HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Praktis Budidaya Semangka Non Biji yang Benar Bagi Pemula

Jual Paranet Lokal & Import - Lim Corporation 

Buah semangka tanpa biji atau semangka non biji sebenarnya mempunyai sifat yang sama dengan semangka berbiji, hanya saja berbeda verietas semangka tanpa biji telah diolah sedemikian rupa supaya semangka yang dihasilkan tidak mempunyai biji. Tujuan penciptaan buah semangka non biji ini yaitu untuk memudahkan saat mulai mengkonsumsinya. Untuk membedakan buah semangka non biji dan semangka berbiji sangat mudah, jika dilihat secara fisik buah semangka tanpa biji mempunyai kulit dan corak yang sangat gelap jika dibandingkan dengan semangka berbiji.

Proses budidaya buah semangka non biji sedikit sangat rumit jika dibanding dengan buah semangka berbiji. Dalam budidaya buah semangka tanpa biji dibutuhkan perlakuan yang khusus dalam proses penyemaian, penyerbukan dan juga pemupukan. Kemungkinan kegagalan akan terjadi jika proses tersebut tidak tepat dilakukan. Selain itu masa panen buah semangka non biji sangat lama jika dibandingkan dengan buah semangka berbiji buah semangka berbiji dapat dipanen setelah berusia sekitar 55 sampai 60 hari setelah masa tanam, sedangkan buah semangka non biji dapat dipanen setelah berusia sekitar 65 sampai 70 hari setelah tanam.

Artikel Terkait:

Syarat Tumbuh Semangka Non Biji

Buah semangka non biji dapat juga dibudidayakan di dataran rendah sampai dataran tinggi. Buah semangka non biji dapat tumbuh pada tanah yang gembur berpasir dengan pH sekitar 6 sampai 7 dan beriklim hangat dengan suhu sekitar 20°C sampai 30°C. Lahan tanam memperoleh sinar matahari penuh atau minimal sekitar 7 jam dalam sehari.

Persiapan Lahan Tanam Semangka Non Biji

Lahan yang akan dipakai untuk budidaya buah semangka non biji digemburkan dahulu dengan cara dibajak atau dicangkul. Selanjutnya buatlah bedengan ganda dengan ukuran lebar sekitar 70 cm sampai 80 cm dengan tinggi minimal sekitar 30 cm dengan parit kecil ditengahnya. Jarak antar bedeng yaitu sekitar 3 meter sampai 4 meter. Sebenarnya bedengan tidak harus bedengan ganda dapat juga bedengan tunggal, namun bedengan ganda sangat memudahkan untuk melakukan proses  pemeliharaan dan pengairan dengan sistem leb. Apabila bedengan tunggal, maka proses penyiraman dilakukan dengan sistem drip. Apabila pH tanah dibawah sekitar 6 maka lakukan pengapuran atau pemberian dolomit, lalu biarkan selama sekitar 7 sampai 10 hari. Setelah itu lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk kandang, aduk pupuk sampai tercampur rata dengan tanah bedengan dan siram sampai basah. Pemberian pupuk dasar ini dilakukan pada sekitar 10 hari sampai 15 hari sebelum tanam.
 http://bit.ly/hargaparanet
Penyemaian Benih Semangka Non Biji

Benih yang sudah didapatkan selanjutnya dipecah sedikit bagian tempat tumbuh akarnya supaya mudah berkecambah, selanjutnya benih direndam dalam air hangat kuku yang dicampur dengan zat proses pertumbuhan tumbuhan atau dapat juga air bawang merah selama sekitar 8 sampai 10 jam. Selanjutnya, tiriskan dan bungkus dengan kain basah atau koran. Benih akan mulai berkecambah sekitar 3 sampai 4 hari. Sesudah itu semai benih pada polybag dan bibit siap ditanam setelah berusia sekitar 7 sampai 10 hari sesudah masa semai.

Penanaman Semangka Non Biji

Sesudah bibit berusia sekitar 7 sampai 10 hari atau telah mempunyai sekitar 2 sampai 3 helai daun, lakukan proses penanaman. Tanamlah bibit semangka pada lubang tanam yang telah dibuat sebelumnya tutup kembali lubang tanam dengan tanah disekitar bibit. Proses penanaman ini sebaiknya dilakukan pada waktu sore hari.

Penyerbukan Semangka Non Biji


Pada saat tumbuhan berusia sekitar 25 hari sesudah tanam lakukan penyerbukan secara manual. Ambil serbuk sari secukupnya dari bunga buah semangka berbiji danoleskan ke putik buah semangka non biji. Sebaiknya penyerbukan ini dilakukan pada waktu pagi hari. Penyerbukan ini hanya dapat dilakukan sampai tumbuhan berusia sekitar 35 hari sesudah masa tanam.

Pemanenan Semangka Non Biji

Buah semangka Non Biji baru dapat dipanen sesudah berusia skitar 65 sampai 70 hari setelah tanam. Buah yang masak mempunyai ciri-ciri kulit buah memudar dan sulur pada pangkal tangkai buah mengering.
*Info lengkap mengenai harga Paranet silakan klik DISINI 

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Paranet atau Plastik Pertanian & Perkebunan  untuk  peneduh tanaman atau untuk pelindung tanaman dari hama atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Praktis Budidaya Semangka Non Biji yang Benar Bagi Pemula"

Posting Komentar