Kamis, 14 September 2017

Buruan Baca, Hama Rayap Pada Tanaman Karet Serta 7 Cara Penanganan Tepatnya!

Tanaman karet ialah tanaman tahunan yang bisa berkembang hingga usia sekitar 30 tahun. Untuk habitat tanaman karet termasuk pohon yang berketinggian bisa mencapai sekitar 15-20 meter. Langkah awal dalam pengusahaan pohon ini ialah batang dengan tinggi 2,5-3 meter yang mana ada seperti pembuluh latek.

Sedangkan, rayap sendiri ialah serangga kecil yang kasat mata hampir serupa dengan semut, sering ditemui pada banyak tempat, di lingkungan hutan, pekarangan, kebun, serta ada juga di dalam suatu rumah.

Untuk sarang si rayap bisa ada di tempat yang lembab di bagian dalam tanah serta batang kayu yang basah, namun ada pula yang bertahan hidup di dalam sebuah kayu kering. Pakan utamanya yakni tak salah lagi seperti kayu serta bahan-bahan dari bahan selulosa lain dan juga jamur.

Baca Juga :  5 Tahapan Praktis Cara Budidaya Tomat, Agar Panen Berkualitas!

Nah, hama tanaman karet seperti rayap ini memiliki nama ilmiahnya yaitu Coptotermes confignathu serta Microtermes inopiratus.

Guna gejala serangannya, berikut penjelasan ringkasnya : Adanya suatu gerekan di bagian batang dari pangkal ujung hingga ke bagian akar serta memakan akar.

Umumnya pada suatu berkebunan yang terjangkit/terserang JAP bakal disertai juga dengan serangan hama rayap, maka akan mempercepat masa layu dan matinya tanaman rayap.

Untuk penanganan ampuhnya terhadap hama rayap pada tanaman karet ini, terdapat 7 cara guna membasminya antara lain :

1. Bisa dilakukan dengan menjaga sistem sanitasi di area perkebunan karet.

2. Membersihkan beberapa tunggul-tunggul tumbuhan bekas sisa pembukaan pada lahan baru.

3. Ketika masa peremajaan tanaman karet, bagian lubang tanam haruslah diberi perlakuan khusus anti rayap dengan bahan aktif termisida cair.

4. Anda juga bisa melakukan pembasmian rayap dengan cara langsung, yang dimaksud disini ialah membongkar atau memusnahkan langsung sarang rayap yang ada.

5. Dapat pula dengan pemakaian agens hayati ataupun musuh alaminya yakni nematoda Steinernema sp. serta Heterorhabditi indica, atau jamur Beauveria. bassiana dan juga Metarrhizium spp.

6. Penyiraman teratur pada termisida di sekeliling perakaran, kurang lebih sekitar 1,5 meter dari bagian batang pohon.

Jangan Lewatkan : Paranet Harga Murah

7. Cara terakhir yaitu dengan langkah pemusnahan atapun pembasmian sarang dengan cairan khusus fumigan atau termisida cair yang bisa Anda suntikkan langsung ke pusat sarang rayap tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar