HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ingin Tahu Solusi Jitu Menanam Cabai di Musim Hujan? Baca Disini

Jual Paranet Harga Murah - Lim Corporation

Menanam cabai pada musim hujan membutuhkan teknik budidaya dan perawatan yan cukup intensif dirapada menanam cabai pada musim kemarau. Menanam tanaman cabai di musim hujan bukanlah musim yang ideal untuk budidaya cabai, sehingga umumnya menanam cabai pada musim hujan yang disebut sebagai bertanam cabai di luar musim. Menanam cabai pada musim hujan bakal menghadapi kendala cuaca yang tidak kondusif untuk tumbuh kembangnya pada tanaman cabai dengan normal. Musim hujan dapat ditandai dengan curah hujan yang tinggi dan kelembaban yang tinggi. Beberapa hal akan memicu pada berkembangnya organisme pengganggu tanaman baik hama ataupun penyakit tanaman sehingga risiko kegagalan panennya akan menjadi lebih besar.

Meskipun demikian menanam cabai pada musim hujan memiliki potensi untuk memperoleh keuntungan yang tinggi. Harga yang tinggi pada saat musim hujan pastinya menjadi incaran para petani. Kenaikan pada harga cabai pada saat musim hujan ini dikarenakan suplai cabai menurun drastis sebab pada saat musim hujan hanya sedikit yang mengusahakan tanaman cabai sebab risiko kegagalanya sangat besar. Pada curah hujan yang tinggi atau iklim yang basah tidak sesuai untuk pertumbuhan pada tanaman cabai. Pada keadaan tersebut tanaman akan dengan mudah terserang penyakit, terutama yang dikarenakan oleh cendawan, yang dapat menyebabkan bunga gugur dan buah akan membusuk. Curah hujan yang baik untuk pertumbuhan tanaman cabai merah yaitu sekitar 600-1200 mm per tahun.

Artikel Terkait:

Sinar matahari sangat dibutuhkan sejak pertumbuhan bibit sampai tanaman berproduksi. Tetapi demikian, tanaman cabai tergolong ke dalam kelompok tanaman C3 tidak menghendaki sinar matahari secara penuh. Tanaman dari kelompok C3 mempunyai titik kompensasi cahaya rendah dan dibatasi oleh tingginya fotorespirasi. Oleh sebabnya, pada peningkatan suhu dan intensitas cahaya matahari menyebabkan tanaman cabai merah tidak dapat tumbuh dengan optimal.

Pemakaian greenhouse adalah salah satu alternatif untuk mengatasi intensitas cahaya matahari yang tinggi. Di fase bibit, pada semua jenis tanaman tidak tahan terhadap intensitas cahaya matahari penuh. Pada tanaman kelompok C3 yang termasuk tanaman cabai, greenhouse tidak hanya dibutuhkan pada fase bibit, tetapi dibutuhkan juga sepanjang siklus hidup tanaman tersebut. Dampak penggunaan greenhouse terhadap iklim mikro antara lain:
1. Intensitas cahaya matahari akan berkurang sebesar 30-40%
2. Aliran udara di sekitar tajuk akan berkurang
3. Kelembaban udara di sekitar tajuk akan lebih stabil sekitar 60-70%
4. Laju evapotranspirasi akan berkurang
5. Akan terjadi keseimbangan antara ketersediaan air dengan tingkat transpirasi tanaman

Budidaya cabai merah, bisa membuat greenhouse sederhana yaitu bangunan yang terdiri atas rangka yang terbuat dari besi dan kayu atau bambu dengan atap yang terbuat dari plastik UV. Struktur bangunan greenhouse harus dirancang sesuai dengan kondisi cuaca di Indonesia. Bahan plastik UV bisa memantulkan sinar matahari langsung yang mengarah ke greenhouse yang bisa mengurangi intensitas cahaya pada tanaman cabai.

Contohnya, grenhouse seluas 1000 m2 dengan ukuran 40m x 25m. Greenhouse dengan luasan lebih dari 1.000 m2, apabila terjadi serangan organisme pengganggu tanaman yang membahayakan dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar. Bangunan screenhouse adalah bangunan semipermanen yang kerangkanya terbuat dari bambu. Tiang dasar dengan menggunakan pasak untuk menyambungkan bambu satu sama lain yang menjadi tidak mudah goyang. Tiang terdiri dari tiang pertama, tiang kedua,ketiga, dan tiang keempat, palang dada dan palang dinding, atap satu dan dua, serta bentangan siku-siku yang akan menjadikan bangunan tersebut kuat. Tinggi tiang utama yakni 6,5 meter, tiang ke-2 5,5 meter, tiang ke-3  4,5 meter, tinggi tiang ke-4 3,5 meter. Jarak antar tiang yakni 3,5 meter.

http://bit.ly/hargaparanet

Pada pemasangan dinding untuk greenhouse harus diperhatikan hati-hati. Pada pembuatan dinding greenhouse ditujukan untuk mengatur sirkulasi udara. Tidak menjadi masalah apabila greenhouse tidak memiliki dinding, atau dengan hanya membuat atap saja. Pembuatan dinding pada greenhouse bisa mengakibatkan terperangkapnya hama atau penyakit yang justru akan membawa dampak negatif bagi pertumbuhan tanaman cabai apabila sanitasi dalam rumah naungan tidak terjaga dengan baik. Untuk mendapatkan hasil dengan optimal, mengantisipasi supaya tanaman cabai selama musim hujan tidak terancam gagal.  Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama menanam cabai pada musim hujan,diantaranya :

1. Memperbaiki drainase di sekitar pertanaman

Air yang menggenang akan menjadi pemicu berkembangnya OPT baik hama ataupun penyakit tanaman cabai. Memperbaiki saluran pembuangan air harus dilakukan sehingga air mengalir dengan lancar.

2. Mengatur tinggi bedengan

Dengan membuat bedengan yang lebih tinggi dapat mengurangi tingginya pada kelembaban tanah sebab banyaknya air, pembuatan bedengan tanaman yang lebih tinggi dibandingkan saat menanam cabai pada musim kemarau.  Tinggi bedengan dapat menjadi sekitar 60-70 cm yang biasanya hanya 50 cm.

3. Mengatur jarak tanam yang lebih lebar

Untuk mengurangi pada kelembaban udara yang tinggi di sekitar pertanaman dan untuk memberikan keleluasaaan cahaya matahari masuk pada sekitar tanaman cabai, cabai ditanam dengan jarak tanam dengan lebih lebar dengan pola zig zag atau segitiga.  Dari beberapa para petani sudah berpengalaman yang sering menggunakan pola ini dengan jarak tanam yaitu 60×70 cm, walaupun populasinya akan menjadi berkurang akan tetapi dapat mempermudah dalam pemeliharaan tanaman dan memberikan iklim mikro yang lebih baik untuk tanaman cabai. Dengan pemakaian mulsa plastik hitam perak sebagai mengontrol kelembaban tanah serta untuk mengurangi penyebaran penyakit disebabkan cipratan tanah yang terkena hujan dan kemungkinan mengandung bibit penyakit atau patogen.

4. Pemantauan perkembangan organisme pengganggu tanaman secara intensif

Perkembangan OPT baik hama ataupun penyakit sangat cepat pada musim hujan sebab cuaca yang mendukung perkembanganya. Oleh sebabnya mengatur pemantauan perkembangan OPT ini dilakukan sejak awal untuk mengantisipasi dan mengendalikan OPT sejak awal dengan intensif terpadu.

https://bit.ly/2dWljly

5. Penggunaan pestisida dengan perekat dan perata untuk efektifitas pemakaian pestisida

Di musim hujan pemakaian pestisida untuk mengendalikan hama atau penyakit harus lebih diefektifkan dengan menggunakan bahan perekat perata sehingga pestisida memiliki daya lekat dan daya sebar yang lebih tinggi sebab tidak mudah tercuci oleh air hujan dengan intensitas tinggi.  Untuk bahan perekat perata yang umum digunakan oleh petani antara lain Agristic, untuk bahan perekat perata lainya silahkan digunakan dengan rekomendasi petugas teknis atau penyuluh pertanian di setempat.

6. Penggunaan naungan plastik atau paranet untuk pelindung tanaman.

Dalam mengurangi terpaan air hujan dengan intensitas tinggi, bisa menggunakan naungan dengan plastik atau paranet. Naungan plastik dapat berbentuk rumah plastik sederhana ataupun berbentuk naungan memanjang sepanjang bedengan tanaman. Pastinya harus diperhitungkan untuk pembiayaanya sebelum menggunakan rumah plastik atau paranet ini.

Jual Paranet
* Ingin info lengkap mengenai harga Paranet silakan klik tautan berikut http://bit.ly/hargaparanet

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Paranet atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Tahu Solusi Jitu Menanam Cabai di Musim Hujan? Baca Disini"

Posting Komentar