HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Inilah 7 Manfaat Terong Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Jual Paranet High Quality - Lim Corporation

Masyarakat Indonesia pastinya telah sangat akrab sama terong. Buah yang diolah sebagai sayuran satu ini mempunyai jenis yang beragam serta rasa yang lezat. Terong yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan ini ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi serta menyimpan berbagai manfaat buat kesehatan. Apa saja manfaat terong buat kesehatan?

Baca Juga : 
Sekilas tentang Terong

Terung ataupun terong ialah salah satu makanan yang umum ditemukan di Indonesia. Ada beberapa jenis terong yang kerap dikonsumsi yakni terong ungu, terong bulat, terong hijau, terong putih, terong telunjuk, terong belanda, serta leunca. Tetapi dari sekian banyak jenis terong tersebut, terong ungu ataupun Solanum melongena ialah jenis yang sangat sering dikonsumsi serta sangat mudah diperoleh di pasaran.

Terong ialah buah yang kaya nutrisi serta sangat baik buat dikonsumsi. Terong mempunyai kandungan kalori serta glikemik indeks rendah. Kandungan lemak dalam terong juga sangat rendah, sebaliknya kadar air serta serat dalam terong justru tinggi. Terong juga kaya antioksidan serta memiliki berbagai macam kandungan vitamin serta mineral.

Vitamin serta mineral yang terkandung dalam terong meliputi vitamin A, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin B9 ataupun folat, vitamin K, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, sodium, mangan, serta zinc. Kulit terong juga mempunyai kandungan pigmen yakni antosianin yang ialah antioksidan.

Manfaat Terong

Melihat kandungan berbagai macam nutrisi dalam terong, pastinya bisa disimpulkan bahwa terong termasuk ke dalam makanan bergizi yang baik buat kesehatan. Apa saja manfaat terong buat kesehatan? Berikut ialah beberapa di antaranya!

1. Mengontol kadar gula darah

Manfaat terong yang pertama ialah bisa mencegah kadar gula darah Anda naik. Makanan yang tinggi serat ialah makanan yang baik buat menjaga kadar gula darah. Makanan tinggi serat seperti terong akan membantu proses pencernaan menjadi lebih lambat sehingga penyerapan gula juga melambat.

Selain itu, terong juga mempunyai kandungan polifenol yang ialah antioksidan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa polifenol bisa membantu mengurangi penyerapan gula serta meningkatkan seksresi insulin, dengan begitu, kadar gula darah juga bisa tetap terkendali.

2. Mengontrol kolesterol

Manfaat terong yang kedua ialah menurunkan kadar kolesterol. Biasanya makanan yang dapat buat menurunkan kadar gula darah juga mempunyai kemampuan buat menurunkan kolesterol. Kondisi kadar gula darah tinggi bisa mengakibatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida meningkat.

Hal ini diakibatkan oleh sebab insulin tidak hanya berpengaruh pada metabolisme gula dalam tubuh, namun juga berpengaruh pada metabolisme lemak. Kemampuan terong buat mengontrol kadar gula darah membuat buah ini juga baik buat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfat terong yang ketiga ialah menjaga kesehatan jantung. Manfaat yang satu ini juga masih berhubungan dengan manfaat sebelumnya. Kadar kolesterol LDl serta trigliserida tinggi dalam darah bisa membentuk plak yang bisa menyumbat pembuluh darah. Hal ini lah yang membuat kadar kolesterol tinggi disebut sebagai salah satu pemicu penyakit jantung.

Kandungan antioksidan dalam terong juga mempunyai peran dalam memelihara kesehatan jantung. Sebuah peneliatian pada hewan membuktikan bahwa terong bisa meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan risiko serangan jantung.

4. Mencegah kanker

Mencegah kanker juga kerap disebut-sebut sebagai salah satu manfaat terong ungu. Dilansir dari Health Line, terong mempunyai kandungan zat bernama solasodine rhamnosyl glycoside yang sudah diteliti bisa memicu kematian pada sel kanker serta bisa mencegah kanker tertentu kambuh. SRG juga diketahui bisa melawan kanker kulit bila diaplikasikan secara topikal.

Konsumsi makanan bergizi seperti buah serta sayur yang tinggi antioksidan juga bisa melawan radikal bebas yang ialah penyebab dari kerusakan sel. Maka dari itu, konsumsi terong serta buah dan sayuran lainnya bisa menurunkan risiko terserang kanker.


5. Nutrisi untuk otak

Manfaat terong selanjutnya ialah sebagai sumber nutrisi yang melindungi otak. Telah disebutkan sebelumnya bahwa terong mempunyai kandungan polifenol, salah satunya ialah antosianin yang ada dalam kulit terong. Sebuah penelitian membuktikan bahwa antosianin ataupun nasunin yang ditemukan pada terong tidak hanya bisa menangkal radikal bebas, namun juga bisa melindungi lipid pada membran sel otak.

Antosianin juga bisa melancarkan peredaran darah ke otak sehingga fungsi otak tetap terjaga. Konsumsi makanan tinggi antioksidan seperti terong bisa memperlambat penurunan kemampuan kognitif otak yang biasanya akan terjadi seiring sama bertambahnya usia seseorang.

6. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat terong yang tak boleh dilewatkan berikutnya ialah membantu menurunan berat badan. Bila Anda bertanya-tanya makanan apa yang paling membantu buat menurunkan berat badan, maka tentu saja jawabannya ialah makanan yang rendah kalori, namun tinggi serat. Terong memenuhi kriteria bahan makanan yang rendah kalori serta lemak dan mempunyai serah tinggi sehingga sangat cocok masuk ke dalam menu diet Anda.

7. Menjaga kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit juga ialah manfaat terong ungu lainnya. Kandungan antioksidan dalam terong bisa menutrisi kulit serta menjaga kesehatan kulit. Terong bisa melancarkan peredaran darah sehingga membuat kulit lebih terlihat sehat nan cerah. Terong juga bisa dijadikan sebagai salah satu masker wajah yang dipercaya bisa melembabkan, menghilangkan bekas jerawat, sampai membuat kulit lebih cerah.

Cara Mengonsumsi Terong yang Benar

Terong bisa diolah menjadi berbagai macam resep terong lezat. Pengolahan terong biasanya bergantung pada jenis terong itu sendiri. Terong ungu ataupun terong hijau umumnya dimasak dengan cara ditumis. Terong bulat bisa dikonsumsi sebagai lalapan, sedangkan terong belanda dapat diolah menjadi jus. Apapun pilihan Anda dalam mengolah terong, Anda tetap daapt memperoleh manfaat terong asalkan konsumsinya tidak berlebihan.

Konsumsi terong secara berlebihan ternyata bisa mengakibatkan berbagai masalah pencernaan. Anda juga harus memerhatikan jenis terong yang Anda konsumsi. Bila menemukan terong yang tidak umum di pasaran, sebaiknya tidak dikonsumsi sebab sebagian tanaman yang sejenis dengan terong mempunyai kandungan racun di dalamnya.

Harus diketahui juga bahwa tidak semua jenis terong juga bisa dimakan mentah. Jenis terong ungu contohnya yang ialah terong yang paling umum dimakan, harus dimasak sebelum dikonsumsi. Terong ungu tidak bisa dikonsumsi mentah sebab diduga mengandung zat berbahaya bila tidak dimasak.

Terong ungu juga dapat menghasilkan rasa pahit bila tidak diolah secara benar. Salah satu cara buat menghilangkan rasa pahitnya ialah dengan cara merendam terong ungu sama air garam sebelum mengolahnya. Terong ungu juga harus dimasak sampai benar-benar matang buat memperoleh rasa terong yang lebih lezat.

Terong memang ialah buah bernutrisi tinggi yang baik buat kesehatan, namun pemakaiannya tetap harus diperhatikan supaya tidak berbaghaya untuk kesehatan. Bila Anda sedang mengalami kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya diskusikan dengan dokter tentang konsumsi terong.

Itu dia sekilas tentang terong serta manfaat terong buat kesehatan. Selain konsumsi makanan bergizi seperti terong, jangan lupa buat menyeimbangkan gizi dengan makanan lainnya serta menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga teratur serta menjaga pola tidur. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bemanfaat!.

Distributor Paranet Tanaman

Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaparanet

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 7 Manfaat Terong Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?"

Posting Komentar