Selasa, 21 Maret 2017

Fakta Ilmiah Buah Pepino, Yang Masih Jarang Diketahui


Pepino adalah buah yang berasal dari Belanda. Mulai ditanam di Indonesia pada zaman penjajahan dulu. Buah yang termasuk terong-terongan ini bisa tumbuh subur serta berkembang biak dengan baik bila ditanam di dataran tinggi. Meskipun demikian, buah ini pun bisa tumbuh pada dataran rendah dengan perlakuan khusus.

Sejak ratusan tahun silam, buah ini sudah dibudidayakan hingga ke Kolombia. Pusat budidaya buah ini bertempat di lembah Moche, Peru. Penduduk di sana menjadikan pepino sebagai objek dalam pembuatan berbagai kerajinan tangan serta seni.
Baca Juga : Menanam Bawang Merah Organik Menggunakan Plastik Mulsa

Tampilan pepino mirip mentimun, dengan tekstur kulit seperti terung. Yang membedakannya ialah warna. Secara umum pepino memiliki warna dasar hijau dengan lekukan corak garis cokelat yang bisa berubah kekuningan jika matang atau ungu berbintik putih dengan garis tua ungu. Namun, berbeda dari mentimun atau terong, isi atau daging pepino lebih lembut serta mengandung kadar air yang tinggi. Di Indonesia, buah pepino ini memiliki beragam nama seperti buah husada dewa, melumber, melon pear, tree melon, serta mellowfruit.
Baca Juga : Cara Budidaya & Merawat Bunga Lily Serta Jenis-Jenisnya

Berikut daftar fakta ilmiah tentang buah pepino:
► Berdasarkan penelitian laboratorium uji teknologi pangan & hasil pertanian Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (2005), buah ini memiliki kandungan asam, beta karoten, vitamin C, protein serta pati yang sangat diperlukan oleh tubuh. Dari hasil penelitian ini pepino teruji rendah lemak karena 95% kandungannya ialah air. Setiap 100 g buah pepino mengandung vitamin C 25,1 mg; protein 0,6 g; beta karoten 26,6 mg; serta asam 79,3 mg.

► Pepino teruji rendah lemak karena 95% kandungannya air. Setiap 100 g mengandung protein 0,6 g serta asam 79,3 mg. Dengan kandungan semua zat tersebut, pepino dipercaya bisa meningkatkan stamina tubuh.

► Di Amerika Serikat, buah ini sudah dijadikan sebagai salah satu super fruit karena banyaknya manfaat yang dikandungnya. Pepino sendiri mengandung vitamin C dalam kadar yang cukup tinggi sehingga sangat cocok guna mengobati sariawan, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

► Di Amerika, pepino terpilih sebagai salah satu super fruit bersama buah-buahan luar biasa lainnya karena kekuatan antioksidan serta manfaatnya bagi kesehatan. Di Cina, tanaman ini beberapa kali diteliti.

Sumber : Inilah Fakta Ilmiah Buah Pepino - Pertanianku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar