HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Info Penting, Berikut 7 Faktor yang Mempengaruhi Pengemposan

Jual Paranet High Quality -Lim Corporation

Ada beberapa faktor yang memengaruhi pengomposan, yakni nilai C/N bahan, ukuran bahan, campuran bahan, mikroorganisme yang bekerja, kelembapan serta aerasi, suhu, dan keasaman pH. Seluruh faktor tersebut harus diperhatikan supaya bisa menghasilkan kompos yang baik. Simak ulasan lebih lengkap di bawah ini mengenai faktor yang memengaruhi pengomposan.

Baca Juga : 
Nilai C/N bahan

Nilai C/N pada bahan baku pembuatan kompos akan memengaruhi lamanya pembuatan kompos. Semakin renah kandungan nilai C/N bahan, waktu yang diperlukan buat pengomposan akan semakin singkat.

Ukuran bahan

Besaran bahan juga berpengaruh pada waktu yang diperlukan buat proses pengomposan. Semakin kecil ukuran bahan membuat proses pengomposan menjadi lebih cepat sebab semakin luas bahan yang bisa disentuh sama bakteri. Oleh sebab itu, pencacahan bahan pengomposan wajib dilakukan sampai bahan berukuran kecil. Ukuran yang paling baik buat bahan keras yang dipakai ialah sekitar 0,5—1 cm serta bahan tidak keras sekitar 5 cm.

Bahan yang tidak keras sebaiknya jangan dicacah terlalu kecil sebab akan mengeluarkan kandungan air yang banyak sehingga mengakibatkan tingkat kelembapan yang tinggi.

Komposisi bahan

Ada beberapa bahan yang dapat dikomposkan lebih baik serta cepat. Bahan organik yang berasal dari tanaman akan lebih cepat dikomposkan bila dicampur sama kotoran hewan.


Jumlah mikroorganisme

Bakteri, fungi, Actinomycetes, serta protozoa ialah mikroorganisme yang berperan dalam proses pengomposan. Tetapi, mikroorganisme lainnya juga perlu ditambahkan ke dalam bahan yang akan dikomposkan. Penambahan jumlah mikroorganisme dapat mempercepat proses pengomposan.

Kelembapan serta aerasi

Umumnya, mikroorganisme yang bekerja pada proses pengomposan bisa bekerja pada tingkat kelembapan sekitar 40 hingga 60 persen. Tingkat kelembapan perlu dijaga buat tetap stabil supaya para mikroorganisme bisa bekerja optimal. Sementara, keperluan aerasi bergantung pada proses berlangsungnya kompos tersebut, baik secara aerob ataupun anaerob.

Suhu

Suhu yang baik buat mendukung proses pengomposan sekitar 30—50°C. Andaikan suhu relatif tinggi bisa membunuh mikroorganisme, sedangkan bila terlalu rendah bisa mengakibatkan mikroorganisme tidak bekerja.

Keasaman (pH)

Tingkat keasaman yang baik buat proses pengomposan ialah 6,5—7,5 ataupun cenderung netral. Buat menetralkan keasaman pH, Anda bisa memakai kapur ataupun abu dapur.

Distributor Paranet Tanaman

Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaparanet

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info Penting, Berikut 7 Faktor yang Mempengaruhi Pengemposan"

Posting Komentar