hortikultura, Ternyata Ini Jenis-jenisnya!"

Posting Komentar