HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Alsintan, Mesin Canggih yang Mampu Dorong Produktivitas Pertanian

Jual Paranet High Quality - Lim Corporation

Alsintan (alat dan mesin pertanian) ialah istilah yang dipakai buat menyebut seluruh alat serta mesin yang dipakai pada bidang pertanian. Alsintan ialah salah satu elemen yang berperan dalam mendorong produktivitas hasil pertanian.

Baca Juga : 
1. Mengenal penggunaan alsintan.
Sebenarnya apa itu alsintan? Bukankah bila merujuk pada alat serta mesin pertanian, telah banyak petani Indonesia yang memakainya? Sebelum menjawab kedua pertanyaan tersebut, harus diketahui tentang pengelompokan alsintan. Dalam pemakainya, alsintan dibagi menjadi dua, yaitu alsintan budidaya tanaman serta alsintan pengolah hasil pertanian.
Dari sini telah terlihat bahwa alsintan sebenarnya kompleks. Alsintan bukan sekadar alat serta mesin buat bertani, tetapi juga sebuah metode pertanian dari hulu ke hilir, dari pra tanam sampai paska panen. Buat itu, diperlukan efisiensi dalam pemakaian alsintan supaya dapat lebih membantu petani Indonesia.

2. Transformasi teknologi pertanian.
Di Indonesia metode bertani masih sering terbatas pada metode manual serta tradisional. Petani masih awam sama pemakaian alat serta mesin yang sebenarnya dapat memudahkan mereka. Dengan adanya alsintan, keadaan tersebut dapat diubah perlahan-lahan. Bagaimanapun juga, alsintan secara tidak langsung memicu transformasi teknologi pertanian dari yang tradisional menjadi modern, dari yang manual menjadi mekanis.

Alsintan yang mempunyai teknologi mekanisasi dari hulu ke hilir bahkan tidak hanya bisa meningkatkan hasil panen, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan petani. Buat itu, butuh peran aktif dari seluruh pihak yang terlibat buat meningkatkan pemakaian alsintan. Memang tidak mudah buat melakukan sebuah perubahan, namun bila tidak dilakukan dari sekarang, kapan lagi?


3. Manfaat lain penerapan alsintan dalam pertanian Indonesia.
Selain bisa mendorong naiknya produktivitas hasil pertanian, alsintan juga mempunyai banyak manfaat lain. Pertama, alsintan diharapkan bisa menguraikan masalah kurangnya tenaga kerja pada usaha tani. Seperti yang sudah Anda ketahui, sekarang ini jumlah tenaga kerja yang berminat buat melakukan usaha tani sangat sedikit. Tetapi dengan alsintan, tenaga manusia bisa tergantikan sama mesin tanpa mengurangi tingkat produktivitas.

Kedua, alsintan juga dapat menekan ongkos produksi. Tanpa disadari, ternyata pemakaian metode manual dan tradisional justru mempunyai biaya produksi yang tinggi. Contoh mudahnya, tenaga manusia yang harus dikerahkan buat melakukan panen tentu tidak sedikit. Hal tersebut tidak akan terjadi bila pertanian memakai alsintan. Panen dapat dikerjakan sama mesin, sehingga tidak harus mengeluarkan biaya lagi buat membayar tenaga manusia.
Ketiga, alsintan dapat menekan risiko kehilangan hasil pertanian. Ada banyak risiko yang mungkin terjadi dalam masa panen, salah satunya ialah risiko tanaman rusak. Nah, alsintan dapat mengurangi risiko tersebut. Katakanlah penyebab gagal panen ialah pemakaian pupuk yang kurang merata, maka alsintan lewat mesin pemupukan dapat menanggulangi permasalahan tersebut.

4. Merawat alsintan
Supaya alsintan bisa bekerja seperti seharusnya, maka perawatannya tidak boleh luput buat dilakukan. Perawatan juga bertujuan agar alsintan awet, sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Bagaimanakah cara merawat alsintan yang baik?

Masing-masing alat serta mesin tentu mempunyai cara perawatan yang berbeda-beda. Tetapi kuncinya ialah satu, jangan pernah membiarkan alat ataupun mesin rusak ringan dulu baru diperbaiki. Sebaiknya perawatan dasar seperti membersihkan alat serta mesin dilakukan secara rutin, terlebih sesudah dipakai. Dengan adanya alsintan, metode bertani juga mengalami transformasi. Dari yang mulanya tradisional menjadi modern, yang awalnya manual menjadi mekanik. Transformasi ini pasti akan mendorong tingkat produktivitas pertanian menjadi lebih tinggi lagi. Bila dilakukan dari hulu ke hilir, pemakaian alsintan bahkan dapat mensejahterakan petani. Semoga pemakaian alsintan dapat lebih merata di Indonesia.

Distributor Paranet Tanaman

Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaparanet

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alsintan, Mesin Canggih yang Mampu Dorong Produktivitas Pertanian"

Posting Komentar