HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Menanam Tomat di Pot, Lebih Hemat Tempat dan Praktis

Jual Paranet Harga Pabrik - Lim Corporation 

Kita yang suka mempunyai hoby bercocok tanam, tentu akan sangat menyenangkan apabila kegemaran bisa dilakukan di rumah sendiri. Untuk menyalurkan hoby ini, Anda bisa memanfaatkan lahan terbuka yang ada di sekitar tempat tinggal. Walaupun dengan lahan terbatas, banyak sekali tanaman yang bisa kita pilih untuk kegiatan bercocok tanam di rumah. Salah satunya yakni tomat, tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini menghasilkan buah yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Buah tomat sudah memiliki banyak khasiat untuk bagi kesehatan tubuh kita, oleh karena itu jika kita bisa menanam sendiri pohon tomat di rumah, banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan. Namun masih ada banyak orang yang belum memahami cara menanam tomat dengan baik dan benar, sehingga pertumbuhannya kurang subur dan tidak menghasilkan buah yang lebat. Nah, bagi ingin bercocok tanam tomat di rumahnya, pada kesempatan ini kami akan membagikan 5 langkah mudah cara menanam tomat di rumah supaya tumbuh subur dan berbuah lebat.

Untuk mengatasi ketersediaan lahan yang terbatas, maka Anda bisa menggunakan pot atau polybag untuk menanam pohon tomat di rumah. Cara menanam tomat di dalam pot atau poly bag tidaklah sesulit yang dibayangkan, yang diperlukan hanyalah ketekunan dan sedikit pengetahuan tentang tata cara menanam yang benar, sehingga bibit tomat yang Anda tanam dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah tomat yang segar dan lebat.


BACA JUGA  :

 1. Memilih Bibit Buah Tomat Berkualitas

Hal penting pertama yang harus kita lakukan adalah memilih bibit buah tomat yang baik. Untuk melakukan ini  bisa menyortir buah tomat dari segi fisiknya, pilih yang mempunyai betuk normal, segar dan bebas dari segala penyakit hama.

Masih ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan acuan untuk memilih buah tomat yang cocok digunakan sebagai bibit, seperti di bawah ini :
- Pilihlah buah tomat yang benar-benar sudah baik dalam kondisi matang, dengan ciri utama yaitu berwarna merah menyala dan berkulit tipis.
- Memiliki ukuran yang besar dibandingkan yang lainnya
- Tidak ada yang terdapat luka cacat atau bekas terserang hama maupun penyakit
- Jika kita belah maka ada dalamnya memiliki kepadatan biji yang merata
- Biji tomat yang bagus untuk bibit berukuran besar dan jika direndam dalam air biji tidak terapung ke atas.

2. Melakukan Penyemaian Biji Buah Tomat Dengan Baik


Ikuti Langkah-langkah Berikut Untuk Mendapatkan Hasil Penyemaian Yang Baik :

- Rendam terlebih dahulu biji buah tomat yang akan dijadikan benih di dalam air yang sudah dicampur dengan fungisida. Hal ini bertujuan untuk mematikan penyakit hama yang ada di dalam benih biji tomat tersebut.
- Setelah direndam, kemudian kita masukkan biji tomat ke dalam media penyemaian berupa campuran tanah dengan pupuk kompos dengan rasio komposisi 1 : 1.  Media semai bisa ditempatkan di polybag, baki, ataupun Pot. Kemudian kita buatlah lubang di agak tengah-tengah media semai dengan telunjuk dengan kedalaman sekitar 5 sampai 10 cm, lalu masukan biji benih tomat dan tutup kembali lubang dengan campuran tanah dan media semai. Letakkan dimedia semai di tempat yang teduh, dengan sinar matahari cukup pada saat pagi hari saja.  Lakukan penyiraman secara rutin pada media penyemaian, yaitu setiap pagi dan sore hari. Sudah menginjak pada usia 7-10 hari, biji tomat yang disemaikan akan mulai mengeluarkan kecambah. Tunggu sampai benih tomat sampai berumur 15 sampai 20 hari sejak mulai disemaikan, sebelum dipindahkan ke dalam pot sebagai media tanamnya.

https://bit.ly/2dWIjly

3. Menyiapkan Pot Sebagai Media Tanam Benih Pohon Tomat

Tomat di dalam pot adalah menyiapkan tempat yang akan digunakan untuk tumbuh dan berkembangnya pohon tomat, dalam hal ini pot atau polybag. Kita bisa menggunakan berbagai jenis pot bunga yang terbuat dari bahan plastik, keramik, semen maupun tanah liat. Namun kita pilih pot yang terbuat dari tanah liat, karena pori-pori pot dari tanah liat ini akan mudah ditembus air maupun sirkulasi udara yang dibutuhkan akar tanaman tomat selama masa pertumbuhan. Jika ingin memanfaatkan barang bekas yang tidak terpakai di rumah, bisa  menggunakan kaleng bekas atau polybag untuk menanam benih tomat. Apa yang kita perlu dipersiapkan yaitu, media tanam ayang akan di masukan ke dalam pot. Buatlah dengan campuran tanah lempung, pasir dan pupuk kompos yang sudah siap matang dengan perbandingan masing-masing 1 : 1. Sebelumnya kita lakukan saat penyaringan terhadap pupuk kompos sampai dengan benar-benar halus, baru kemudian kita aduk hingga sampai merata bersama dengan tanah lempung dan pasir. Jangan lupa kita memilih pot yang mempunyai lubang di bawahnya, agar siraman air tidak tergenang di pada bagian dasar pot yang justru akan membuat busuk tanaman tomat Anda.

4. Memindahkan Benih Tanaman Tomat Dari Media Penyemaian Ke Dalam Pot

Setelah sudah mulai benih berumur 20 hari di dalam media penyemaian dan media tanam di dalam pot yang sudah siap digunakan, maka sekarang saatnya Anda bisa memindahkan benih tomat hasil penyemaian ke dalam pot. Buatlah dahulu lubang di tengah-tengah media tanam di dalamnya pot, kemudian kita ambil benih di media semai secukupnya yang menutupi bagian akarnya lalu dimasukan ke dalam lubang media tanam di dalam pot, kemudian padatkan dengan menggunakan campuran tanah tadi secukupnya. Lakukan saat pemindahan benih dengan sangat hati-hati, jangan sampai ada di bagian akar pohon tomat yang patah atau rusak.

5. Memelihara Pertumbuhan Tanaman Tomat Di Dalam Pot Secara Telaten

Tahapan ini mempunyai peranan yang penting yang subur tidaknya pertumbuhan tanaman tomat di dalam pot. Yang pertama, tempatkan di pot di sekitar halaman rumah yang terkena sinar matahari pada saat pagi hari saja, atau bisa juga di tempatkan pada tempat yang memakai atap transparan, sehingga tidak terkena panas terik matahari secara langsung pada siang hari. Lakukan penyiraman air secara rutin pada waktu pagi dan sore hari, agar tanaman tomat mendapatkan pasokan air yang cukup. Lakukan pengajiran (pemasangan tiang bambu di samping tanaman) sebagai untuk merambat bagi pohon tomat yang sudah tumbuh besar. Untuk membuat tanaman tomat tetap masih subur serta menghasilkan buah yang banyak dan segar, dan berikan pupuk kandang yang secukupnya setiap dua bulan sekali. Biasanya ketika masa tanam pada berumur 60-90 hari, tanaman tomat yang sudah bisa mulai di panen.

Jual Paranet Murah

*Info lengkap mengenai harga Paranet silakan klik DISINI

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Paranet untuk peneduh tanaman atau untuk pelindung tanaman dari hama atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service:

Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:



Catatan:
– Minimal order 5 roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Tomat di Pot, Lebih Hemat Tempat dan Praktis"

Posting Komentar