HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Teknik Budidaya Buah Kesemek dengan Mudah & Hemat

Distributor Paranet (ShadingNet) Murah - Lim Corporation 

Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini juga dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki dalam bahasa Jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini. Sepintas kesemek (Diospiros kaki) mirip buah apel, jika sudah matang berwana kulitnya agak kekuningan.

Rasanya manis dengan tekstur daging renyah seperti papaya mengkal dan berangsur lunak seiring dengan matangnya buah. Buah kesemek bisa juga dimakan sebagai buah meja, kesemek cukup potensial sebagai bahan baku manisan  atau selai. Jika saat pada musim, buah kesemek sangat melimpah. Pasar modern masih berkurang pada menyerap buah karena semua orang menyukainya. Kondisi ini seringkali menjadikan harga buah sangat murah.

Budidaya buah kesemek yang cocok di daerah subtropik dan ada asal-usulnya, kesemek dapat beradaptasi dengan berbagai cuaca pada iklim sedang yang hangat, seperti yang dijumpai di dataran tinggi daerah tropik. Pengalaman di Asia Tenggara menunjukkan bahwa iklim musiman yang menonjol tidak diperlukan. Pembudidayaan kesemek berhasil dengan baik di dataran tinggi di atas 1000 m dp, tetapi dijumpai juga beberapa contoh pohon kesemek yang berbuah di dataran rendah, misalnya di Kucing (Sarawak).

Lahan yang ternaung penting sekali untuk menghindari kerusakan pada daun mudah yang masih lemah dari embusan angin, dan menghindari terjadinya lecet-lecet pada buah. Pada di pohon kesemek toleran yang ada terhadap berbagai macam tipe yang telah di gunakan yaitu tanah, tetapi lebih mudah untuk mempertahankan hasil produksi yang tinggi jika ditumbuhkan pada tanah tetapi tidak harus terlalu berat, dan yang baik pada drainasenya. Keasaman yang dianjurkan ialah pH antara 5,5-6,5. Pohon kesemek yang berukuran kecil sampai  sedang, 15 m atau kurang, dioesis (dioecious, berumah dua) dan kadang-kadang monoesis, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang, serta menggugurkan daun.

Daun sudah di dalam dua deret, yang tersusun secara berseling, bertangkai pendek. 3 cm, bundar, bundar telur sampai jorong, 2,5-15 × 5-25 cm, hijau kuning berkilap. Pada saat berbunga jantan dalam mulai pendek berisi 3-5 kuntum, bunga betina soliter, di ketiak daun, berbilangan 4. Buah buni berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat, hijau kekuning-kuningan sampai merah, dengan daun kelopak yang tidak rontok.


Pedoman Budidaya

Masih banyak buah kesemek di ada Indonesia dan Malaysia biasanya melalui pemisahan tunas akar yang sudah berumur beberapa tahun. Tanaman yang berasal dari benih cenderung yang bercabang kurus-kurus clan lemah. Di daerah subtropik, perbanyakan kesemek dilakukan dengan sambungan mata tunas dewasa di atas batang bawah yang berasal dari benih. Saat diperbanyakan yang tepat merupakan hal yang penting, sebab jika masa pertumbuhan pucuk secara alami terlewati, pertumbuhan akan terhambat beberapa tahun; hal ini merupakan masalah tersendiri pada kesemek.

Pada saat juga potion sedang tidak berdaun lagi, dan hati-hatilah agar perakarannya tidak akan rusak. Jarak tanam yang bergantung kepada kesuburan pohon dari- berbagai kultivar gunakan bervariasi antara 6 m x 4,5 m (setara dengan 370 pohon/ha) dan 5 m x 2,5 m (setara dengan 800 pohon/ha). Kita saat menanam masih di daerah tropik, pertumbuhan kesemek cenderung lebih subur, dan umumnya diperlukan jarak tanam yang lebih jarang.


Paranet Pertanian Murah 
Pemeliharaan

Pembuangan kuncup dan penjarangan bunga yang dianjurkan untuk menekan kecenderungan pada terjadinya berbuah dua-tahunan. Lalu kita tambahkan pada buah-buah yang masih kecil  juga sampai tinggal satu atau paling banyak dua butir pada setiap pucuknya, agar diperoleh buah yang baik kualitasnya. Pada kita saatnya pemupukan utama baik dengan pupuk kandang maupun pupuk buatan kita laksanakan 1-2 bulan sebelum dipanen.

Pada buah kesemek ini ada kelebihannya di nitrogen agar kita hindari dan sebabnya akan merangsang kesuburan tanaman, menambah rontoknya buah yang masih kecil-kecil, dan mempercepat pertumbuhan buah sehingga akan terjadi rongga di bawah daun kelopak. Buah kesemek dapat dipanen dengan cara tangkai buahnya dipotong, sehingga daunnya dan kelopaknya tetap menempel pada buah. Di Jepang, masih ada digunakan pada peta warna untuk memastikan bahwa buah ini yang dipetik itu warna kulitnya optimal. Sebagian besar kultivar dapat disimpan buahnya di dalam ruang pendingin pada suhu + 1° C sampai -1° C selama 2-4 bulan.

Pangsa Pasar

Kita masih dalam kesesulitan dalam  menemukannya di supermarket atau toko-toko buah berkelas.Bila ingin kesemek, carilah di pasar tradisional. Tak perlu repot-repot menawar karena harganya sudah murah. Biasanya tak sampai Rp 5.000 per kilo. Karena mungkin dengan harga yang murah, kesemek kadung dicap sebagai buah rakyat. Karena pada faktor ini atau sebab yang lain, banyak juga yang enggan dalam membeli kesemek untuk disuguhi menjamu tamu lantaran gengsi. Buah ini cukup penting dalam tradisi Tiongkok dan Jepang, sehingga nilai komersialnya tinggi di sana.

Pada saat ini komersialisasi dalam produksi kesemek telah  merembet dan meluas ke Selandia Baru, Australia dan Israel. Ekspor dari Israel inilah yang dinamai sebagai Sharon fruit.Di Indonesia, Malaysia dan Thailand, produksi kesemek umumnya hanya cukup untuk konsumsi lokal. Sumatera Utara, khususnya wilayah Brastagi, di waktu lalu pernah secara tetap mengirimkan kesemek untuk Singapura; namun kini terhenti karena kualitasnya terdesak oleh kesemek produk negara-negara lain. Pada di tempat di Indonesia yang lain dapat menghasilkan kesemek di antaranya adalah Jawa Barat dan Jawa Timur, di mana buah ini ditanam pada daerah-daerah tinggi di pegunungan.

Jual Paranet Murah 
*Info lengkap mengenai harga Paranet silakan klik DISINI

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Paranet untuk peneduh tanaman atau untuk pelindung tanaman dari hama atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Budidaya Buah Kesemek dengan Mudah & Hemat"

Posting Komentar