HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Solusi Tepat Mengatasi Hama Penyakit Pada Buah Srikaya

Produsen & Distributor Paranet Murah - Lim Corporation

Meningkatkan hasil dari buah srikaya perlu dipemeliharaan yang baik. Walaupun diperlukan biaya untuk mengatasi pada hama dan penyakit, namun buah dengan berkualitas yang baik akan dihasilkan. Jika buahnya baik maka harga yang didapatkan pun akan sebanding. Petani harus secara serius memelihara pada tanaman srikaya, terutama terkait dengan hama dan penyakitnya. 

Sebabnya sekalipun tanamannya kasih cukup pupuk, bibitnya sangat baik, tanahnya subur, namun pada hama dan penyakitnya tidak dikendalikan dengan baik, bisa jadi petani akan gagal panen atau merugi. Hama dan penyakit pada tanaman buah ini bisa disebabkan oleh pengaruh agroklimak, misalnya tanah yang kurang cocok dengan tanaman srikaya.

Terdapat Ada 3 Jenis Hama Utama Yang Sering Tanaman Srikaya Yaitu :

A.Hama

1. Hama Kutu Putih

Hama ini berwarna putih, hidup yang bergerombol dan biasanya ditemukan pada di pucuk daun, tangkai bunga, dan permukaan pada kulit buah. Kutu putih yang memiliki daur hidup selama 37 - 50 hari, setiap induknya dapat menghasilkan 300 - 700 butir telur. Jika buah terserang hama ini, maka  pertumbuhannya akan terhambat dan buahnya akan mengering. Bahkan selanjutnya, buah yang dapat terserang hama ini dapat menularkan virus.

Pengendaliannya dengan mencuci dibagian yang terkena terserang pada menggunakan air sabun atau tembakau. Atau dengan menyemprotkan insektisida Azodrin 60 WST, Sevin 85 S dan perfekthion. Perhatikan dulu dosisnya sehingga tidak mengganggu buah srikaya. Petani harus juga mengusahakan untuk bisa menutup atau memasukkan buah yang masih kecil ke dalam kerudung plastik yang diberi lubang-lubang kecil sehingga udara tetap menyentuh buah, namun buah aman dari hama, setidaknya dapat dikurangi.


2. Ngengat Penusuk Buah

Ngengat Othreis fullonica ini memiliki bentangan sayap 6 - 9 cm, warna sayap cokelat tua. Masa hidupnya sekitar 10 minggu dan mampu bertelur sampai 150 butir. Telur diletakkan di balik daun dan menetas dalam waktu 3 - 4 hari. Ulat yang berwarna hijau dan setelah dewasa berwarna seperti beledu panjangnya mencapai 6 cm. Ngengat ini menyerang pada tanaman srikaya dengan cara menusuk buah dan menghisap cairannya. 

Pada bekas tusukan yang sering dipakai bertelur lalat buah. Pengendaliannya dapat kita lakukan dengan menjaga kebersihan sekitar kebun, melakukan pada pengasapan saat sore hari, memasang umpan menggunakan buah yang diolesi larutan natrium arsenat 1,25% yang dipasang di kebun, dan penyemprotan insektisida Ripcord, Diazinon, atau jenis lainnya.

3. Lalat Buah

Lalat betinanya dapat menusuk buah dengan menggunakan ovipositor dan meletakan 10-15 butir telur sedalam 6 mm di bawah permukaan kulit buah. Tusukan ini dapat mengakibatkan kulit buah menjadi benjol-benjol dan rontok atau mengundang lalat jenis lainnya untuk datang bertelur atau memakan daging buah. Lalat ini dapat menyerang srikaya di daerah panas dan telurnya akan menetas setelah 30-36 jam. Daur hidup mulai telur sampai dewasa sekitar 25 hari, dan untuk daerah dingin daur hidupnya Lebih lama. 

Pengendaliannya dapat kita lakukan dengan menjaga kebersihan kebun, mengumpulkan dan membakar buah yang terserang untuk membunuh telur yang ada di dalam buah, pembungkusan buah, atau menggunakan perangkap dengan metil-eugenol yang dimasukan dalam botol bekas aqua kemudian ditempatkan di kebun. Selain ada 3 jenis hama ini, yang terdapat hama lain yang sering menyerang srikaya yaitu lalat hitam, lalat putih kelapa dan semut.

Jual Paranet Murah 
B.Penyakit

Penyakit Utama Yang Sering Menyerang Tanaman Srikaya Adalah :

1. Busuk Buah

Petani srikaya biasanya paling takut dengan penyakit ini. Cendawan ini dapat menyerang bagian buah. Jika buah sudah terserang maka timbul bercak-bercak berwarna coklat muda, kemudian buah mengering dan mengeras lalu mati. Pengendalian penyakit ini lakukan dengan cara sanitasi kebun dan memusnahkan buah yang terserang. Pangkaslah cabang sehingga terkena sinar matahari dapat menyinari seluruh daun pohon srikaya. Cara lainnya adalah dengan penyemprotan fungisida pada dibagian yang terserang, misalnya dengan Antrasol, Dithane M-45 berkonsentrasi 0,2%.

2. Jamur Upas

Cendawan ini menyerang tanaman srikaya dan timbul pada batang atau cabang yang kulitnya telah berwarna cokelat, tetapi belum memiliki gabus. Serangan yang berat terjadi saat kelembaban tinggi dan dapat mengakibatkan daun-daun akan mejadi layu dan menguning. Pengendalian kita lakukan pada musim hujan dengan penyemprotan fungisida atau bubur Bordeaux 1%. Cara lain, yaitu dengan sanitasi kebun dan pemangkasan agar kelembabannya sekitar tanaman berkurang.

3. Antraknosa

Penyakit ini dapat mengakibatkan gugurnya pada bunga dan buah saat masih kecil. Gejalanya timbul mulai dari pangkal buah atau bunga, warnanya coklat. Buah yang pangkalnya sakit mudah sekali gugur. Jika buah yang terserang tidak gugur dan cuaca cukup kering, maka buah akan mengeriput. Apabila cuaca lembab, di permukaan kulit buah tampak miselium jamur berwarna putih kelabu.
Pengendalian dilakukan dengan mengurangi kelembaban kebun dengan menghilangkan gulma yang tinggi, sanitasi kebun secara teratur, mengumpulkan dan membakar buah yang sakit, menyemprot tanaman menggunakan fungisida Dithane M - 45 dengan konsentrasi 0,2% setiap minggu sekali, tergantung berat ringannya serangan. 


*Info lengkap mengenai harga Paranet silakan klik  DISINI 

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Paranet untuk peneduh tanaman atau untuk pelindung tanaman dari hama atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Tepat Mengatasi Hama Penyakit Pada Buah Srikaya"

Posting Komentar