Sabtu, 22 Agustus 2015

Sudah Saatnya (Semua) Petani Mulai Mengenal Teknologi Naungan Paranet

Sudah Saatnya (Semua) Petani Mulai Mengenal Teknologi Naungan Paranet (Shading net) – tentu saja ini tidak berlebihan, jika keseluruhan pertanian yang dikerjakan tidak semata berbasis pengalaman. Akan tetapi pertanian yang selalu ditopang dengan riset, kajian akademis dan ilmiah “dibalik punggung” para petani. Dengan menopang pertanian berbasis riset, maka pertanian dapat menopang peningkatan kualitas dan kuantitas mobilitas sosial.

Pada hasil riset tentang kebutuhan tanaman akan cahaya misalnya, bawah naungan pada tumbuhan selalu dibutuhkan menyesuaikan dengan kapasitas atau intensitas cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman itu sendiri.Sudah banyak sarjana pertanian yang mengetahui ini. Sudah banyak pula lembaga pembenihan pemerintah yang memberikan kegiatan pembenihan dengan memanfaatkan teknologi naungan paranet untuk mengontrol cahaya. Akan tetapi rasanya naungan paranet atau green house Indonesia ini masih sebatas dilakukan oleh lembaga riset, pemerintah dan industry besar. Rasanya hasil riset pertanian kita belum menyentuh basis utama Negara agraris ini, yakni para petani.

* Jika Anda membutuhkan paranet/shading net silahkan sms/call: 0852.3392.5564 - 0877.0282.1277. Info selengkapnya silahkan klik disini.

Hal ini sebetulnya menggugah kesadaran kita, menggugah kepekaan kita untuk memetakan lebih jauh, betulkah hasil penelitian dari berbagai kampus pertanian tersebut masih sangat elit, menjadi simbol menara gading pertanian yang sulit diterapkan di tengah-tengah masyarakat?

Para Petani Butuh Pengetahuan
Di era teknologi ini, masyarakat petani sudah harus mulai digerakkan kapasitasnya sebagai pribadi longlife education. Para petani, khususnya para petani di pedesaan, pada dasarnya adalah orang bebas yang berhak menentukan sendiri teknologi pertanian yang digunakan. Oleh karena itu mereka mempunyai kesempatan yang besar untuk menjadi pribadi yang terus belajar.

Kondisi ideal ini tentu saja jika akses dan fasilitasnya meungkinkan, didukung dengan instruktur pertanian yang terampil dan mampu mengolah sumberdaya petani. Salah satu teknologi penting pertaniaan saat ini adalah bagaimana melakukan pertanian di bawah naungan paranet. Sebuah metode bertani yang dilakukan dengan cermat mengukur kebutuhan cahaya atau energy, sesuai dengan kepasitas yang dibutuhkan oleh tanaman.

Para Petani Butuh Akses dan Fasilitas
Akses dan fasilitas adalah dua hal yang dapat memangkas segala keterbatasan para petani. Akses adalah terkait dengan kemampuan petani untuk mendapatkan berbagai kemudahan yang mendorong meningkatknya kualitas pertanian. Akses dari kebutuhan para petani saat ini adalah segala informasi terkait hasil riset pertanian yang tersosialisasikan dan “tercontohkan” dengan baik, ditunjang dengan akses marketing yang menguntungkan, dan juga akses pengetahuan lain yang mendukung peningkatan kualitas pertanian.

Para Petani Butuh Biaya dan Pembelanjaan Tepat Guna Pertanian
Selain akses, permodalan dengan proses pembayaran yang disesuaikan dengan kultur petani masih sangat dibutuhkan. Sebab akses permodalan ini masih belum menyentuh secara menyeluruh dari persoalan umum para petani. Permodalan tentu saja juga harus didukung dengan pematauan, pengawasan dan pendampingan yang baik agar pembelanjaan para petani menjadi tepat guna untuk kebutuhan produktif sesuai dengan teknologi pertanian yang dikembangkan.

Sistem Pertanian Naungan Paranet, Hasil Riset Yang Butuh Pengembangan Khusus
Salah satu teknologi tepat sasaran berbasis riset adalah bagaimana memanfaatkan paranet yang sesuai dengan melihat kebutuhan tumbuhan akan cahaya matahari. Tentu saja tumbuhan atau tanaman layaknya manusia, di mana ada ukuran kebutuhan energy harian. Paranet digunakan untuk naungan tenaman para petani. Ada banyak jenis paranet yang disesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan yang diinginkan. dengan dibuktikan berbagai hasil riset yang segnifikan pengaruhnya, maka sudah selayaknya Petani Mulai Mengenal Teknologi Naungan Paranet ini.

Paranet/shadingnet biasa digunakan untuk jaring peneduh tanaman atau green house.
Manfaat & fungsi paranet antara lain:
• Untuk melindungi tanaman dari terik panas matahari yang berlebihan
• Untuk melindungi tanaman dari terpaan hujan secara langsung
• Untuk melindungi tanaman dari tiupan angin yang dapat merusak tanaman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar