HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula Agar Sukses

Jual Paranet Best Quality - Lim Corporation 

Ikan nilem atau melem (Osteochilus vittatus) merupakan sejenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae. Ikan herbivora ini mempunyai penyebaran di Asia Tenggara contohnya Tonkin, Siam (Thailand), Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Jawa. Citra rasa ikan nilem ini sangat spesifik dan sangat gurih jika dibandingkan dengan ikan tawar yang lainnya karena ikan nilem juga mengandung sodium glutamat di dalam daging yang dengan alami terbentuk karena ditimbulkan karena pengaruh dari kebiasaan makan pakan yang alami contohnya phito, zoo plankton dan terutama dari ganggang yang banyak tumbuh dari pemupukan kolam.

Artikel Terkait:

Pemilihan Lokasi dan Persiapan Kolam Ikan Nilem

Sebaiknya lokasi budidaya ikan nilem berada pada ketinggian sekitar 100 sampai 1000 mdpl. Pada daerah dengan tinggi daratan tersebut mempunyai suhu lingkungan yang cocok untuk ikan nilem berkembang biak yaitu sekitar 18 sampai sekitar 25 derajat celcius. Kolam yang perlu untuk dipersiapkan ada dua yaitu kolam semen untuk pemijahan dan kolam tanah untuk proses pembesaran yang sebaiknya ukurannya yang sudah disesuaikan dengan lahan yang dimiliki. Sebelum dipakai kolam dikeringkan selama sekitar 2 minggu dan ditaburi kapur sebanyak sekitar 50 kg.

Pemilihan Indukan Ikan Nilem
 http://bit.ly/hargaparanet
Sesudah lokasi dan kolam siap untuk dipakai selanjutnya pilihlah indukan yang akan dipijahkan. Indukan jantan dan betina pada ikan nilem harus sehat, aktif, dan tidak mempunyai cacat fisik tertentu. Indukan yang dipilih sebaiknya berusia sekitar 1 sampai 1,5 tahun dengan berat sekitar 180 sampai 250 gram. Indukan betina harus sudah matang gonad ketika mau dilakukan proses pemijahan.

Proses Pemijahan Ikan Nilem

Proses pemijahan ikan nilem dapat dimulai secara alami ketika indukan betina sudah matang gonadnya. Matang gonad pada indukan betina terlihat dari ciri-cirinya contohnya gerakan yang sangat lambat warna ikan kelabu kekuningan bentuk perut yang membesar lubang genital membentuk bulat telur dan supaya membengkak. Indukan jantan juga harus mengeluarkan cairan putih ketika perutnya dipencet. Indukan ikan nilem dimasukan dalam kolam pemijahan dengan jumlah sekitar 1 indukan jantan dan dua indukan betina. Sebelum dipijahkan indukan dipuaskan minimal sekitar 2 hari untuk membersihkan kotoran dan lemak di dalam tubuh ikan.

Pemeliharaan Bibit Ikan Nilem


Jika proses pemijahan berhasil dilakukan maka indukan betina akan mengelurkan telur sekitar 8 jam selepas pemijahan. Sesudah sekitar 1 sampai 2 hari telur akan menetas dengan sendirinya. Sesudah menetas larva atau benih ikan nilem langsung dipindahkan dalam kolam pembesaran yang sudah disiapkan. Pakan yang diberikan lumut dan plankton yang didapatkan dari kotoran limbah peternakan ayam. Pellet dan dedek dapat diberikan ketika ikan nilem mulai tumbuh dewasa.

Masa Panen Ikan Nilem

Ikan nilem yang sudah berusia sekitar 3 bulan dapat dipanen dengan cara menguras kolam dan memakai jaring untuk mengumpulkan ikan. Ikan nilem perlu disortir untuk membedakan ukurannya.
*Info lengkap mengenai harga Paranet silakan klik DISINI 

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Paranet atau Plastik Pertanian & Perkebunan  untuk  peneduh tanaman atau untuk pelindung tanaman dari hama atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Budidaya Ikan Nilem Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar