HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

3 Metode Penggemukan Sapi Paling Ampuh, Sudah Tahu Caranya?

Jual paranet High Quality - Lim Corporation

Metode penggemukan sapi dibagi menjadi tiga, yaitu dry lot fattening, pasture fattening, dan kombinasi. Anda bisa memilih salah satu dari 3 metode tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan Anda.

Dry lot fattening

Metode penggemukan sapi dry lot fattening dapat dilalukan dengan cara menempatkan sapi di dalam kandang sepanjang waktu. Pakan yang diberikan harus berupa hijauan dan konsentrat. Pada metode ini, konsentrat menjadi sumber pakan dengan komposisi yang paling dominan. Perbandingan antara hijauan dengan konsentrat kira-kira sebesar 40:60 bahkan sampai 20:80. Perbandingan tersebut dibuat berdasarkan bobot bahan kering.

Hijauan pada proses penggemukan tetap dibutuhkan. Apabila sapi sudah diberikan seluruh porsi pakan untuk satu hari namun masih terihat lapar, Anda dapat memberikannya hijauan. Hal tersebut akan menguntungkan peternak karena laju pertumbuhan bobot akan semakin cepat.

Keuntungan dari metode ini adalah modal yang tidak terlalu besar karena hanya perlu membeli bakalan sapi yang harganya relatif murah dan kemudahan dalam mengumpulkan kotoran ternak agar bisa diolah kembali.

Di Jawa Tengah, metode ini dikenal dengan kereman. Kereman dilakukan dengan menempatkan sapi di dalam kandang (dikerem) selama 4—6 bulan, bahkan ada yang sampai 12 bulan.

Pasture fattening

Metode penggemukan sapi pasture fattening dilakukan di padang penggembalaan sepanjang hari. Sapi harus dimasukkan ke kandang pada malam hari atau pada saat matahari sedang terik. Sapi tidak diberikan pakan penguat atau konsentrat. sehingga, sumber pakan untuk sapi hanyalah rumput yang terdapat di tempat gembala.


Sebagai peternak pasti akan menanam leguminosa untuk menjaga produktivitas sapi di ladang gembala. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kualitas pakan yang akan dimakan oleh sapi. Leguminosa mempunyai kemampuan untuk menangkap nitrogen sehingga tanah di bawahnya menjadi sangat subur. Tanah yang subur akan mempercepat pertumbuhan rumput.

Leguminosa juga mengandung protein yang tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh sapi yang sedang diternak. Metode ini terbilang lebih murah karena biaya pakan dan tenaga kerja yang dibutuhkan tidak sebesar metode dry lot fattening. Namun, waktu yang dibutuhkan akan lebih lama dan pada musim kemarau peternak harus tetap memberikan hijauan jika rumput di padang mengering.

Kombinasi

Metode kombinasi dilakukan dengan menggabungkan kedua metode sebelumnya. Pada musim hujan saat hijauan sedang berlimpah sapi akan digembalakan ke padang rumput. Sementara, saat masuk musim hujan, sapi akan dikandangkan.

Atau, bisa dilakukan dengan cara pada pagi hari sapi dikeluarkan ke padang rumput. Lalu, untuk malam harinya sapi dimasukkan ke dalam kandang dan diberikan konsentrat.


Distributor Paranet Tanaman

Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaparanet

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Metode Penggemukan Sapi Paling Ampuh, Sudah Tahu Caranya?"

Posting Komentar