HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ini Dia Cara Budidaya Jeruk Nipis Di Pekarangan Rumah


Jeruk nipis adalah tanaman yang banyak dipakai sebagai bahan masakan, minuman, obat tradisional, kosmetik, minyak atsiri, kue, dan bahan baku utama sabun pencuci piring. Jeruk nipis termasuk dalam tanaman perdu. Tanaman ini juga termasuk gampang jika dibudidayakan. Tak jarang banyak yang mencoba budidaya jeruk nipis di pekarangan rumah. Ini karena untuk budidaya jeruk nipis tidaklah membutuhkan lahan yang luas.

Budidaya Jeruk Nipis di Pekarangan Rumah

Tinggi pohon jeruk nipis hanya sekitar 1,5—3,5m dengan daun dan buah yang cukup lebat. Buah jeruk nipis memiliki tingkat keasaman yang tinggi dengan aromanya yang sedap. Jeruk nipis mengandung vitamin B dan C sehingga baik jika dikonsumsi sebagai penambah daya tahan tubuh. Karena manfaatnya yang banyak, mungkin Anda bisa mulai menanamnya di kebun atau lahan yang Anda punya.

Ada Beberapa Langkah-Langkah Dalam Budidaya Jeruk Nipis, yaitu :

Pembibitan

Untuk memulai budidaya jeruk nipis, tahapan awal yang harus dikerjakan yaitu pembibitan. Pengembangbiakan jeruk nipis dapat dikerjakan secara generatif, vegetatif, atau okulasi. Jika secara vegetatif dapat diperoleh dari hasil cangkokan, generatif dari biji, sedangkan okulasi yaitu dengan cara menempelkan mata tunasnya pada batang pohon jeruk manis, jeruk sitrun, serta jeruk nipis sendiri. Penyambungan bisa dikerjakan sekitar umur 16 bulan, biarkan tempelan selama 1 tahun di pohon tempelan.

Pengolahan Lahan

Pada budidaya jeruk nipis, pengolahan tanah dengan baik sangat penting dikerjakan. Terutama untuk menyingkirkan gulma dan rumput liat yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman nantinya.

Baca Juga :
Tips & Trik Praktis Budidaya Melon Dengan Polybag, Untung Melimpah
Inilah Cara Jitu Budidaya Bawang Bombay, Dijamin Ciamik!!
Tips Budidaya Anggur, Buah Banyak Manfaat & Menguntungkan

Setelah selesai, selanjutnya buatlah lubang penanaman 2—4 minggu sebelum masa tanam dengan ukuran lubang sekitar 80cm × 80cm × 80cm. Masukkan pupuk kandang/pupuk buatan pada lubang tanam. Atur jarak tanam sekitar 5m × 5m.

Perawatan

Perawatan jeruk nipis sebetulnya cukup sederhana. Anda cukup menjaga supaya gulma dan rumput liar tak tumbuh lebat di sekitar area pohon jeruk nipis jika menginginkan tanaman tumbuh dengan subur. Siram tanaman secara rutin, terutama ketika musim kemarau.

Selanjutnya, berikan pemupukan lanjutan setiap 1 lubang tanam sekitar 6—16kg pupuk kandang dan 1,5kg TSP. Pemberian pupuk lanjutan sebaiknya dikerjakan ketika tanaman berumur sekitar 4 tahun. Pangkas cabang primer sampai tinggal sekitar 20cm. Lakukan juga pemangkasan batang tanaman yang berada 60cm dari atas tanah.

Pemanenan

Jeruk nipis siap dipanen ketika berumur 3 tahun. Pada umur 4—5 tahun biasanya bisa menghasilkan 20kg buah dan bahkan bisa mencapai 50kg buah setelah masuk umur 6—15 tahun. Jeruk nipis bisa dipanen buahnya setelah 7—8 bulan setelah berbunga.

Jika Anda membutuhkan Paranet untuk peneduh dan pelindung tanaman dari hama dan rumput liar ataupun untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Cara Budidaya Jeruk Nipis Di Pekarangan Rumah"

Posting Komentar