HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Menjanjikannya Usaha Budidaya Cacing Tanah

Jual Paranet High Quality - Lim Corporation

Menjalankan usaha budidaya cacing tanah bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin berbisnis di bidang peternakan. Pasalnya, memelihara cacing mendatangkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Benarkah demikian?
Cacing tanah selama ini dipandang sebagai hewan menjijikkan. Tetapi, bagi sebagian besar masyarakat Dusun Mloyo, Desa Tasikhargo, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri, memelihara cacing dijadikan usaha sampingan yang cukup menguntungkan selain bertani.

Jika tertarik untuk menekuni usaha budidaya cacing, Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang sangat banyak. Selain modal relatif kecil, hemat lahan, perawatannya pun mudah serta murah. Dan yang jelas, budidaya cacing ini bisa menghasilkan uang jutaan rupiah. Salah satu peternak cacing yang cukup sukses adalah Gatot Kuswoyo.

Setiap dua bulan sekali, pria ini bisa menjual hewan peliharaannya minimal 50 kilogram (kg), sekali panen, dengan harga penjualan sekira Rp1,5 juta.

Modal awal paket hemat usaha cacing ini relatif kecil, yakni sekira Rp1,2 juta untuk pembelian bibit dan media cacing. Cukup satu kali mengeluarkan modal, peternak cacing bisa panen selamanya setiap dua bulan sekali.

“Budidaya cacing memerlukan tempat teduh, tetapi tidak perlu lahan luas. Untuk paket yang hemat, cukup anda dibuatkan rak susun setinggi dua meter berukuran tiga meter kali lima puluh sentimeter,” ujar Gatot.

Setelah rak pemeliharaan telah disiapkan, selanjutnya bibit serta media cacing tinggal disebar merata di setiap lantai rak. Pakan hewan ini pun tidak perlu membeli, tetapi cukup diberi daun-daunan, atau limbah organik bekas sayur dan buah-buahan yang bisa kita dapatkan di pasar.


“Bisa juga diberi sisa-sisa nasi dan ampas tahu. Meski mudah serta murah, usaha cacing ini butuh ketekunan serta ketelatenan jika ingin berhasil,” ungkapnya.

Ketua kelompok peternak cacing Wonogiri, Wiji Erna Elisabeth mengatakan, sedikitnya ada 60 peternak cacing dengan hasil produksi antara satu setengah hingga dua kuintal setiap minggu. Hasil panen cacing ini, di pasar lokal banyak dimanfaatkan para pemancing dan peternak burung.

“Sedangkan untuk pasar lebih besar, panenan cacing dikirim ke Jakarta dan Surabaya untuk industri pakan ternak. Komoditas cacing tanah asal Indonesia, juga diekspor ke Tiongkok sebagai bahan baku obat dan kosmetik,” tambahnya.

Membudidayakannya pun terbilang sangat mudah, yakni cukup dibuatkan rak susun setinggi dua meter berukuran tiga meter kali lima puluh sentimeter. Semakin banyak rak pemeliharaan cacing, semakin besar pula hasil panenan. Di rak-rak tersebut, bibit serta media cacing tinggal ditebarkan dengan merata, lalu setiap hari diberi pakan secukupnya.

Pada budidaya cacing pakannya berupa dedaunan, gedebok pisang, limbah organik sayuran, buah-buahan, nasi, maupun ampas tahu. Jadi, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli pakan cacing bukan?


Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaparanet

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjanjikannya Usaha Budidaya Cacing Tanah"

Posting Komentar