HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PARANET

Paranet, Jual Paranet, Shading Net, Harga Paranet, Jual Shading Net, Insect Net, Insect Screen, Jaring Kasa, Kasa Hijau, Kasa Putih, Paranet 50%, Paranet 65%, Paranet 75%, Paranet 85%, Paranet Nylon, Jaring Polynet (Safety net), Jaring Pengaman Proyek, Waring Ikan, Waring Hitam, Waring Pagar



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Paranet Bisa Dimanfaatkan Untuk Peneduh Kolam Patin

Ikan patin sekarang ini sudah jadi salah satu ikan yang banyak disukai oleh para masyarakat di Indonesia, namanya tidak kalah dengan ikan-ikan yang lainnya yang sering di konsumsi seperti misalnya ikan mas, nila, gurame, mujaer, serta ikan lele. Maka, membudidayakan ikan patin ini menjadi suatu bidang bisnis ternak yang tentunya akan selalu dapat memberikan hasil keuntungan yang berlimpah. Proses pembesaran pada ikan patin sendiri biasa dikerjakan pada kolam yang umumnya dikerjakan sesudah ikan patin dipelihara lebih dulu pada kolam pendederan.


Namun, ada pula yang langsung membudidayakannya pada kolam pembesaran langsung tanpa melalui kolam pendederan. Perlu Anda ketahui kalau pemeliharaan patin di kolam pedederan ini dikerjakan guna ikan patin yang masih mempunyai ukuran yang sangat kecil. Tak hanya hal itu, ikan patin ini pula tak selalu memilih jenis kolam khusus atau tertentu, yang mana ikan patin dapat Anda pelihara dan juga tetap bisa tumbuh secara baik diberbagai jenis kolam ternak. Salah satu jenis kolam yang bisa Anda pakai untuk membudidayakan ikan patin ini adalah kolam tanah.

- Persiapan Kolam

Ketika Anda sedang mempersiapkan kolam yang kelak bakal Anda jadikan untuk media budidaya ikan patin, sebaiknya lebih dulu Anda keringkan pada dasar kolamnya sampai retak-retak, sebelum nantinya bakal ditaburi dengan memakai pupuk kompos dipermukaan dasar bagian kolamnya, hal tersebut bertujuan guna menciptakan bibit fitoplankton. Sesudah itu, Anda dapat menaburi dengan pupuk kapur serta pula pupuk urea, yang berguna untuk menstabilkan kadar asam pada airnya.

BACA JUGA 

Beginilah Cara Budidaya Lada Perdu


- Pengisian Air

Untuk pengisian air, dapat Anda kerjakan sesudah seluruh syarat di atas telah terpenuhi, silakan Anda isikan airnya sekitar 50-100 cm, dengan tujuan guna mempermudah ikan patin menjalani aktifitas ketika menghurup oksigen, karena bila airnya begitu dalam, ikan patin akan sedikit kesusahan untuk melakukannya. Lalu diamkan saja kolam tersebut dengan posisi air seperti itu sekitar kurang lebih 2 minggu, sampai airnya berubah warna menjadi agak kehijauan.

- Menyebar Benih

Saat proses penyebaran benih berlangsung, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, sebelum nantinay benih patin disebar pada kolam, seperti contohnya dengan menyiapkan ember ataupun bak, lalu Anda masukkan air yang diambil dari dalam kolam ke ember tadi, kemudian masukkan benih patin ke dalam ember sektiar 30 menit. Sesudah itu, masukkan benih ikan patin ke kolam dengan padat penyebaran sekitar 5 ekor per m2.

- Pemberian Pakan

Ikan patin sendiri termasuk kedalam ikan yang lumayan rakus makannya, seberapapun Anda memberikan ikan itu makanan, maka bakal langsung habis namun langkah tersebut tak begitu efektif. Frekuensi pakan didalam pemberian pakan cukuplah dikerjakan ketika pagi, siang, serta malam hari. Pakan yang dapat diberikan ialah berupa pelet ikan dan juga pakan tambahan buatan yang lainnya.

- Pemasangan Paranet

Ini yang terpenting, seringkali Anda menjumpai beberapa kolam ikan patin terdapat sebuah penutup diatas kolam ikan pating yang menyerupai seperti jaring. Tutup kolam ikan patin inilah yang disebut dengan jaring paranet. Paranet sendiri memiliki fungsi menutup area kolam ikan supaya saat debit kolam ikan patin naik yang disebabkan oleh hujan, ikan patin tidak akan keluar dari kolam tanah. Namun mengapa malah dianjurkan memakai paranet, bukannya seng ataupun penutup plastik?

Hal tersebut disebabkan jaring paranet ialah sebuah alternatif yang pas untuk menutup kolam ikan patin Anda. Kalau kolam ikan patin ditutup dengan memakai seng, maka kolam tak bakal memperoleh sinar matahari cukup meskipun ikan patin bisa hidup dalam kondisi gelap serta air yang keruh, tapi tetap saja ikan patin membutuhkan cahaya matahari guna hidup jadi seng sedikit kurang efektif kalau dipakai untuk penutup kolam ikan pating serta apabila kolam patin ditutup dengan memakai plastik jadi ikan pating bisa dengan gampannya keluar dari kolam sebab ikan patin juga mampu menembus plastik yang Anda pasang tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Paranet Bisa Dimanfaatkan Untuk Peneduh Kolam Patin"

Posting Komentar