HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Jitu Menanggulangi Tanaman Padi Roboh Sebelum Masa Panen

Jual Paranet High Quality - Lim Corporation

Tanaman padi rebah (roboh) sebelum waktunya panen merupakan salah satu penyebab hilangnya hasil panen dan mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Tanaman padi yang roboh akan mengalami kerusakan dibagian batang dan kerontokan bulir gabah. Apabila terjadi pada tanaman padi yang baru saja berbulir dapat menyebabkan perkembangan bulir yang tidak maksimal karena transfer unsur hara tidak sempurna.

Dalam kasus tanaman padi yang roboh seringkali terjadi menjelang panen terlebih pada musim penghujan. Padi roboh disebabkan oleh terpaan angin dan hujan. Lalu, bagaimana supaya tanaman padi kokoh dan tidak roboh? Salah satunya adalah dengan menanam benih padi unggul yang tahan rebah. Jika padi tetap saja rebah berarti ada faktor lain yang luput diperhatikan, misalnya pemupukan yang tidak berimbang.

5 Penyebab Tanaman Padi Rebah

Rebah pada tanaman padi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor alam seperti angin kencang dan hujan lebat, benih yang digunakan, serangan hama penyakit dan faktor pemupukan. Berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan tanaman padi bisa roboh;

1). Angin Kencang

Angin kencang yang menerpa tanaman padi menyebabkan tanaman padi roboh terutama pada tanaman padi dari varietas dengan batang yang tinggi.

2). Hujan Lebat

Seperti hujan deras disertai angin kencang, hujan deras juga menyebabkab tanaman padi roboh. Air hujan menyebabkan beban batang tanaman padi bertambah berat sehingga roboh karena tidak kuat menahan daun dan bulir yang basah.

3). Varietas Benih

Kondisi padi dengan batang yang tinggi lebih rawan roboh terutama pada musim hujan. Oleh karena itu, pada saat musim hujan disarankan menggunakan varietas yang memiliki batang tidak terlalu tinggi.


4). Terlalu Banyak Pemberian Pupuk Nitrogen

Pupuk nitrogen yang berlebih menyebabkan tanaman padi tumbuh terlalu subur sehingga beban tanaman menjadi lebih berat. Terlalu banyak unsur N menyebabkan batang tanaman padi tidak kokoh dan rawan rebah.

5). Serangan Hama Penyakit

Serangan hama atau penyakit yang terjadi pada pangkal batang tanaman padi menyebabkan batang padi rusak atau membusuk sehingga mudah roboh.

Ada 4 Cara untuk Mencegah Tanaman Padi agar Tidak Roboh
Cara yang paling sering digunakan untuk menangani tanaman padi yang sudah terlanjur rebah yaitu dengan mengikat dan menyatukan beberapa rumpun tanaman padi sehingga bisa tegag berdiri.

Namun cara ini kurang efektif karena membutuhkan banyak waktu dan tenaga serta perkembangan bulir tidak maksimal apabila rebah terjadi pada saat proses pengisian bulir.

Berikut ini cara agar batang tanaman padi kokoh serta beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah tanaman padi rebah atau roboh ;

1). Menggunakan varietas padi unggul yang memiliki batang tidak terlalu tinggi supaya tidak mudah rebah ketika diterpa angin kencang dan hujan lebat. Varietas padi tahan roboh contohnya Pamera, Ciherang, Inpari 33, Inpari 42 Agritan GSR, Ketan Grendel, Inpari 43 Agritan GSR.

2). Pemupukan yang cukup, pemberian pupuk nitrogen memang membuat tanaman padi menjadi lebih hijau dan subur. Tetapi, apabila berlebihan, unsur nitrogen menyebabkan tanaman padi terlalu subur dan rentan roboh. Oleh karena itu lakukan pemupukan secara berimbang.

3). Memperkuat batang tanaman padi dengan pupuk phosphat dan kalium. Pupuk dengan kandungan unsur P (phosphat) dan K (kalium) berfungsi untuk memperkuat batang tanaman padi sehingga menjadi kokoh dan tidak mudah roboh.

4). Pengendalian hama dan penyakit, serangan hama dan penyakit dapat menyebabkan tanaman padi lemah dan mudah roboh. Pengendalian hama dan penyakit terutama yang menyerang pangkal batang sebaiknya dilakukan sedini mungkin.

Distributor Paranet Tanaman

Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaparanet

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Jitu Menanggulangi Tanaman Padi Roboh Sebelum Masa Panen"

Posting Komentar