HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Syarat-syarat Tumbuh Budidaya Semangka yang Harus Diperhatikan

Jual Paranet High Quality - Lim Corporation

Setiap tanaman, termasuk tanaman semangka, menghendaki persyaratan khusus buat bisa tumbuh serta berkembang secara optimal. Persyaratan tersebut menyangkut beberapa aspek. antara lain: keadaan tempat (letak geografis), keadaan tanah, serta keadaan iklim.

Baca Juga : 
A. KEADAAN TEMPAT (LETAK GEOGRAFIS)

Tempat yang akan kita jadikan lahan budidaya semangka harus kita pertimbangkan sungguh-sungguh supaya usaha tersebut tidak sia-sia. Hal-hal yang harus kita pertimbangkan berkaitan sama keadaan tempat menyangkut beberapa aspek seperti di bawah ini:

1. Ketinggian tempat

Yang dimaksud sama ketinggian tempat ialah ketinggian lokasi yang akan kita jadikan areal penanaman semangka tersebut dari permukaan laut. Buat mengetahui ketinggian tempat yang akan kita jadikan areal penanaman semangka tersebut bisa menggunakan alat yang disebut altimeter, ataupun bisa ditanyakan langsung pada Balai Pertanian setempat.

Ketinggian tempat yang ideal buat tanaman semangka ialah 100 hingga 300 meter di atas permukaan laut. Meskipun idealnya demikian, pada kenyataannya tanaman semangka bisa juga ditanam di daerah dekat pantai yang ketinggiannya kurang dari 100 meter di atas permukaan laut. Demikian juga di daerah yang mempunyai ketinggian lebih dari 300 meter di atas permukaan laut pun masih bisa ditanami semangka.

2. Tempat yang strategis

Tempat yang dipilih buat areal tanaman semangka hendaknya dekat jalan yang bisa dilewati kendaraan bermotor supaya memudahkan transportasi ke lokasi tanaman semangka. Namun lokasi tersebut sebaiknya agak jauh dari tempat pemukiman penduduk suaya areal tanaman semangka memperoleh sinar matahari yang cukup, tidak menjadi tempat buat bermain anak-anak serta tidak terganggu sama binatang piaraan seperti ayam, bebek, enthok, kambing serta lain-lainnya.

3. Saluran irigasi yang baik

Areal tanaman semangka yang luas mutlak memerlukan saluran irigasi yang baik. Dengan saluran irigasi yang baik kita bisa dengan mudah mengalirkan air ke areal pertanaman jika kita memerlukan air ataupun membuangnya jika terlalu berkelebihan (menggenang).

4. Secara ekonomis murah

Jika lahan yang akan kita tanami semangka harus kita sewa dari orang lain, usahakan sewa yang ringan (murah) dengan jangka waktu seumur tanaman saja. Seandainya harus disewa buat jangka waktu beberapa bulan. kita perlu memperhitungkan biaya perombakan pada tanaman sebelumnya.

Umumnya petani semangka yang profesional lebih senang membuka areal baru ketimbang menanami kembali areal yang telah dipanen. Alasannya ialah sebab unsur hara di dalam tanah pada areal yang sudah ditanami pasti sudah berkurang sehingga memerlukan biaya buat pemupukan. Padahal tanaman semangka mutlak memerlukan unsur hara yang lengkap. Kekurangan salah satu unsur hara yang pokok akan menurunkan mutu serta pertumbuhan tanaman nan buahnya.


B. KEADAAN TANAH

Sesudah kita memiliki pandangan areal yang kita nilai menguntungkan, kita harus menilai keadaan tanah di areal tersebut yang mencakup beberapa hal:

1. Sifat tanah

Tanah yang cocok buat ditanami semangka ialah tanah yang porous (sarang) sampai mudah membuang kelebihan ataupun banyaknya air. Tetapi tanah-tanah yang terlalu mudah membuang air kurang baik juga buat ditanami semangka, sebab tanah demikian akan memerlukan frekuensi penyiraman yang lebih sering, sampai menambah tenaga buat melakukan penyiraman. Sebaliknya, tanah yang terlalu padat maupun menyerap serta menyimpan air sama sekali tidak cocok buat ditanami tanaman semangka sebab sistem perakaran tanaman semangka tidak tahan pada genangan air serta mudah menjadi busuk sebabnya, lalu tanaman akan mati.

2. Kondisi tanah

Kondisi tanah yang cocok buat tanaman semangka ialah tanah yang cukup gembur, kaya bahan organik, bukan tanah mati maupun tanah asam. Tanah kebun maupun persawahan (yang biasa ditanami padi) sesudah dikeringkan dapat ditanami semangka asal semua persyaratan terpenuhi. Tanah asam bisa dibedakan dengan mudah andaikan di permukaan tanah demikian tumbuh rumput alang-alang yang subur. Sebenarnya tanah asam juga bisa ditanami semangka, namun memerlukan biaya serta tenaga ekstra buat mempersiapkannya. Namun andaikan tanah demikian akan kita tanami semangka, maka kita upayakan pengolahan pendahuluan (yang akan dibicarakan kemudian) sebelum diolah lebih lanjut seperti tanah normal.

C. KEADAAN IKLIM

Sesudah letak geografis serta keadaan tanah pada areal yang kita pilih memenuhi persyaratan, maka langkah terakhir sebelum kita memulai melakukan pengerjaan tanah ialah memperkirakan maupun mencari data-data yang menyangkut keadaan cuaca maupun faktor alam lainnya, serta faktor-faktor tersebut ialah:

1. Sinar matahari

Sinar matahari harus bisa mengenai seluruh areal penanaman sejak terbit hingga tenggelam. Intensitas pancaran sinar matahari ini erat kaitannya sama suhu lingkungan.

Tanaman semangka akan bisa tumbuh berkembang dan berbuah dengan optimal pada suhu sekitar 25° Celsius yang diukur ketika siang hari. Minimnya sinar matahari bisa menyebabkan terjadinya kemunduran waktu panen. Mengingat proses fotosintesis hanya bisa berlangsung sempurna jika matahari mengenai klorofil tanaman.

2. Kelembaban udara

Kelembaban udara sekeliling cenderung rendah andaikan sinar matahari dapat menyinari areal penanaman. Andaikan udara memiliki kelembaban yang rendah menyebabkan udara kering sebab miskin uap air. Hal tersebut cocok buat pertumbuhan tanaman semangka, karena di daerah asalnya tanaman semangka hidup di lingkungan padang pasir yang berhawa kering. Tetapi kebalikannya, kelembaban yang terlalu tinggi akan mendorong tumbuhnya jamur perusak tanaman.

3. Curah hujan

Sebenarnya di masa serba maju seperti saat ini, intensitas curah hujan bisa diabaikan andaikan budidaya semangka tersebut kita lakukan sama teknik-teknik tertentu. Secara teoretis, curah hujan yang ideal buat areal penanaman semangka ialah 40 hingga 50 mm per bulan. Besarnya bilangan curah hujan setempat dapat ditanyakan di Balai Pertanian maupun Balai Meteorologi serta Geofisika setempat.

D. EVALUASI TAMBAHAN

Andaikan sobat bermaksud mengusahakan penanaman tanaman semangka untuk hoby ataupun iseng semata bagian ini boleh diabaikan saja. Namun andaikan tujuan penanaman semangka tersebut sifatnya komersial, sebaiknya hal-hal berikut ini diperhatikan:

1. Situasi tanaman pada sekeliling areal

a. Perhatikan umur tanaman pada sekitar lahan yang akan ditanami, terlebih tanaman-tanaman musiman jenis lain. Sebaiknya lakukanlah penanaman secara serempak bersamaan waktunya sama tanaman sejenis di sekitarnya buat menghindari perpindahan hama serta penyakit dari kebun maupun sawah tetangga kita, mengingat hama serta penyakit tanaman lebih suka dengan lingkungan yang baru tumbuh tunas-tunas muda. Hama serta penyakit tersebut akan bermigrasi ke lahan kita kalau tanaman di lahan tetangga tersebut telah mulai menguning.

b. Seringkali petani memanfaatkan pematang yang tersisa buat ditanami sama tanaman sayuran, kacang panjang contohnya. Sebaiknya kebiasaan seperti ini dihindarkan. Tidak jarang dengan tanaman demikian kita perlu mengeluarkan biaya tambahan buat memberantas hama serta penyakit (terutama kutu daun) yang biangnya berasal dari tanaman pematang tadi. Andaikan memang diperlukan tanaman penutup misalnya buat pagar, pilihlah tanaman yang tidak disenagi sama hama serta penyakit serta juga tidak mengganggu tanaman yang kita usahakan, contohnya orok-orok (clorotaria anagywides).

2. Faktor keamanan

Upayakan suatu langkah terpadu buat mengatasi gangguan yang bersifat teknis insidental, contohnya pencurian. Buat itu seyogianya kita pilih daerah yang tidak sering dijadikan sasaran pencurian.

3. Faktor kebiasaan

Hindari pemakaian areal buat penanaman semangka bilamana areal yang bersangkutan kerap dipakai buat memelihara ikan sampai kondisinya selalu basah. Umumnya tanah pada areal seperti itu sudah banyak mengalami perubahan fisik sehingga kurang baik andaikan ditanami semangka.


Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaparanet

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syarat-syarat Tumbuh Budidaya Semangka yang Harus Diperhatikan"

Posting Komentar