HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Yuk Simak Sifat Botani Pada Pohon Salak

Jual Paranet High Quality - Lim Corporation

Salak termasuk tanaman monokotil (berkeping biji tunggal). Tanaman salak disebut pula snake fruit dan bersifat merumpun. Pada batang di bawah tanah tumbuh tunas anakan.

1. Daun dan cabang
Salak memiliki daun panjang dengan urat utama kuat seperti pada kelapa (yang dapat dijadikan lidi). Seluruh bagian daun berduri tajam. Batangnya pendek, tetapi lama-kelamaan meninggi hingga 3 m atau lebih. Batangnya yang kecil akan roboh karena tidak mampu membawa beban mahkota daun yang terlalu berat. Tanaman salak hanya mempunyai akar serabut, tidak berakar tunggang.

2. Bunga
Bunga salak ada tiga macam, yakni bunga betina, jantan, dan campuran (sempurna). Bunga jantan terbungkus oleh seludang (spandex) dengan tangkai panjang. Di perkebunan salak, bunga jantan sering dijual di pasar sebagai sumber pejantan. Bunga betina terbungkus oleh seludang dengan tangkai pendek. Bunga (seludang) muncul dari ketiak pelepah daun. Di Indonesia dikenal tiga macam pohon salak dalam satu varietas atau kultivar, yaitu sebagai berikut.

Salak sempurna campuran (tipe A)
Pohon salak jenis ini mempunyai seludang bunga jantan dan seludang bunga sempurna (hermafrodit) yang seluruhnya fertil, misalnya salak bali. Dengan demikian, kemungkinan besar tanaman menyerbuk sendiri (self pollination).

Salak betina (tipe B)
Pohon salak betina mempunyai seludang bunga jantan rudimenter (tumbuh kerdil). Sementara itu, bunga jantan dari seludang bunga sempurna rudimenter pula. Dengan demikian, yang tampak hanya bunga betina saja.


Salak jantan (tipe C)
Pohon salak jantan hanya mempunyai seludang jantan yang fertil. Sementara itu, bunga betina pada seludang bunga sempurna termasuk rudimenter.

Dengan demikian, yang tampak hanya bunga jantan saja. Tipe salak B dan C di antaranya banyak terdapat pada salak swaru, pondoh, dan condet. Bunga salak menyerbuk silang dengan perantara (polinator) berupa kumbang moncong Curculinoid sp, tetapi di luar negeri dikenal pula perantara lain yang disebut Nodocnemis sp.

3. Buah
Setiap buah salak mempunyai tiga bakal biji yang dibungkus daging (sarcotesta) yang lunak dan enak dimakan. Namun, yang menjadi biji besar sempurna antara 1—2 butir. Sarcotesta dibalut oleh selaput tipis tidak tembus air dan transparan (tembus cahaya). Kulit buah salak berupa sisik berbentuk segi tiga, berwarna kuning hingga cokelat kehitaman. Ujung kulit buah tumpul hingga meruncing berbentuk kerucut. Ujung buah melekat pada tangkai tandan. Setiap tandan terdiri dari 15—40 buah. Bijinya keras. Setelah matang, buah berwarna kuning hingga kehitaman. Namun, bijinya tidak dapat disimpan lama (tidak boleh lebih dari dua minggu). Bila disimpan lama atau terlalu lama terkena sinar matahari, embrionya akan mati (tidak mampu tumbuh).

4.  Akar
Akar serabut tanaman salak banyak dan kuat sekali. Akarnya dapat tumbuh dangkal hingga dalam.

Distributor Paranet Tanaman

Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaparanet

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Simak Sifat Botani Pada Pohon Salak"

Posting Komentar