HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Memilih Lokasi yang Tepat untuk Menanam Jagung

Jual Paranet High Quality - Lim Corporation

Tanaman jagung berasal dari daerah tropis, tetapi masih bisa tumbuh menyesuaikan iklim di luar daerah tropis. Untuk menghasilkan tanaman yang tumbuh optimal dan menghasilkan banyak tongkol dengan bijinya yang banyak, Anda harus memilih lokasi dan iklim yang tepat untuk menanam jagung agar dapat menunjang pertumbuhannya. Lokasi menanam jagung pada dasarnya cukup mudah untuk ditentukan.

Lokasi menanam jagung hanya perlu memerhatikan beberapa hal berikut di bawah ini.

Ketinggian tempat
Jagung bisa ditanam di berbagai daerah, baik dataran rendah hingga dataran tinggi. Di Indonesia, jagung biasanya ditanam di daerah dataran rendah, baik di tegalan, sawah tadah hujan, dan sawah irigasi. Jagung yang ditanam di dataran tinggi bisa dilakukan di ketinggian 1.000—1.800 mdpl.

Jenis tanah
Tanah merupakan tempat tumbuhnya tanaman sekaligus menjadi sumber nutrisi yang menunjang pertumbuhan tanaman. Dari tanah-lah jagung akan mendapatkan suplai air dan unsur hara. Pada dasarnya jagung bisa tumbuh hampir di setiap jenis tanah. Bahkan, jagung bisa ditanam di tanah kering, berpasir, atau tanah liat berat.

Jenis tanah yang bisa ditanami jagung adalah andosol yang bersal dari gunung berapi, latosol, dan grumsol. Tanah grumsol yang akan digunakan harus diolah terlebih dahulu untuk menciptakan drainase dan aerasi yang baik. Tanah latosol menjadi jenis tanah yang disukai karena tanah liat dapat menahan lengas yang tinggi.

Selain jenis tanah, tingkat keasaman tanah yang baik bagi jagung berkisar 5,5—7. Derajat keasaman tanah berpengaruh terhadap ketersediaan unsur hara tanaman. Jagung cukup toleran terhadap tanah basa. Namun, jika pH dibawah 5,5, jagung tidak bisa tumbuh maksimal karena mengalami keracunan ion aluminium.Jagung bisa ditanam di dataran miring dengan kemiringan maksimum 8 persen karena memiliki risiko erosi tanah yang kecil.


Curah hujan dan kebutuhan air
Tanaman jagung membutuhkan air yang cukup banyak, terutama pada saat memasuki masa pertumbuhan awal, berbunga, dan pengisian biji. Kekurangan air akan menyebabkan hasil produksi menurun. Kebutuhan air setiap varietas jagung berbeda-beda. Namun, umumnya jagung membutuhkan 2 liter air per tanaman per hari saat kondisi panas dan berangin.

Cahaya matahari dan suhu yang optimal
Tanaman jagung memerlukan sinar matahari yang cukup secara langsung untuk menunjang pertumbuhannya. Penyinaran secara langsung akan memengaruhi hasil produksi menjadi lebih maksimal. Pohon yang ternaungi akan menghasilkan tongkol yang kurang baik, bahkah bisa tidak berbentuk buah.

Suhu yang dikehendaki untuk pertumbuhan jagung adalah sebesar 27—32°C. Pada suhu 21—27°C dapat mendukung perkecambahan benih yang optimal.


Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaparanet

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Lokasi yang Tepat untuk Menanam Jagung"

Posting Komentar