HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Inilah!! 10 Trik Jitu Budidaya Cabai Di Musim Hujan


Menanam cabai di musim hujan memerlukan teknik budidaya dan perawatan yang cukup intensif dibandingkan dengan menanam cabai pada musim kemarau.  Menanam cabai pada musim hujan bukanlah musim yang ideal untuk budidaya cabai, sehingga seringkali menanam cabai pada musim hujan disebut sebagai bertanam cabai di luar musim. Menanam cabai di musim hujan akan menghadapi kendala cuaca yang tidak kondusif  pada tumbuh kembangnya tanaman cabai secara normal. Musim hujan ditandai dengan curah hujan yang tinggi dan kelembaban tanah yang tinggi. Hal tersebut akan memicu berkembangnya organisme pengganggu tanaman baik hama maupun penyakit tanaman sehingga risiko kegagalan  panennya menjadi lebih besar.

Walaupun demikian jika menanam cabai pada musim hujan mempunyai potensi untuk memperoleh keuntungan yang tinggi. Harga cabai yang tinggi pada saat musim hujan menjadi incaran para petani. Kenaikan harga cabai pada saat musim hujan ini disebabkan oleh suplai cabai yang menurun secara drastis karena di saat musim hujan hanya sedikit yang mengusahakan tanaman cabai karena risiko kegagalanya sangat besar.

Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang benar-benar sangat matang supaya produksi cabai dapat maksimal, baik di musim kemarau maupun hujan. Nah, Cobalah beberapa cara di bawah ini untuk mendapatkan hasil panen cabai yang sesuai harapan dan berkualitas

1. Pembuatan Embung


Permasalahan yang utama saat musim kemarau adalah air. Pembuatan embung bisa menjadi salah satu alternatif solusi permasalahan tersebut. Embung adalah bendungan berukuran kecil yang berfungsi untuk menampung air pada saat akhir musim hujan yang  digunakan pada musim kemarau.

2. Menggunakan Sistem Irigasi Tetes

Irigasi tetes adalah sistem irigasi yang caranya diteteskan secara langsung pada zona perakaran. Sistem ini memiliki kemampuan dalam menghemat penggunaan air dan pupuk terutama di musim kemarau. Selain itu, sistem ini juga bisa menekan serangan penyakit pada daun.

3. Cek Drainase

Di musim hujan, air yang menggenang adalah pemicu utama berkembangnya biaknya penyakit tanaman cabai. Karena itu, pastikan saluran pembuangan air berjalan dengan baik.


Baca Juga : 
3 Keuntungan Menggunakan Kantong Sampah Plastik, Lebih Kuat
Menawan!! Budidaya Paprika Dalam Greenhouse
4 Tanaman Yang Diudidayakan Di Polybag, Ternyata Sangat Menguntungkan

4. Mengatur Tinggi Bedengan

Bedengan yang lebih tinggi dapat mengurangi kelembapan tanah akibat dari banyaknya air atau tingginya curah hujan. Pada musim ini, sebaiknya tinggi bedengan sekitar 60—70 cm.

5. Mengatur Jarak Tanam Yang Lebih Lebar

Untuk mengurangi kelembapan udara yang cukup tinggi di sekitar tanaman dan memberikan keleluasaan sinar matahari masuk di bagian tanaman cabai, tanam cabai dengan jarak yang lebih lebar menggunakan pola zig-zag atau segitiga.
 


6. Menggunakan Mulsa Plastik Hitam

Penggunaan mulsa plastik hitam perak bisa mengontrol kelembapan tanah dan dapat mengurangi penyebaran penyakit melalui cipratan tanah yang terkena hujan.

7. Memantau Perkembangan Organisme Pengganggu Tanaman Secara Intensif

Saat musim hujan, biasanya perkembangan OPT sangat cepat. Oleh karena itu, pantau terus perkembangannya sehingga dengan mudah untuk diantisipasi dan dikendalikan.

8. Memperhatikan Sanitasi Sekitar Pertanaman


Bersihkan area yang tanami dari gulma atau tanaman lain yang bisa menjadi inang atau tempat hidup bagi hama atau penyakit.

9. Penggunaan Pestisida Dengan Perekat dan Perata


Penggunaan pestisida di musim hujan seringkali tidak terlalu efektif karena selalu larut terbawa air hujan. Untuk mengantisipasinya, gunakan bahan perekat dan perata sehingga pestisida mempunyai daya lekat dan daya sebar yang lebih tinggi serta tidak mudah larut oleh air hujan.

10. Penggunaan Naungan Plastik atau Paranet Untuk Melindungi Tanaman

Untuk mengurangi dari terpaan air hujan dengan intesitas yang tinggi, gunakan naungan plastik atau Paranet.

Jika Anda membutuhkan Paranet dengan harga murah, silahkan menghubungi kami untuk pemesanan dan pembelian. Info lebih lanjut silahkan sms/call pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564.

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah!! 10 Trik Jitu Budidaya Cabai Di Musim Hujan"

Posting Komentar