HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ini 4 Cara Jitu Untuk Menentukan Musim Tanam di Indonesia


Jual Paranet Best Quality - Lim Corporation

Ada bebrapa faktor yang dapat menentukan keberhasilan untuk budidaya tumbuhan. Salah satunya adalah ketepatan dalam membaca musim dan cuaca. Perlu untuk anda ketahui bahwa setiap tumbuhan sebenarnya juga mempunyai musim dan cuaca yang sangat ideal masing-masing. Ada beberapa tumbuhan yang cocok untuk ditanam pada saat musim kemarau dan ada tumbuhan yang juga cocok untuk ditanam pada saat musim hujan. Selain itu ada juga beberapa tumbuhan yang sangat cocok untuk ditanam pada saat musim peralihan.

Bagi para petani di negara indonesia umumnya mereka sudah mengenal dengan baik musim tanam pada daerahnya masing-masing. Namun bagi para petani pemula yang belum terlalu berpengalaman tentunya mereka masih harus belajar serta mengamati dan menghafal musim tanam yang sangat tepat. Salah satunya dengan menentukan tumbuhan pada suatu musim dapat berakibat fatal yaitu gagal panen.

1. Mengenal Musim di Indonesia

Kita semua sudah diajari sejak SD bahwa musim di negara indonesia terbagi menjadi 2 yaitu musim Hujan, musim Pancaroba (Peralihan) dan musim Kemarau. Kami akan jelaskan satu per satu supaya lebih jelas.

Artikel Terkait:

Musim Penghujan
   
Pada musim penghujan, angin dari samudra Pasifik yang kaya akan uap air akan memasuki kawasan negara indonesia. Kelembaban udara pada sebagaian besar wilayah negara indonesia akan sangat tinggi sehingga mulailah turun hujan. Musim hujan di negara indonesia terjadi antara bulan September-Maret dimulai dari wilayah bagian barat terlebih dulu yaitu Sumatera pada akhir bulan September lalu menyusul ke Jawa dan Kalimantan pada bulan November dan terus bergerak ke timur.
   
Musim Kemarau
   
Musim kemarau ditandai dengan berhembusnya angin dari arah Samudra Hindia (Dekat Australia) yang miskin uap air akan memasuki wilayah negara indonesia dengan membawa udara yang kering. Pada saat itu kelembaban udara sangat minim. Rerumputan mengering. Namun pada saat kemarau suhu udara akan terasa sangat dingin pada malam hari. Musim kemarau di mulai bulan pada April – Agustus.

 http://bit.ly/hargaparanet
Musim Pancaroba (Peralihan)
   
Yang dimaksud merupakan peralihan dari kemarau ke musim hujan atau sebaliknya. Musim Pancaroba berlangsung sangat singkat. Untuk Peralihan dari musim kemarau ke musim hujan terjadi pada bulan September-November sedangkan untuk peralihan dari musim hujan ke musim kemarau terjadi pada bulan Maret-Mei. Pada musim pancaroba terkadang masih turun hujan dengan intensitas yang rendah sampai sedang tergantung kondisi Lanina atau Elnino.

2. Tanaman untuk Musim Penghujan

Pada musim penghujan ketersediaan air sangatlah melimpah. Daun tumbuhan menghijau dengan suburnya dikarenakan kandungan nitrogen bebas yang ada dalam air hujan. Pada musim hujan ini juga disarankan untuk menanam berbagai macam tumbuhan contohnya sayuran dan buah-buahan. Namun juga harus selektif untuk dapat menyesuaikan ketinggian lahan dari permukaan air laut serta ketahanan tumbuhan tersebut.


Anda harus tahu bahwa penyakit tumbuhan pada musim penghujan itu hampir semuanya ditimbulkan oleh cendawan (jamur) dan bakteri patogen. Sedangkan serangan hama serangga contohnya kutu daun sangat minim sekali. Kelembaban udara yang sangat tinggi disertai kadar nitrogen sangat melimpah dapat menimbulkan jamur dan juga bakteri yang berkembang biak dengan sangat pesat. Sedangkan telur kutu-kutuan akan gagal menetas pada kondisi yaqng lembab.

3. Tanaman Untuk Musim Kemarau

Sedangkan tumbuhan untuk musim kemarau sebaiknya dipilih tumbuhan yang menargetkan buah dan umbi untuk dipanen. Pada saat musim kemarau hama tumbuhan sangat intens pada macam serangga contohnya kutu daun yang dapat menularkan virus keriting dan bulai. Pada musim kemarau anda juga harus rajin untuk melakukan pengairan.

4. Tanaman Untuk Musim Pancaroba (Peralihan)

Sebenarnya yang sangat dinanti para petani profesional justru malah musim Pancaroba. Karena pada saat musim pancaroba hampir setiap macam tumbuhan dapat untuk dibudidayakan dengan normal. Populasi hama dan penyakit juga berada pada level yang sedang sehingga mudah untuk diatasi. Alhasil panen pada musim Pancaroba merupakan panen yang sangat ideal. Yang sangat dihafal oleh para petani merupakan tumbuhan cabe yang sangat fenomenal karena harganya fluktuatif. Apabila tumbuhan cabe ditanam pada musim hujan maka buahnya akan dapat busuk oleh penyakit patek atau disebut(antraknosa). Sedangkan bila ditanam pada musim kemarau maka daunnya akan keriting serta warnanya menguning akibat serangan kutu dan juga daun.
Jual Paranet Kualitas Import & Lokal
*Info lengkap mengenai harga Paranet silakan klik DISINI 

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Paranet atau Plastik Pertanian & Perkebunan  untuk peneduh tanaman atau untuk pelindung tanaman dari hama atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini 4 Cara Jitu Untuk Menentukan Musim Tanam di Indonesia "

Posting Komentar