HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

7 Cara Mudah Menanam Buah Sawo, Berikut Ulasannya

Jual Paranet High Quality - Lim Corporation

Ada yang telah mengetahui bagaimana cara menanam buah sawo yang baik nan benar? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

Baca Juga : 
Mengenal Buah Sawo

Sawo manila (Manilkara zapota) ialah salah satu pohon buah yang berumur panjang. Pohon serta buahnya dikenal dengan beberagam nama seperti sawo (Ind., Jw.), sauh ataupun sauh manila, ataupun ciku (Mly.).

Sawo mempunyai bentuk yang bulat dengan warna di kulit serta daging yang coklat. Buah ini juga mempunyai rasa yang cukup khas dengan kulit yang tipis.

Buah sawo juga mempunyai banyak kandungan yang cukup baik untuk kesehatan sebab mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik buat kesehatan.

Buah sawo ini juga mempunyai kandungan air yang cukup banyak sehingga cocok buat bisa dijadikan sebagai buah pencuci mulut yang segar.

Jenis Sawo di Indonesia
  • Sawo Mentega : Buah sawo jenis mentega mempunyai bentuk bulat seperti telur terbalik serta memanjang dengan warna hijau mengkilap. Buah sawo yang satu ini mempunyai rasa yang sangat manis.
  • Sawo Manila : Sawo manila juga mempunyai bentuk lonjong serta daging buah yang lumayan tebal. Sawo manila ini mempunyai banyak kandungan air serta sangat populer di Asia Tenggara.
  • Sawo Duren : Mempunyai bentuk bulat telur dengan sebuah kulit tebal serta banyak mengandung lateks. Sawo duren ialah salah satu jenis sawo yang tidak dapat dimakan.
Syarat Tumbuh Buah Sawo
  • Tanaman sawo bisa tumbuh dengan baik dalam daerah dataran rendah hingga menengah, dengan kisaran ketinggian 10 sampai 900 m dpl.
  • Sawo akan cukup bagus dalam curah hujan 1.200 sampai 2.500 mm/tahun.
  • Tanaman sawo bagus tumbuh dalam daerah yang mempunyai area panas seperti di daerah pesisir.
  • Sawo bisa hidup di daerah berpasir nan lempung.
  • Kualitas tanah bagus mempunyai Ph 6 hingga 7.
Cara Menanam Buah Sawo

1. Pemilihan Bibit Sawo

Sebelum melakukan penanaman sebaiknya memilih bibit yang akan dipakai buat menanama tanaman sawo yang berkualitas. Tanaman ini di perbanyakan dengan generatif ataupun dengan cara pencangkokan, pastinya cara ini banyak sekali yang mengetahuinya.

Sebelum pencangkokan ini sebaiknya pada indukan juga harus benar-benar yang berkualitas berupa produktivitas yang bisa menghasilkan banyak, bebas dari hama serta penyakit, tidak abnormal serta juga telah berumur sekitar 1 sampai 2.5 tahun.

2. Pemilihan Lokasi

Selian khasiatnya yang hebat, sawo juga mempunyai cara budidaya yang sangat mudah. Hal ini membuat banyak orang tertarik buat menanam pohon sawo.

Teknik budidaya tanaman ini dimulai dengan memilih lokasi pertanam yang tepat. Sawo adalah tumbuhan tropis oleh sebab itu jangan tanam sawo pada daerah dengan suhu yang terlalu panas.

Pastikan bahwa lokasi penanaman mempunyai curah hujan antara 1250 sampai 2500 mm per tahun. Pohon sawo dapat tumbuh secara baik pada ketinggian sekitar 900 hingga 2500 m diatas permukaan air laut.


3. Pengolahan Tanah

Dalam mengolah lahan yang akan dijadikan tempat menanam sawo sebaiknya telah disiapkan jauh hari sebelum musim hujan datang. Buat pengolahan tanah dapat dilakukan dengan cara mencangkul, membajak serta membersihkan lahan dari rerumputan.

Jarak tanam yang baik antara satu pohon dengan yang lain sekitar 8-9 m x 8-9 m. Hal ini penting buat menjaga supaya tanaman tidak terlalu berdekatan andaikan telah tumbuh besar.

4. Penanaman Sawo

Masukkan bibit sawo pada pot yang sudah disediakan. Lepas polybag ataupun pembungkusnya setelah itu bisa diletakkan ke dalam pot yang sesuai sama media tanam di atas.

5. Sistem Penanaman Sawo

Letakkan bibit sawo di tempat yang tak pernah terkena sinar matahari secara langsung. Peletakan ini juga akan memberikan suatu efek pada pertumbuhan daun terhadap tanaman sawo.

Baru sesudah sekitar dua bulan tanaman sawo ini akan dapat mengeluarkan daun baru, lalu tempatkan bibit tanaman pada tempat yang secara langsung ada suatu sinar matahari.

6. Perawatan Tanaman Buah Sawo
  • Pemupukan
Lakukan pemupukan pada 3 fase yakni sebagai berikut ini :
  • Fase Adaptif yakni ketika tanaman berumur sekitar 0 sampai 3 tahun lakukan pemupupukan dengan memakai pupuk kandang dengan dosis sekitar 5 sampai 10 kg/lubang.
  • Fase Vegetatif yakni ketika tanaman berumur sekitar 4 hingga 7 tahun lakukan pemupukan dengan pupuk urea, SP-36 serta KCl dengan dosis masing-masing sekitar 3,5 kg urea, 1,5 kg SP-36 serta 1 kg KCl. Pemupukan bisa dilakukan sebanyak 4 kali dalam setahun.
  • Fase Reproduktif I yakni ketika tanaman berumur sekitar 8 hingga 14 tahun lakukan pemupukan dengan pupuk urea, SP-36, KCL serta juga pupukan kandang dengan dosis masing masing sekitar 5 kg urea, 2 kg SP-36, 1,5 kg KCL, serta 5 sampai 10 kg pupuk kandang. Pemupukan ini bisa dilakukan sekitar 2 kali dalam setahun.
  • Fase Reproduktif II yakni ketika tanaman berumur >15 tahun bisa dilakukan pemupukan dengan pupuk urea, SP-36,KCl, serta juga pupuk kandang dengan dosis masing-masing 7 kg Urea, 3 Kg SP-36, 2 Kg KCl serta 20 sampai 30 kg pupuk kandang. Pemupukan ini juga bisa dilakukan 2 kali dalam setahun.
  • Penyiangan
Lakukan penyiangan pada gulma ataupun tanaman pengganggu lainnya di sekitar tumbuhan sawo. Penyiangan tersebut dilakukan sekitar 1 hingga 2 bulan sesudah tanam. Lakukan juga penyiangan pada tanaman pengganggu seperti benalu bila ada.
  • Penjarangan Buah
Lakukanlah penjarangan pada buah, supaya tanaman bisa menghasilkan buah yang bermutu serta buah mempunyai besar yang optimal.
  • Pemangkasan
Lakukan pemangkasan supaya tanaman tumbuh secara baik serta serangan hama nan penyakit bisa berkurang. Ketika tanaman sudah mencapai ketinggian sekitar 100 sampai 160 cm, lakukan pemangkasan pertama sampai tingginya akan menjadi 75 sampai 150 cm.

Sesudah setahun tunas yang dipangkas tumbuh maka lakukan pemangkasan kembali sampai tanaman menjadi 25 hingga 40 cm. Pemangkasan ini dilakukan saat musim hujan.

7. Pemanenan Buah Sawo

Pemanenan buah sawo dari hasil penanaman generatif serta vegetatif mempnyai waktu yang berbeda. Umumnya sawo yang dari suatu hasil vegetatif cenderung jauh lebih cepat berbuah dibandingkan sawo generatif. Semakin tua umur tanaman, maka akan semakin banyak juga buah sawo yang dihasilkan.

Sebagai informasi pohon sawo berumur sekitar 15 tahun dapat menghasilkan buah sawo sebanyak 280 hingga 300 kg. Sawo akan berbuah dengan sangat cepat saat musim panen raya. Buat membedakan buah masak serta buah mentah dilakukan dengan cara membelah buah serta melihat daging buah yang dihasilkan.

Distributor Paranet Tanaman

Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaparanet

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Mudah Menanam Buah Sawo, Berikut Ulasannya"

Posting Komentar