HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cukup 5 Langkah, Ini Cara Budidaya Petai dengan Benar dan Mudah

Jual Paranet High Quality - Lim Corporation

Petai, Pete, ataupun Mlanding ialah tanaman tahunan yang berasal dari suku Fabaceae ataupun polong-polongan, anak suku Mimosoidae ataupun petai-petaian. Tanaman petai bisa tumbuh sampai ketinggian sekitar 20 meter. Daunnya majemuk serta tersusun sejajar, bunganya mumcul dibagian dekat ujung ranting. Buah petai besar, memanjang serta bertipe buah polon. Dalam satu bonggol ada sekitar belasan buah petai berwarna hijau serta buah tersebut dilapisi oleh selaput berwarna putih kehijauan ataupun cokelat terang.

Baca Juga : 
Bagian buah petai yang dikonsumsi ialah bijinya. Biji tersebut dikonsumsi ketika masih muda, baik itu dimakan segar sebagi lalapan, direbus, dimasak dengan sayuran lain serta lain sebagainya.

Buah petai banyak digemari sama banyak orang walaupun mempunyai bau yang sangat khas. Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba membudidayakan petai ini buat dijadikan prospek usaha mereka. Berikut ialah Cara Budidaya Petai:

1. Persiapan Bibit Petai

Bibit petai bisa didapatkan melalui cara okulasi serta juga memakai biji. Tetapi yang paling banyak dipakai ialah melalui cara okulasi sebab dengan cara tersebut, tanaman petai akan lebih cepat berbuah. Berikut ialah cara memperoleh bibit :
  • Siapkan batang bawah hasil semai biji ataupun dari tanaman petai yang tumbuh liar
  • Lalu masukan dalam polybag semai.
  • Carilah tunas dari tanaman petai yang sudah berbuah
  • Sayat batang hasil semai tersebut dengan ukuran tertentu.
  • Kulit tunas yang berasal dari tanaman induk petai disayat juga dengan ukuran yang sama .
  • Tempelkan sayatan tunas dengan semaian bawah kemudian ikat dengan tali.
Bibit yang minimal sudah berumur 6 bulan bisa di pindah tanamkan pada lahan tanam. Bila anda tidak mau ribet, anda bisa membeli bibit di toko tanaman.


2. Persiapan Lahan Tanam

Lahan yang akan dijadikan tempat budidaya tanaman petai, diolah terlebih dulu serta pastikan lahan tersebut mempunyai tanah yang subur dan berada di ketinggian sekitar 10-80 mdpl.

Bersihkan lahan dari gulma ataupun tanaman pengganggu lainnnya. Sesudah itu gemburkan tanah dengan cara dicangkuli. Bila tanah pada lahan mempunyai pH yang tidak sesuai maka lakukan pengapuran. Berikutnya buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 40 cm x 40 cm x 40 cm. Sesudah lubang jadi, lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk kandang.

3. Penanaman Tanaman Petai

Sesudah semua siap, segera lakukan penanaman. Lepaskan polybag secara hati-hati jangan sampai media semainya Rusak. Berikutnya masukkan bibit pada lubang tanam yang sudah disiapkan, kemudian timbun kembali dengan media hasil galian lubang tanam , jangan sampai menutupi bekas okulasi sebab bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur. Bila sudah, berikutnya lakukan penyiraman.

4. Perawatan Tanaman Petai
  • Pemupukan
Sesudah tanaman petai berumur sekitar 4 bulan, lakukan pemupukan dengan memakai pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Pemberian pupuk tersebut dilakukan dengan cara membuat lubang disekitar tanaman petai, bila pupuk telah ditabur tutup kembali dengan tanah galian.
  • Penyiangan
Supaya tanaman tumbuh dengan baik, lakukan penyiangan pada gulma ataupun tanaman lainnya yang tumbuh disekitar tanaman supaya nutrisi yang diperlukan tanaman tidak berebut dengan gulma tersebut.

5. Pemanenan Petai

Tanaman petai yang baik akan bereproduksi sesudah berumur sekitar 3 sampai 4 tahun. Sesudah hampir berumur 25 tahun tanaman petai harus diberi peremajaan.

Distributor Paranet Tanaman

Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaparanet

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cukup 5 Langkah, Ini Cara Budidaya Petai dengan Benar dan Mudah"

Posting Komentar