HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Membahas Masalah Permodalan yang Sering Dikeluhkan Petani

Jual Paranet High Quality - Lim Corporation

Masalah permodalan sering saja menjadi pelik manakala menyangkut profesi Petani. Mulai pada tingkat kepercayaan bank yang rendah, adanya berbagai pihak yang memanfaatkan momentum tersebut buat menggapai kepentingan pribadi, sampai petaninya sendiri yang masih mempunyai pola pikir tradisional. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa solusi yang mungkin dapat mengatasi permasalah tersebut. 

Baca Juga : 
1. Kesadaran Petani yang Berorientasi ke Depan
Hal terpenting dalam pengurangan permasalahan modal adalah kesadaran dari  petani sendiri buat maju serta berkembang. Petani perlu membangkitkan kesadarannya serta mulai merubah perilakunya. Hidup berhemat, menabung, memanfatkan fasilitas kredit yang diberikan pemerintah, ataupun lembaga keuangan mikro lain, sampai membentuk wadah bersama petani lain demi menyelesaikan persoalan-persoalan ekonomi produksi serta konsumsi. 

Selain itu, petani harus pandai memilih pinjaman mana yang paling banyak memberi keuntungan dengan bunga yang paling rendah. Pinjaman modal tersebut perlu dipakai sesuai keperluan dalam proses produksi, ataupun distribusi dari usaha yang dijalankannya. Sehingga petani tidak memakai pinjaman modal yang didapatkan hanya buat membeli keperluan lain seperti TV, sepeda motor, kulkas, serta lainnya. Selain itu, petani harus giat dalam berwirausaha sehingga petani memperoleh nilai tambah dalam komoditas yang dipanen.

2. Mendorong Peran Lembaga Keuangan dengan Skema yang Menguntungkan Petani
Lembaga keuangan baik bank ataupun non-bank, sebaiknya tidak mempersulit pada peminjaman kredit hanya sebab menganggap sektor pertanian belum berorientasi skala industri, resiko gagalnya panen, serta biaya produksi yang semakin meningkat. Pihak perbankan dapat memberi pinjaman kredit pada petani dengan syarat yang sesuai kemampuan petani. Yang mana petani mengharapkan kredit dengan waktu pengembalian sesuai sama waktu panen. Sehingga ketika jatuh tempo, petani mempunyai uang buat membayar modal yang sudah dipinjamnya. 



Setelah itu, banyak petani yang mempunyai lahan belum bersertifikat, bahkan banyak ditemukan petani yang tidak mempunyai lahan, serta hanya berstatus penggarap, sehingga  petani tidak menyukai kredit dengan agunan berupa sertifikat tanah. Buat mengatasi hal tersebut, kredit-kredit program baru seperti KKP yang sudah memperlonggar dengan syarat agunan sertifikat pengurus kelompok tani, petani anggota hanya perlu fotocopy KTP serta kepastian menggarap lahan. 

3. Mendorong Peran Positif Tengkulak 
Tengkulak sebaiknya tidak memanfaatkan modal yang dipinjamkan terhadap petani dengan memberikan harga beli yang terlalu rendah, serta juga tidak boleh curang pada hal timbangan terhadap hasil panen. Tengkulak wajib membangun hubungan yang adil sehingga posisi tawar petani tidak terlalu rendah. Selain itu, pada meminjamkan modal, tengkulak sebaiknya tidak memberi bunga yang terlalu tinggi dan tempo dalam pembayarannya jatuh ketika waktu petani sudah panen.

4. Merealisasikan Subsidi Pertanian yang Tepat Sasaran dan Produktif
Subsidi pertanian sebaiknya dipakai dengan sebaik-baiknya, mengingat subsidi yang diberikan tidak terlalu banyak. Subsidi disalurkan kepada petani kecil yang benar-benar memerlukan. Subsidi yang diperoleh harus dimanfaatkan secara baik, sehingga bersifat produktif. Misalnya dengan LKMA (Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis) ataupun yang disebut  dengan bank petani, dimana petani lebih mudah pada peminjaman tanpa administrasi yang begitu rumit. Pendirian LKMA didapat dari penjualan lembaran saham serta petani bisa membeli lembaran saham tersebut.

Distributor Paranet Tanaman

Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaparanet

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membahas Masalah Permodalan yang Sering Dikeluhkan Petani"

Posting Komentar