HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Menanam Serai Wangi Supaya Tumbuh Sehat dan Subur

Jual Paranet Lokal & Import - Lim Corporation 

Sereh wangi merupakan salah satu komoditi atsiri yang sangat prospektif. Permintaan minyak sereh wangi sangat tinggi dan harganya stabil serta cenderung sedikit meningkat. Uniknya pembudidayaanya tidak terlalu rumit serta tumbuhan ini dapat hidup dilahan-lahan marginal bahkan lahan bekas tambang.

BUDIDAYA SEREH WANGI

Tanaman sereh wangi merupakan salah satu tumbuhan penghasil atsiri yang sangat penting di negara indonesia. Teknik budidaya merupakan salah satu faktor penentu bagi keberhasilan usaha tani, disamping faktor lingkungan juga ikut menentukan kelanjutan dari usaha budidayanya.

Artikel Terkait:

Syarat Tumbuh

Prose pertumbuhan tumbuhan serai wangi juga akan sangat dipengaruhi oleh tingkat kesuburan dari tanah, serta iklim dan tinggi tempat yang diatas permukaan laut, dan tumbuh di berbagai tipe tanah yang sangat baik didataran rendah maupun juga daratan tinggi sampai dengan ketinggian sekitar 1.200 m dpl, dengan ketinggian tempat optimum sekitar 250 m dpl. Untuk proses pertumbuhan daun yang sangat baik dibutuhkan iklim yang sangat lembab, sehingga pada musim kemarau proses pertumbuhannya menjadi sedikit lambat. Tumbuhan pelindung berpengaruh kurang baik terhadap produksi daun dan kadar minyaknya. Secara umum serai wangi tumbuh sangat baik pada tanah gembur sampai liat dengan pH sekitar 5,5 sampai 7,0. Dengan curah hujan rata-rata sekitar 1.000 sampai 1.500 mm/tahun dengan bulan kering sekitar 4 sampai 6 bulan, produksi daun menjadi semakin turun tetapi rendemen dan mutu minyak sangat meningkat.

Persiapan lahan
 http://bit.ly/hargaparanet
Apabila lokasi lahannya berupa semak belukar cukup dibabat, dibakar dan langsung dibajak. Setelah proses pembukaan lahan dilakukan pengajiran lubang tanam. Jarak tanam ditanah yang subur sekitar 100 x 100 cm, sedangkan di tanah yang kurang subur sekitar 75 x 75 cm. Ukuran lubang tumbuhan merupakan sekitar 30 x 30 x 30 cm. Proses penanaman serai wangi dapat juga dilakukan dengan sistem parit, ukuran lebar dan dalam parit sama contohnya sistem lubang. Pada lahan yang topografinya lereng, sebaiknya barisan lubang atau parit tanam searah kountour. Proses penanaman serai wangi pada kemiringan lahan sekitar 25 sampai 30º dengan curah hujan sekitar 3.500 mm/th, sebaiknya dengan memakai terasering dan pertanaman secara pagar.

Penanaman

Seminggu setelah proses penyemprotan herbisida penanaman sudah dapat untuk dilakukan. Proses penanaman sebaiknya dilakukan pada awal atau diakhir musim hujan ini untuk menghindari proses penyiraman. Bibit yang ditanam pada musim hujan akan tumbuh dengan sangat cepat. Bibit serai wangi ditanam sekitar 1 atau 2 batang per lubang tanam. Apabila ukuran batang bibit yang akan ditanam sangat besar, cukup ditanam sekitar 1 batang per lubang, tetapi bila kecil-kecil ditanam sekitar 2 batang per lubang. Proses penanaman juga dilakukan sampai sedikit diatas pangkal batang, lalu tanah disekitar bibit dipadatkan.

Penyiangan gan dan Penyulaman

Proses penyiangan pertama dilakukan sekitar 1 bulan setelah masa tanam selanjutnya sekitar 3 bulan sekali atau 4 kali dalam setahun tergantung pertumbuhan gulma. Sedangkan proses penyulaman dilakukan jika ada bibit yang belum tumbuh atau mati dalam kurun waktu sekitar 1 bulan Setelah tanam. Prose penyulaman ini sangatlah penting untuk mempertahankan jumlah dari populasi dan produksi. Bibit yang dipakai untuk proses penyulaman dapat berasal dari anakan yang sudah ditanam dan hidup disampingnya atau dari rumpun induk yang sejenis.

Pemupukan

Untuk menjaga tingkat kesuburan pada tanah dan kestabilan produksi,tumbuhan serai wangi perlu untuk diberi dipupuk. Pupuk berpengaruh pada produksi daun dan banyaknya minyak atsiri yang akan dihasilkan per hektar. Pada usia sekitar 1 bulan setelah masa tanam, berikan pupuk Urea sebanyak sekitar 25 gram atau satu sendok makan per rumpun. Pupuk diberikan dengan cara melingkari rumpun sejarak sekitar 25 cm atau satu jeng-kal. Proses pemupukan dilakukan bersamaan dengan proses pengemburan. Dosis pupuk yang digunakan tergantung dari kondisi tanah baik sifat fisik maupun dari tingkat kesuburannya.

Panen

Proses panen pertama dilakukan pada saat tumbuhan serai wangi sudah berusia sekitar 5 sampai 6 bulan setelah masa tanam dengan cara memotong daun serai wangi pada sekitar 5 cm diatas ligula atau batas pelepah dengan helaian daun dari daun paling bawah yang belum mati atau kering. Proses panen selanjutnya dapat dilakukan setiap sekitar 3 bulan pada musim hujan dan setiap sekitar 4 bulan pada musim kemarau.
*Info lengkap mengenai harga Paranet silakan klik DISINI 

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Paranet atau Plastik Pertanian & Perkebunan  untuk  peneduh tanaman atau untuk pelindung tanaman dari hama atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Serai Wangi Supaya Tumbuh Sehat dan Subur"

Posting Komentar